UNESA-Singapore International School Kelapa Gading Internship Program

Sebanyak  4 mahasiswa UNESA terpilih untuk mengikuti Internship Program atau PPL di Singapore School Kelapa Gading (SIS-KG) Jakarta.  3 dari 4 mahasiswa tersebut berasal dari  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yaitu Augita Silvania dari Jurusan Matematika, Fransciska Somi Goran dari Jurusan Kimia, dan Bagus Dwi Prasetyo dari Jurusan Fisika. Sedangkan 1 mahasiswa lainnya berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yaitu Ismi Khumairo dari jurusan PGSD. Kedatangan 4 mahasiswa UNESA ini disambut baik oleh Head Teacher atau Kepala Sekolah SIS-KG, Mr. Andrew Paterson.

Tidak hanya Kepala Sekolah, namun tenaga pengajar beserta staf pun menyambut dengan ramah. Internship program ini dilaksanakan selama 7 minggu, mulai tanggal 31 Juli sampai dengan 15 September 2017.

Internship program ini merupakan program praktik mengajar yang dilaksanakan oleh FMIPA khusunya bagi mahasiswa kelas unggulan sebagai wadah untuk mempersiapkan mahasiswa mengajar di sekolah Internasional. Kurikulum utama yang digunakan di SIS-KG adalah kurikulum Cambridge dan IB.

Namun, pada tingkatan kelas tertentu juga menggunakan kurikulum dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kurikulum Singapura. Singapore School Kelapa Gading (SIS-KG) mempunyai beberapa jenjang/ tingkatan pendidikan, yakni Pre School, Primary, Secondary, dan Junior College. Pada program ini, mahasiswa FMIPA diberi kesempatan untuk mengajar pada tingkatan Secondary atau setara dengan SMP-SMA dibantu dengan partner teacher atau guru pamong sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diampuh oleh guru pamong tersebut.

 

Tenaga pengajar di SIS-KG berasal dari berbagai macam negara. Mayoritas pengajar berasal dari Asia dan Amerika. Meskipun demikian, juga terdapat beberapa pengajar yang berasal dari Indonesia. SIS-KG juga memiliki berbagai macam Co-Curricular Activity (CCA) yang sangat membantu siswa untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Beberapa di antaranya adalah Bola Basket, Tenis Meja, Bola Volly, Mathlete, dll. Mahasiswa intern dari UNESA diberikan kesempatan untuk ikut memandu kegiatan CCA yang ada bersama dengan tenaga pengajar yang sudah diberikan tanggung jawab untuk memandu kegiatan CCA tersebut.

Setiap tahunnya SIS-KG selalu mengadakan acara New Teachers Trip yang bertujuan untuk memperkenalkan Jakarta kepada tenaga-tenaga pengajar yang baru bergabung

dengan SIS-KG. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk lebih mengakrabkan para tenaga pengajar sehingga diharapkan dapat membentuk suasana kerja yang baik. Mahasiswa intern dari UNESA turut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan New Teachers Trip kali ini mengunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta di antaranya Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Museum Fatahillah, dan Monumen Nasional. Kegiatan New Teachers Trip diakhiri dengan makan siang bersama di salah satu restoran di Jakarta Pusat.

Pada tanggal 16 Agustus 2017, SIS-KG merayakan Indonesia Independence day atau Hari Kemerdekaan Indonesia. dalam acara tersebut, seluruh guru Indonesia dan Mahasiswa PPL terlibat ambil bagian dalam kepanitian acara tersebut. Acara tersebut dimulai dengan upacara pengibaran sang merah putih dan dilanjutkan dengan games lainnya yang sangat identic dengan perayaan kemeredekaan Indonesia.

 

Dengan adanya internship program ini diharapkan mampu untuk mempersiapkan mahasiswa FMIPA khususnya yang berasal dari kelas unggulan agar siap untuk bersaing di dunia kerja utamanya di sekolah-sekolah nasional plus yang tersebar di seluruh Indonesia melalui pengalaman dan hasil bimbingan yang diperoleh selama mengikuti internship program di Singapore School Kelapa Gading, Jakarta ini.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *