MATRIKA PEDULI 2016

“Dharma Bakti Matrika untuk Negri Melalui Peningkatan Sadar Edukasi”

matdul-1

 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Sehingga, setiap orang berhak untuk menempuh pendidikan secara formal maupun nonformal. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang mendapatkan haknya tersebut, salah satunya anak-anak pada Dusun Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Menyadari hal tersebumatdul-2t, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika mewujudkan rasa kepedulian kami dengan melakukan kegiatan Matrika Peduli dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan tema “Dharma Bakti Matrika untuk Negri Melalui Peningkatan Sadar Edukasi”. Kegiatan Matrika Peduli 2016 dilaksanakan di Dusun Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan dengan sasaran utama yaitu anak-anak usia sekolah untuk meningkatkan minat belajar mereka. Kegiatan Matrika Peduli 2016 telah dilaksanakan pada tanggal 20 – 24 Juni 2016.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan bentuk Bina Desa diisi dengan kegiatan bimbingan belajar akademik bagi anak-anak usia sekolah di Dusun Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan dengan tentor yaitu mahasiswa jurusan matematika Universitas Negeri Surabaya. Selain bimbingan belajar akademik, juga dilaksanakan sosialisasi-sosialisasi mengenai pentingnya sebuah pendidikan bagi setiap orang, pelatihan ketrampilan, pengenalan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan, dan menunjukkan beberapa media pembelajaran untuk menarik minat siswa terhadap matematika.

Kegiatan pengenalan media pembelajaran dilakukan dengan mengenalkan Rumah Perkalian dan Rumah Penjumlahan oleh panitia kepada anak-anak Dusun Sempu. Sedangkan pelatihan ketrampilan dilaksanakan oleh panitia bersama dengan ibu-ibu Dusun Sempu dengan membuat beberapa ketrampilan seperti pin dari kain perca dan kain flannel, asbak dari stik ice cream, menghias toples-toples tak terpakai menjadi terlihat lebih indah. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak usia sekolah yang slaah satunya adalah lomba rumah perkalian.

matdul-3Selain mengadakan kegiatan-kegiatan bersama warga dusun, panitia juga melakukan kegiatan bersih desa yang dilaksanakan pada hari terakhir kegiatan Matrika Peduli yaitu, Kamis pagi. Kamis siang setelah bersih desa selesai, panitia mengajak anak-anak Dusun Sempu untuk mengunjungi perpustakaan SDN Cowek II yang telah dirombak dan ditambahkan koleksi buku. Dan pada malam hari, diadakan pentas seni dan pemberian kenang-kenangan kepada pihak desa.

Kegiatan Matrika Peduli yang telah terlaksana selama 4 hari dirasa tidak akan cukup membuat tujuan-tujuan yang dibuat dapat terpenuhi. Oleh karena itu, kami berencana untuk melakukan pemantauan rutin yang akan dilaksanakan sekali setiap bulannya.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »