Kunjungan ke Singapura dan Malaysia 2017

Kunjungan Dr. Abadi dan Rusly Hidayah, M.Pd selaku pengelola kelas unggulan FMIPA Unesa ke Singapura dan Malaysia pada 6 – 10 April 2017 dalam rangka merintis kerjasama dengan sekolah dan universitas yang ada di Singapura dan Malaysia sebagai tempat untuk melaksanakan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP).

Pada hari Kamis, tanggal 6 April 2017, dimulai dengan mengantarkan 3 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang melaksanakan program pengelolaan pembelajaran di Sekolah Indonesia Singapura dimana program ini sudah berlangsung mulai tahun kemarin bekerjasama dengan Atase Pendidikan KBRI Singapura, Dr. Aisyah Endah Palupi, dimana terdapat 1 mahasiswa dari jurusan Biologi Kelas Unggulan 2013, Manzil Wahyu Khoironi untuk tahun 2016 dan 1 mahasiswa dari jurusan Kimia Kelas Unggulan 2014, Ajeng Hayuningtyas Permatasari untuk tahun 2017

Gambar 1. Dr. Abadi dan Dr. Aisyah Endah Palupi di depan KBRI pada kegiatan PPP di tahun 2016

Kunjungan pada hari kedua, Jum`at 7 April 2017 dilaksanakan di Touchstone International Institute Singapura bertemu dengan kepala sekolah, Gan Chin Huat, M.Ed, untuk menjajaki kemungkinan mahasiswa untuk melakukan PPP di sekolah tersebut dan mendapatkan kesempatan untuk pelatihan sebagai guru pada program internasional dengan menggunakan kurikulum yang digunakan di Singapura.

  Gambar 2. Dr. Abadi dan Gan Chin Huat, M.Ed

Pada hari Minggu, 9 April 2017, kunjungan dilanjutkan ke Johor Baru Malaysia menuju ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang memiliki Fakulti Ilmu Pendidikan dan sekolah mitra dari jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas. Kunjungan ke UTM langsung dilaksanakan dengan mengunjungi Sekolah Kebangsaan Sri Pulai Perdana yang merupakan sekolah negeri yang telah melaksanakan pembelajaran abad 21 seperti pembelajaran sepanjang hayat, penyelesaian masalah yang kolaboratif dan pemikir yang kreatif. Kunjungan diakhiri dengan menemui Dekan FIP UTM, Prof. Dr. Baharuddin bin Aris untuk mendiskusikan berbagai kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan FMIPA Unesa pada khususnya dan Unesa pada umumnya, seperti PPP, credit transfer untuk mahasiswa dan Visiting Profesor, Research Collaboration untuk dosen.

Gambar 3. Dr. Abadi dan Prof. Dr. Baharuddin bin Aris

Pada hari terakhir, Senin 10 April 2017 kunjungan dilanjutkan ke Kelantan menuju ke Wadi Sofia International College untuk menemui Datuk Hassan Harun dan diakhiri di Universiti Malaysia Kelantan (UMK) bertemu dengan Wakil Rektor Prof. Dato’ Abdul Aziz Bin Ab Latif.

Gambar 4. Dr. Abadi dan Rusly Hidayah, M.Pd bersama dengan pimpinan UMK

Semoga menjadi awal yang baik dan dapat terjalin kerjasama antara FMIPA Unesa dengan berbagai institusi di Malaysia dan Singapura yang telah dikunjungi.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *