Kunjungan Mahasiswa dari Universitas Khon Kaen, Thailand

FMIPA Unesa memiliki peran penting dalam mencetak pendidik yang berkualitas adalah dengan mengikuti tuntutan global demi menyiapkan calon guru yang siap menjawab tantangan global. Salah satu cara tersebut adalah dengan menyediakan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk menambah wawasannya dengan bertukar informasi dan budaya dengan mahasiswa dari universitas lain di luar negeri. Salah satu diantaranya dengan program student exchange antara Universitas Negeri Surabaya dengan Universitas Khon Kaen.

Bulan April lalu, Jurusan Matematika dan Jurusan IPA mendapat kesempatan sebagai tuan rumah program student exchange tersebut. Sebanyak dua puluh mahasiswa dari Universitas Khon Kaen datang dan duduk bersama di kelas untuk mempelajari materi di kelas Matematika.

Sebagian mahasiswa dari Universitas Khon Kaen juga terlibat dalam kegiatan praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Jurusan IPA. Praktikum yang dilaksanakan adalah praktikum pada Mata Kuliah Elektronika. Mahasiswa dengan dua kultur yang berbeda tersebut berdiskusi bersama untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan selama kegiatan praktikum. Seluruh mahasiswa tampak antusias sehingga kelas menjadi lebih hidup. Dosen-dosen dan Koas Mata Kuliah pun turut membimbing mahasiswa dalam kelas tersebut.

Salah satu mahasiswa dari Universitas Khon Kaen mengatakan bahwa dia menyukai iklim pembelajaran saat praktikum tersebut. Dia mendapatkan kesempatan untuk bertukar ilmu pengetahuan seputar praktikum yang dilakukan.

Di saat yang sama, mahasiswa lainnya dari Universitas Khon Kaen mengikuti perkuliahan anatomi dan fisiologi tumbuhan. Saat itu, mereka sedang mendiskusikan materi hormon yang diangkat dari artikel-artikel ilmiah yang diberikan oleh Dosen Pengampu. Mahasiwa merasa antusias dengan pembelajaran tersebut karena membuat mahasiswa aktif berdiskusi dan mendorong mahasiswa untuk berpikir lebih kreatif dan lebih jauh tentang permasalahan seputar hormon.

Walaupun kegiatan ini hanya dilakukan satu hari, namun kegiatan ini telah memberikan manfaat bagi mahasiswa dari kedua universitas. Mahasiswa berharap mereka dapat bertemu lain waktu di kesempatan student exchange  yang lain.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »