Seleksi KDMI FMIPA 2019

Lomba debat antar perguruan tinggi menjadi suatu bagian penting di era global seperti ini. Kegiatan debat menuntut mahasiswa untuk menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement dan meyakinkan publik. Sehingga, debat dapat dijadikan media yang tepat untuk melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa. Karena itu, institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang membutuhkan kemampuan dalam komunikasi dan argumentasi.

Dalam rangka menghadapi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya melaksanakan seleksi dengan tujuan untuk memilih mahasiswa sebagai delegasi KDMI tingkat universitas. Seleksi ditingkat fakultas ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019 di Auditorium Slamet Dajono Gedung D1 FMIPA Unesa.

Seleksi diikuti 5 jurusan yakni jurusan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika dan IPA yang masing-masing mengirimkan 1 tim terdiri dari 3 anggota. Dewan juri pada KDMI FMIPA adalah Bapak Hujjatullah Fazlurrahman, Bapak Hezron Sabar Rotua Tinambunan, Bapak Rusly Hidayah dan Bapak Aris Rudi Purnomo yang menilai masing-masing tim mengenai isi argumen, gaya berbicara dan strategi dalam berargumentasi.

KDMI tingkat fakultas ini terdiri dari 3 babak, dimana kelima tim saling beradu argumen mulai dari babak pertama hingga babak final yang kemudian dipilih 3 orang pemenang yakni juara 1 diraih oleh Ahmad Singgih Sugiarto (IPA), juara 2 diraih oleh Rama Dina (Matematika) dan Juara 3 diraih oleh Gayatri Rajadewi (Kimia). Ketiga pemenang ini nantinya yang akan mewakili Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di KDMI tingkat universitas.

Delegasi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan mendapatkan pembinaan sebelum melaksanakan seleksi di tingkat Universitas. Pembinaan ini bertujuan untuk mempersiapkan mental kompetisi, penguasaan materi dan strategi dalam berargumentasi sehingga dapat berkompetisi secara maksimal di seleksi KDMI Universitas Negeri Surabaya. Semoga pada tahun ini Mahasiswa FMIPA mampu mengeluarkan kemampuan maksimal dan memperoleh prestasi demi mengharumkan nama FMIPA Unesa.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »