PELATIHAN EMPLOYMENT SOFT SKILL KELAS UNGGULAN OLEH EQWIPHUBS

PELATIHAN EMPLOYMENT SOFT SKILL KELAS UNGGULAN OLEH EQWIPHUBS

Pada hari Rabu, 9 Januari 2019 mahasiswa/i kelas unggulan menerima pelatihan soft skill dari Eqwiphubs di D1 FMIPA UNESA bersama dengan keempat jurusan lainnya. Acara dimulai pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pada acara pelatihan ini terdapat 3 sesi materi pelatihan soft skill. Sesi pertama diisi yang oleh Pak Ali Akbar dengan materi yang membahas tentang bagaimana mencari pekerjaan dan cara mempromosikan diri, dimulai pada pukul 08.00 – 10.30 WIB. Sebelum sesi pertama dimulai, Bapak Ali selaku pembicara pada sesi ini  meminta seluruh mahasiswa untuk membentuk formasi tempat duduk menjadi bentuk lingkaran.

Hal ini bertujuan agar semua berfokus pada pembicara dan materi yang disampaikan dapat diserap dengan  baik. Pada sesi pertama ini kami diajarkan bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan baik, trik dan tips menghadapi ujian wawancara saat melamar pekerjaan. Selain itu, kami juga sharing dengan teman-teman yang pernah melamar pekerjaan bagaimana mereka mengetahui adanya lowongan pekerjaan dan proses ketika melamar pekerjaan. Kemudian pada sesi kedua dimulai pada pukul 10.30 – 14.00 WIB yang diisi oleh Bu Marlina dengan diselingi dengan kegiatan ishoma.

Materi pada sesi kedua sedikit berbeda dengan sesi pertama, karena pada sesi kedua mahasiswa diajak untuk lebih aktif saat pelatihan. Beberapa mahasiswa diminta untuk membacakan materi yang ada di buku dan mahasiswa lainnya menyimak. Pada sesi kedua ini membahas tentang sikap dan perilaku yang pantas di tempat kerja, serta keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

Pada awal pergantian sesi 1 dan sesi 2 sebanyak15 orang mahasiswa berdiskusi di luar tempat pelatihan dengan 2 orang teman Bu Marlina yang berasal dari Kanada yaitu Martha dan Weris mengenai kebermanfaatan kegiatan yang diselenggarakan pada saat itu maupun program dari Eqwiphubs.

Lalu dilanjutkan sesi ketiga. Pembicara pada sesi ini adalah Pak Tommy. Materi yang beliau sampaikan adalah bagaimana cara membuat akun dan membuat CV. Mahasiswa diminta untuk membuat akun masing-masing pada situs equwiphubs, dari situs tersebut mahasiswa bisa berlatih untuk membuat CV dan mengisi beberapa pertanyaan yang melatih kemampuan mahasiswa untuk menulis sesuatu hal.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »