Kontes Robot Indonesia (KRI)2019 di Universitas Mataram

Kontes Robot Indonesia (KRI)2019 di Universitas Mataram

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV tahun ini diselenggarakan di tempat yang jauh dari Surabaya yaitu di Universitas Negeri Mataram, Mataram, NTB. Ada empat kategori yang dilombakan yaitu; (1) Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dengan tema Robot Pengirim Pesan, (2) Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI), (3) Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), (4) Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Tim Rengganis FMIPA mengikuti kategori KRAI.

Persiapan berupa riset, perkitan, uji coba, pengambilan data telah dilakukan sejak rule dikeluarkan sekitar bulan Oktober. Aturan dari kategori ini mengharuskan tim membuat dua robot. Robot yang pertama adalah robot yang berperan memberi surat. Robot ini boleh dikendalikan menggunakan remote control maupun secara otomatis. Robot kedua adalah robot pengirim pesan, berupa robot berkaki empat dan harus dikendalikan secara otomatis. Saat mengirim pesan robot harus melewati rintangan melintasi bukit, tali dan mendaki gunung. Sistem pertandingan sebagai berikut dua tim akan bertanding dan pemenangnya ditentukan berdasarkan kecepatan robot menyelesaikan tugas atau “ukhai”, atau score terbanyak . Waktu pertandingan adalah 3 menit, namun jika salah satu tim berhasil “ukhai” maka pertandingan akan dihentikan meskipun waktunya kurang dari tiga menit.

Pada KRI Regional IV, jumlah tim KRAI yang bertanding adalah 20 tim termasuk Rengganis yang dibagi menjadi 6 grup. Sesi pertama adalah sesi penyisihan grup. Rengganis beradalam satu grup dengan tim Universitas Brawijaya dan Universitas Sam Ratulangi, dan berhasil menjadi juara grup setelah melawan tim Universitas Brawijaya dan tim Universitas Sam Ratulanggi. Selanjutnya Rengganis melaju ke perdelapan dan berhasil memenangkan pertandingan melawan tim Universitas Tadulako. Kamudian pada perempat final Rengganis bertemu dengan tim ITS namun belum berhasil memenangkan pertandingan. Dengan demikian Rengganis berada pada peringkat 6 dan berpeluang besar lolos ke tingkat nasional.

Selain kategori KRAI, tim Rengganis juga telah lolos seleksi kategori Kontes Robot Tematik Indonesia. Khusus kategori ini akan langsung bertanding di tingkat nasional. Mohon doa restu kepada seluruh keluarga besar FMIPA semoga pada KRI tingkat Nasional, robot-robot FMIPA berhasil meraih prestasi.

Hasil Pertandingan :

Predikat Nama Tim Perguruan Tinggi
JUARA 1 POLITAG-PRO POLITEKNIK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
JUARA 2 PAPUMA_IR64 POLITEKNIK NEGERI JEMBER
JUARA 3 RISMA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
JUARA HARAPAN LAKASSA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
DESAIN TERBAIK POLITAG-PRO POLITEKNIK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
STRATEGI TERBAIK C-BUROQ_MP POLITEKNIK NEGERI UJUNGPANDANG

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »