PENDAMPINGAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT SMP DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN TAHUN 2018

PENDAMPINGAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN)  TINGKAT SMP DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN TAHUN 2018

Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang bergengsi bagi siswa sekolah untuk menunjukkan prestasinya. Dalam upaya mempersiapkan siswa untuk menghadapi olimpiade sains nasional (OSN) perlu adanya program yang dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa. Siswa yang disiapkan oleh sekolah perlu mendapatkan bimbingan materi OSN agar terbiasa dalam menghadapi soal-soal OSN. Kegiatan pendampingan OSN merupakan program Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban untuk menyiapkan siswanya dalam ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi oleh karenanya dilakukan kerjasama antara Fakultas MIPA Unesa dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Fakultas MIPA memberikan bantuan dalam hal menyiapkan narasumber untuk pelaksanaan program pendampingan. Bidang yang dilakukan pembinaan adalah bidang Matematika, IPA, dan IPS. Sebagai nara sumber adalah dosen-dosen dari Unesa.

Kegiatan pendampingan OSN dilakukan untuk siswa-siswa di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilakukan pada bulan April 2018 dengan jumlah pertemuan sebanyak 4 kali pertemuan pada tanggal 6 sampai 9 April 2018. Tempat kegiatan pendampingan OSN adalah di SMPN 1 Tuban (Bidang Matematika) dan SMP Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban (Bidang IPA dan IPS). Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan latihan soal-soal OSN tingkat provinsi dan memberikan materi penunjang yang disesuaikan dengan silabus OSN tahun 2018. Narasumber memberikan soal-soal latihan dan membahas soal tersebut untuk menyiapkan siswa agar mudah memahami soal-soal OSN dan cara mengerjakannya. Selain itu, juga disediakan modul pendampingan olimpiade sehingga bisa digunakan kembalai secara mandiri oleh siswa.

Bidang OSN yang dibimbing adalah bidang Matematika, IPA, dan IPS. Fasilitas terkait pelaksanaan pendampingan OSN berupa ruang, LCD proyektor, dan lain-lain, disediakan dan disiapkan oleh pihak sekolah. Secara umum kegiatan pendampingan OSN yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban berjalan dengan baik dan lancar. Narasumber yang mengisi kegiatan juga memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Adapun dosen sebagai narasumber yang mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut:

IPA MATEMATIKA IPS
Dr. Yuliani, M.Si. Dwi Nur Yunianti, S.Si., M.Si. Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.
Dra. Isnawati, M.Pd. Shofan Fiangga, S.Pd., M.Si. Dhiah Fitrayati, S.Pd., M.E.
Setyo Atmoko, M.Pd. Budi Priyo Prawoto, S.Pd., M.Si. Ali Imron, S,Sos., M.A.
Drs. Supardiyono, M.Pd. M. Jakfar, M.Si. Dr. Agus Supriyono

 

Dosen-dosen yang mengikuti kegiatan sebagai narasumber telah menjalankan tugasnya dengan baik. Narasumber juga menyiapkan materi yang akan diberikan saat pelaksanaan pendampingan OSN. Sekolah juga merespon dengan baik kegiatan yang telah dilakukan.

Semoga kegiatan ini bisa berlanjut di tahun depan dan siswa yang dibina bisa meraih prestasi sampai level nasional maupun internasional.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »