AKREDITASI PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FMIPA UNESA

AKREDITASI PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FMIPA UNESA

Dalam rangka mewujudkan standar mutu pendidikan tinggi, berbagai program studi di lingkungan FMIPA Unesa mengajukan usulan reakreditasi pada tahun 2015. Setelah melalui desk evaluation penilaian dokumen di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) yang dilanjutkan visitasi para asesor BANPT ke lokasi, FMIPA Unesa ternyata mampu 100% menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu baik dan bahkan sangat baik, karena sebagian besar program studi meraih akreditasi A.

Program Studi S-1 Pendidikan Biologi pada hari Senen 16 Maret 2015 merupakan program studi yang pertamakali mendapatkan visitasi setelah desk evaluation dari asesor BANPT, yaitu: Ibu Prof. Dr. Sri Mulyani Endang Susilowati, M.Pd. dari Unnes dan Dr. Diah Rahmawati, S.Si., M.Si. dari UGM. Berdasarkan gabungan nilai visitasi dan dokumentasi, ternyata Program Studi S-1 Pendidikan Biologi tetap mempertahankan nilai akreditasi A, akreditasi sangat baik.

Sepuluh hari kemudian Program Studi S-1 Pendidikan Kimia divisitasi asesor BANPT Ibu Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si dari UPI dan Bapak Dr. Ir. Prastawa Budi dari UNHAS. Visitasi dilakukan selama 2 (dua) hari kerja pada tanggal 24 dan 25 Maret 2015. Total nilai dari visitasi dan dokumen menunjukkan bahwa Program Studi S-1 Pendidikan Kimia dapat mempertahankan nilai akreditasi A, sangat baik.

Program Studi S-1 Fisika karena penilaian borang akreditasi tidak jauh beda dari nilai borang akreditasi sebelumnya, maka tidak divisitasi. Dengan demikian Program studi ini tetap mempertahankan nilai akreditasi seperti sebelumnya, yaitu: B, akreditasi baik. Adapun Program Studi S-1 Pendidikan Fisika divisitasi pada tanggal 8-10 April 2015 oleh Bapak Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed. dan Dr. Ing. Cuk Imawan. Dengan perjuangan yang ketat, Program Studi S-1 Pendidikan Fisika berhasil memperoleh nilai akreditasi A, sangat baik.

Hampir pada saat bersamaan dengan Fisika, Program Studi S-1 Biologi divisitasi oleh Ibu Prof. Dr. Dra. Okid Parama Astirin, M.S. dari UNS dan Ibu Dr. Nisyawati dari UI. Visitasi dilakukan dalam 2 (dua) hari kerja yaitu pada tanggal 10-11 April 2015. Dari hasil visitasi dan hasil penilaian dokumen, Program Studi S-1 Biologi berhasil meraih nilai akreditasi A, sangat baik.

Program Studi S-1 Pendidikan Matematika dan Program Studi S-1 Matematika divisitasi pada waktu bersamaan, yaitu pada tanggal 10-12 April 2015. Asesor yang memvisitasi Program Studi S-1 Pendidikan Matematika adalah Bapak Prof. Dr. Janson Naiborhu dari ITB dan Ibu Dr. Dra. Scolastika Mariani, M.S. dari UNNES. Dari penilain tersebut dan penilaian dokumen, Program S-1 Pendidikan Matematika memperoleh nilai akreditasi A, sangat baik.

Adapun Program Studi S-1 Matematika divisitasi oleh Ibu Prof. Dr. Sri Wahyuni dan Bapak Gatot F. Hartono, M.Sc., Ph.D. Hasilnya, Program Studi S-1 Matematika mendapatkan akreditasi B, baik.

Program Studi S-1 Pendidikan IPA mendapat kunjungan asesor Bapak Prof. Dr. Achmad Munandar, M.Pd. dari UPI dan Bapak Dr. Hari Sutrisno, M.Si. dari UNY. Namun hasil akreditasi program studi ini sampai sekarang belum diketahui. Perkiraan hasilnya sama dengan akreditasi sebelumnya, yaitu: B, baik.

Program Studi S-1 Kimia merupakan program studi di lingkungan FMIPA yang divisitasi paling akhir, yaitu pada tanggal 14 April 2015. Visitasi dilakukan oleh Ibu Prof. Dr. Dyah Iswantini Pradono, M.Sc.Agr. dari IPB dan Ibu Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si dari UNJ. Hasil penilaian total menunjukkan Program Studi S-1 Kimia berhasil menaikkan perolehan akreditasi menjadi A, sangat baik.

Sampai saat ini FMIPA Unesa telah menyelenggarakan 6 (enam) program studi dengan akreditasi A atau akreditasi sangat baik dan 3 (tiga) program studi dengan akreditasi B atau akreditasi baik. Dimasa mendatang dalam pemenuhan standar mutu prima di lingkungan FMIPA Unesa, segenap civitas bertekad dapat menyelenggarakan semua program studi dengan akreditasi A atau akreditasi sangat baik.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »