Program Internship 2015 di Singapore International School Jakarta

Program Internship 2015 di Singapore International School Jakarta

Sepuluh mahasiswa UNESA terpilih berkesempatan untuk mengikuti program magang atau internship di Singapore School Jakarta. Dari kesepuluh mahasiswa tersebut enam diantaranya adalah mahasiswa FMIPA. Kegiatan ini juga untuk memenuhi kewajiban praktik mengajar yang merupakan bagin dari mata kuliah yang harus diampu mahasiswa. Program internship dilaksanakan selama kurang dari satu bulan, yaitu mulai tanggal 3 Agustus 2015 hingga 28 Agustus 2015.

sisj2

Program internship ini memberikan kesempatan yang langka bagi mahasiswa calon guru utuk mengajar di sekolah bertaraf internasional. Selama satu bulan, setiap mahasiswa atau sering disebut intern didampingi oleh guru pamong atau partner teacher yang berkompeten di bidangnya. Guru pamong dengan sangat ramah membimbing dan membagi ilmu untuk diterapkan dalam mengelola kelas.

Semua kegiatan mulai dari akademik dan non akademik dapat diikuti oleh intern. Mulai dari persiapan mengajar, menyusun perangkat pembelajaran, membuat media, hingga mengevaluasi belajar. Dalam hal non akademik, intern dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler hingga eventevent sekolah, seperti Independence Day Celebration, Family Day, Language Day, dan acara-acara lainnya.

Mahasiswa FMIPA yang berkesempatan mengikuti program internship berasal dari dua mahasiswa Kimia, dua mahasiswa Fisika, dan dua mahasiswa Fisika. Setiap mahasiswa dari satu jurusan akan ditempatkan di dua sekolah grup SIS yang berbeda, yaitu SIS Bona Vista dan SIS Pantai Indah Kapuk.

 

“Semua intern sangat antusias dan cepat belajar. Mereka menunjukkan bahwa Indonesia mampu mencetak guru yang handal dan berwawasan. Selama mereka berkegiatan meninggalkan kesan yang bagus,” tutur salah satu guru pamong.

sisj3

Di sekolah internasional yang multikultural, banyak hal yang dapat diambil manfaatnya. Seperti kebiasaan untuk bertoleransi, openminded, berpikir kritis, membiasakan untuk bergaul dengan iklim global, selalu aktif dalam menimba ilmu pengetahuan dari sumber manapun, serta belajar melihat sesuatu dengan perspektif yang lebih luas.

Miss, kenapa hanya satu bulan. Miss, mengajarnya asyik dan mudah dipahami,” komentar salah satu isswa saat para intern berpamitan pulang.

Program internship ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa calon guru untuk mencicipi iklim pembelajaran di taraf internasional. Selain memberi ilmu juga memberikan pengalaman berharga bagi mereka nantinya sebagai bekal mereka saat mengajar.

 

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *