Diskusi Oleh EQWiP HUBS Bersama Mahasiswa Program Unggulan FMIPA UNESA dengan Tema “Managing Your Prefence In Social Media”

Diskusi Oleh EQWiP HUBS Bersama Mahasiswa Program Unggulan FMIPA UNESA dengan Tema “Managing Your Prefence In Social Media”

Pada hari Jumat, 5 April 2019 bertempat di gedung D1 Fakultas MIPA Unesa telah diadakan diskusi sekaligus penyerahan sertifikat pelatihan dari EQWiP HUBS kepada mahasiswa unggulan Fakultas MIPA angkatan 2015, baik dari jurusan kimia, matematika, fisika, biologi, maupun jurusan IPA. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Diskusi ini bertemakan “Managing Your Prefence In Social Media”. Pembicara pada diskusi tersebut adalah Mr. Alex yang khusus hadir dari Kanada untuk berbagi ilmu mengenai pentingnya mengelola sosial media kita di jaman milenial ini.

Kegiatan dimulai dengan diskusi mengenai kota-kota di dunia yang telah menggunakan aplikasi job. Aplikasi job contohnya Linkedln. LinkedIn merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Di Indonesia, Jakarta merupakan kota ke-4 terbesar di dunia yang telah terhubung masalah pekerjaan lewat penggunaan aplikasi job ini, sehingga sudah seharusnya mahasiswa unggulan Fakultas MIPA Unesa maupaun masyarakat Indonesia lainnya juga menggunakan aplikasi job tersebut agar lebih memudahkan untuk memasuki dunia kerja.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang membahas mengenai bagaimana cara kita mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh kita post di media sosial kita. Hal ini disebabkan, karena saat ini salah satu pertimbangan perusahaan untuk menerima karyawan baru adalah dilihat dari media sosial mereka. Apabila banyak post atau komentar yang tidak baik dalam media sosial mereka, maka akan berakibat pada penilaian dari perusahaan tersebut.

Yang terakhir adalah membahas mengenai alasan orang untuk menggunakan media sosial. Kita ketahui bahwa hampir seluruh orang di dunia saat ini telah menggunakan media sosial. Hal tersebut pasti memiliki dampak positif dan negatif bagi setiap orang, maka dari itu kita harus tau betul alasan untuk apa kita menggunakan media sosial agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi diri kita sendiri di kemudian hari.

Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta diminta untuk mengisi daftar hadir yang telah diberikan sesuai dengan kelas mereka masing-masing pada saat pelatihan EQWiP HUBS. Perlu diketahui bahwa sebelum kegiatan diskusi ini, EQWiP HUBS telah memberikan pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa unggulan Fakultas MIPA Unesa angkatan 2015 sejak tanggal 30 September 2018 hingga 14 Januari 2019. Pada saat pelatihan tersebut, seluruh mahasiswa dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C, sehingga pengisian daftar hadir pada acara kali ini sesuai dengan kelas masing-masing. Setelah rangkaian acara selesai, pihak EQWiP HUBS membagikan sertifikat pelatihan kepemimpinan kepada seluruh peserta diskusi.

EQWiP HUBS berharap bahwa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan akan memberikan dampak positif bagi seluruh peserta khusunya dapat membantu peserta dalam memasuki dunia kerja nantinya.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »