Tim PKM FMIPA Berlaga di PIMNAS 30 Makassar 2017

Tim PKM FMIPA Berlaga di PIMNAS 30 Makassar 2017

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 30 diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia, Makassar pada 23-28 Agustus 2017. Pada ajang bergengsi ini, hadir 420 Tim PKM yang terdiri atas 20 PKM-GT, 120 PKM-PE, 40 PKM-PSH, 60 PKM-M, 20 PKM-T, 60 PKM-K, dan 100 PKM-KC. Semua tim akan mengikuti kompetisi poster dan juga presentasi terkait dengan judul PKM masing-masing.

Tahun ini, dari 51 judul PKM terdanai dari Universitas Negeri Surabaya, enam tim PKM lolos menuju PIMNAS 30. Tiga di antara enam tim PKM tersebut berasal dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya dengan skim PKM Penelitian Eksakta.

Tim Pertama meneliti tentang potensi tumbuhan buta-buta sebagai biopestisida. Tim PKM-PE ini diketuai Rahmawati (Pendidikan Biologi 2014), serta beranggotakan Fajar Septyana (Pendidikan Biologi 2014), Mahesa Ahmad (Pendidikan Biologi 2014), dan Lilis Suryandari (Biologi, 2015). Penelitian mahasiswa yang dibimbing oleh Reni Ambarwati, S.Si, M.Sc. ini menemukan bahwa filtrat daun tumbuhan buta-buta mengandung beberapa metabolit sekunder yang dapat menyebabkan mortalitas ulat grayak sehingga berpotensi sebagai biopestisida.

 

Tim Kedua, mencoba memanfaatkan limbah cangkang kerang. Judul PKM tim ini adalah Pembuatan antibakterial dari limbah cangkang kerang (CaCO3) dengan magnesium oksida untuk menghilangkan bakteri pada rongga mulut. Tim ini diketuai oleh Zahrotul Jannah (Fisika 2014), beranggotakan Husni Mubarok (Pendidikan Fisika 2014), Fitri Syamsiyah (Biologi 2014), Ami Al Hikmah Putri (Pendidikan Kimia 2015), dan Dyah Putri Otaviandany (Pendidikan Fisika 2016), di bawah bimbingan Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si.

Tim Ketiga, di bawah bimbingan Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Sc. membuat low-fat yogurt untuk penderita diabetes mellitus. Tim ini beranggotakan Shantie Pramitha (Pendidikan Sains 2013), Dwi Rahmawaty (Pendidikan Sains 2013), Silvi Zuli Astutik (Pendidikan Sains 2014), dan Alief Noer Ubay (Pendidikan Sains 2014), serta diketuai oleh Amanah Puspaningtyas (Pendidikan Sains 2014). Judul PKM yang mereka kerjakan adalah Pengaruh pemberian Low-Fat Yoghurt ekstrak juwet terhadap gambaran Histopatologi pankreas mencit penderita Diabetes Mellitus.

Penelitian ketiga tim PKM Fakultas MIPA ini menghasilkan luaran berupa publikasi ilmiah dan telah mendaftarkan paten berdasarkan hasil temuan masing-masing. Semoga sukses dan menginspirasi mahasiswa FMIPA lainnya.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *