AnimalPedia, Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran Materi Animalia Biologi Kelas X

Kingdom Animalia merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Biologi Kelas X SMA. Materi ini membahas tentang prinsip klasifikasi dan keanekaragaman Kingdom Animalia. Mengingat Kingdom Animalia terdiri atas banyak filum dan desain tubuhnya sangat beragam, biasanya siswa kesulitan dalam mempelajari. Di samping itu, beberapa anggota Animalia tidak dapat dijumpai di sekitar sekolah. Oleh karena itu, diperlukan media alternatif yang dapat menjadi sumber belajar. Salah satu alternatifnya adalah dengan media berbasis android sehingga dapat mudah diakses siswa.

Berdasarkan latar belakang tersebut, lima orang mahasiswa biologi yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta, yaitu Intan Delia Tivania Putri (Pendidikan Biologi 2015), Sonia Dianita Savitri (Pendidikan Biologi 2015), Intan Dwi Puspitasari (Pendidikan Biologi 2015), Ramadhani Nur Aisyah (Pendidikan Biologi 2015), Fajar Eric Firmansyah (Pendidikan Biologi 2015) mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang memuat informasi tentang Kingdom Animalia. Aplikasi tersebut diberi nama AnimalPedia

AnimalPedia dikembangkan dengan basis android. Aplikasi ini berisi penjabaran klasifikasi dan keanekaragaman Kingdom Animalia, yang juga dilengkapi dengan foto-foto hewan. “Saat ini hampir semua siswa sudah memiliki dan menggunakan smartphone, jadi mereka dapat menggunakan aplikasi ini secara mudah”, papar Intan Delia ketua Tim. Intan juga berharap keberadaan aplikasi ini dapat memotivasi siswa agar lebih tertarik mempelajari beragam hewan. Kini aplikasi yang dikembangkan Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta dengan dosen pendamping Reni Ambarwati, S.Si., M.Sc., ini dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *