Kunjungan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa ke Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa

Kunjungan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa ke Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa

   Setelah Tim Kelas Unggulan berkunjung ke beberapa institusi untuk merintis kerjasama, pada hari Jumat (21/04), Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa menerima kunjungan dari Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unesa. Berbeda tujuan dengan kegiatan kunjungan yang sebelumnya, Tim PKO FIK Unesa yang dipimpin oleh Drs. Imam Marsudi, M.Si. berkunjung ke Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa untuk “nyantrek”. Kegiatan kunjungan diawali dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. dilanjutkan dengan paparan history perkembangan Kelas Unggulan FMIPA Unesa oleh Dr. Abadi, M.Sc. selaku Ketua Tim Pengelola Kelas Unggulan FMIPA Unesa.

Dr. Abadi, M.Sc. juga menyampaikan program-program Kelas Unggulan yang berjalan di FMIPA Unesa, diantaranya adalah program English Course, guest lecturer, english debate, dan program-program yang akan direncanakan untuk pengembangan Kelas Unggulan. Harapannya, melalui perkuliahan dan program yang diadakan Kelas Unggulan, dihasilkan lulusan yang unggul dalam kependidikan, kukuh dalam keilmuan, dan berdaya saing global. Selain itu, mahasiswa Kelas Unggulan FMIPA Unesa juga akan memperoleh sertifikat kelas unggulan, sertifikat mengajar bagi mahasiswa yang praktek mengajar di sekolah internasional, serta sertifikat kursus Bahasa Inggris.

Gambar 1. Dr. Abadi memberikan penjelasan tentang kelas unggulan FMIPA Unesa

Lebih lanjut, Ketua Tim Pengelola Kelas Unggulan menjelaskan proses rekrutmen yang mendasarkan pada nilai tes tulis, IPK semester 1, dan nilai tes wawancara yang dilaksanakan di akhir semester 1. Pada semester 7, mahasiswa Pendidikan memiliki kewajiban praktek mengajar di sekolah. Beberapa mahasiswa Kelas Unggulan FMIPA Unesa telah melaksanakan praktek mengajar di beberapa sekolah internasional sejak tahun 2011. Adapun institusi yang telah memiliki kerjasama dalam program praktek mengajar mahasiswa adalah Wadi Sofia College (Kelantan, Malaysia), Singapore International School (Jakarta), Sekolah Indonesia Luar Negeri di Singapura, dan SMA TRENSAINS Tebuireng Jombang. Kerjasama dengan institusi lain sedang dalam proses rintisan untuk menambah lokasi teaching practice bagi mahasiswa Kelas Unggulan FMIPA Unesa. Prestasi mahasiswa Kelas Unggulan FMIPA pun sudah mencapai tingkat global, diantaranya memperoleh Gold Medal dalam International Youth Investors Awards Tahun 2015, mengikuti Asean Youth Conference 2015 di Bangkok, Presentasi dalam PIMNAS Tahun 2016, Prestasi dalam Pilmapres tingkat Unesa Tahun 2017, memperoleh beasiswa dalam negeri maupun luar negeri untuk studi S2, dan lain sebagainya. Harapan selanjutnya, Kelas Unggulan FMIPA Unesa bisa menjadi lebih baik di tingkat global.

Rombongan PKO menindaklanjuti berbagai informasi dari Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa dengan berbagai pertanyaan terkait pembentukan Kelas Unggulan, legalitas Kelas Unggulan, kerjasama yang memungkinkan untuk bidang PKO, sampai dengan pengembangan Kelas Unggulan di Jurusan PKO. Dr. Abadi, M.Sc. pun memberikan saran dan memotivasi tim PKO untuk mengembangkan Kelas Unggulan sesuai dengan karakteristik jurusannya. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara tim PKO FIK Unesa dengan Tim Kelas Unggulan FMIPA Unesa ini adalah akan segera dirumuskan konsep Kelas Unggulan untuk Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *