UNESA – Singapore Indonesian School Palembang (SIS Palembang) Internship Program 2018

UNESA – Singapore Indonesian School Palembang (SIS Palembang) Internship Program 2018

            UNESA telah berkolaborasi dengan beberapa sekolah nasional dan internasional di Indonesia. Salah satu sekolah internasional yang bekerja sama dengan UNESA adalah SIS Group of School. SIS adalah sebuah lembaga yang menawarkan pendidikan bertaraf internasional bagi siswa lokal maupun asing. SIS Group of Schools berlokasi di banyak tempat di Indonesia; Medan, Palembang, Jakarta, Cilegon, dan Semarang. SIS Jakarta juga dibagi di tiga tempat yaitu Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dan Bona Vista.

            SIS Palembang juga merupakan salah satu anggota dari SIS Group of School. SIS Palembang berdiri sejak 2002 dan berlokasi di Jalan Letda Abdul Rozak 199, Duku Ilir Timur III, Palembang, Sumatera Selatan. SIS Palembang menawarkan banyak jenjang pendidikan seperti nursery (PAUD), kindergarden (TK), primary (SD), and secondary (SMP). Sebenarnya SIS Group of School menawarkan pendidikan jenjang Junior College namun SIS Palembang belum sampai jenjang tersebut karena masih terbilang baru dan siswa angkatan pertama dari SIS Palembang masih mencapai secondary 3. SIS Palembang dikelola oleh Ms. Bibie Nariswari, S.S., M.Pd sebagai kepala sekolah dan Sutrisno, S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

            Setiap hari SIS Palembang mempunyai kegiatan rutin yang dilakukan pada waktu pagi. Seluruh siswa wajib mengikuti kegiatan rutin ini sebelum melakukan proses belajar mengajar. Kegiatan yang dilakukan ini, setiap hari mempunyai tema yang berbeda. Kegiatan-kegiatan itu antara lain upaca bendara dan pengetahuan umum pada hari Senin, pengetahuan umum pada hari Selasa, olahraga pada hari Rabu, membaca buku pada hari kamis, dan presentasi kelas pada hari Jumat.

            SIS Palembang menyediakan semua keperluan siswa, sarana dan prasarana, guna menunjang kegiatan pembelajaran seperti MPR, MPH, Perpustakaan, Ruang Musik, Ruang Seni. SIS Palembang juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperbesar dan meningkatkan keahlian siswa dalam berbagai bidang. SIS Palembang mempunyai kegiatan ekstra kulikuler seperti Reading Club, Math Club, Robotic, Comic Rider, Karate, English Club, Traditional Dance, Science Club, dan Literature Circle. Setiap siswa wajib mengikuti salah satu kegiatan tersebut dan dapat lebih dari itu di setiap semesternya. Aktivitas-aktivitas ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi siswa dan ketertarikan siswa dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan ekstra kulikuler ini dikelola oleh beberapa guru SIS Palembang yang berkompeten dalam bidang itu dan juga beberapa para ahli dari luar sekolah. Tidak hanya permasalahan bidang akademik maupun non akademik, SIS Palembang juga tetap mempertahankan kelas agama yang dapat membimbing siswa dalam iman mereka.

            Internship Program 2018 dimulai sejak tanggal 1 Agustus sampai dengan 15 September, UNESA telah memilih Nila Rosita Dewi sebagai mahasiswa perwakilan dari jurusan Matematika dan Siska Vernanda sebagai perwakilan dari jurusan IPA. Sebagai interns, Nila dan Siska diberikan tanggung jawab untuk mengajar di jenjang SMP khususnya SMP 1 dan 2 (Secondary 1 dan 2). Kadang-kadang, interns juga membantu dalam pergantian kelas apabila terdapat guru yang tidak masuk. Sebelum praktik mengajar di SIS Palembang dilakukan, interns diberikan kesempatan untuk melakukan kelas observasi selama satu minggu.

            Setelah dilakukan observasi kelas, interns melakukan praktik mengajar di Secondary 1 dan Secondary 2 yang mempunyai 6 periods (35 menit untuk 1 period) untuk mata pelajaran IPA dan 8 periods untuk mata pelajaran Matematika setiap minggunya. Selama praktik mengajar interns juga melakukan kegiatan seperti praktikum di laboratorium, mengerjakan soal-soal latihan, dan ulangan harian. Banyak dari siswa yang tertarik dengan pembelajaran di laboratorium. Tidak hanya mata pelajaran IPA, siswa juga tertarik dengan pembelajaran matematikan dalam bermacam-macam metode seperti permainan matematika yang dirancang oleh interns sendiri. Selama praktik mengajar, interns juga didampingi oleh guru pamong, Mr. Toni untuk mata pelajaran IPA dan Ms. Okta untuk mata pelajaran Matematika. Mereka membantu interns untuk beradaptasi dengan budaya mengajar di SIS Palembang, peraturan dan pengaturan selama praktik mengajar.

            Selama Internship Program 2018 di SIS Palembang ini, telah diselenggarakan dua acara yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk para siswa. Banyak kompetisi yang dilakukan pada dua acara tersebut yang menghidupkan suasana kemeriahan. Interns bergabung dan membantu pada dua acara tersebut. Acara hari kemerdekaan dilakukan pada tanggal 16 Agustus, dimulai dengan pengibaran benderan merah putih dan dilanjutkan dengan permainan dan makan bersama. Interns berkontribusi dalam menyiapkan beberapa pemainan, Siska membantu dalam memipin salah satu kelompok dan Nila membantu untuk menjaga pos permainan, Missing Lyrics. Sedangkan untuk acara Pelatihan Dasar Kepemimpinan Nila dan Siska membantu untuk mempersiapkan ruangan, menata barang-barang, makanan siswa serta acara barbeque.

            Setelah Internship Program ini berakhir, Nila dan Siska mendapatkan banyak sekali pengalaman dan berharap ini bukanlah akhir dari kerjasama antara UNESA dan SIS Group of School. Bahkan UNESA bisa memperlebar jangkauan kerjasama dengan sekolah-sekolah internasional lainnya.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »