Perwakilan Mahasiswa Terpilih dari Fakultas MIPA Unesa Mengikuti Seleksi ON MIPA – PT 2019 Tahap II (Tingkat Regional) di IIK Bakti Wiyata Kediri

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya yang telah terpilih dari berbagai bidang untuk mewakili Fakultas MIPA sekaligus mewakili Universitas Negeri Surabaya untuk mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi (ON MIPA – PT) 2019 Tahap II. ON MIPA – PT merupakan ajang olimpiade Tingkat Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek-Dikti).  Dalam ajang ini, Kemenristek-Dikti mengadakan kompetisi olimpade dari keempat bidang ilmu MIPA, yakni Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi

ON MIPA – PT Tahap II merupakan seleksi yang dilakukan di Tingkat Regional atau Koordinator Wilayah (Korwil). Dimana Unesa tergabung dalam Korwil IV yaitu Korwil yang menaungi Perguruan Tinggi di seluruh Provinsi Jawa Timur. Pada tahun ini seleksi tahap II korwil VII diadakan di Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bakti Wiyata Kediri.

Pada Tahun ini FMIPA Unesa mengirimkan 16 mahasiswa dari keempat bidang, dimana tiap bidangnya diwakili oleh 4 mahasiswa. Mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti ajang ini tersebar dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan 2015 hingga 2018. Bidang Matematika diwakili oleh Mei Dita Kumala, Agung Prasetyo, Muchammad Khafith Octavian Purnomo, dan Arief Rachman Hakim. Bidang Kimia diwakili oleh Sigit Trimayanto, Muhamad Nurkholik, Angelina Nur Afni, dan Mochammad Luthfi Hamdani. Bidang Fisika diwakili oleh Nanda Rettiningtyas, Moch. Saifur R., Devian Astika Wati, dan Nuril Fathurin. Sementara Biologi diwakili oleh Nurul Fadilah, Elvana, Sakinah, Ranum Mellina H., dan Alan Verangga.

Gambar 1. Pertemuan mahasiswa di Gedung D1 FMIPA dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA Unesa

Pada tanggal 25 maret 2019, para peserta sebelum diberangkatkan untuk dikarantina terlebih dahulu melakukan pertemuan di Gedung D1 FMIPA untuk mendapatkan arahan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA Unesa mulai pukul 13.00 WIB.. Melalui arahan-arahan tersebut diharapkan para peserta semakin siap dan optimis untuk melangkah dalam berlaga dan harapannya bisa lolos untuk mengikuti ON MIPA – PT ke tingkat Nasional yang akan dilakukan di kota Semarang mendatang. Pada pukul 13.30 WIB, acarapun ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan Foto bersama untuk pelepasan keberangkatan Menuju kota Kediri.

Gambar 2. Keberangkatan mahasiswa menuju Kota Kediri.

Mahasiswa yang telah dilepas kemudian diantar menuju kota Kediri menggunakan kendaraan Bus milik Universitas Negeri Surabaya. Rombongan tiba di tempat karantina sekitar Pukul 16.00 WIB. Karantina dilakukan di Hotel Viva Kediri dengan tujuan agar membuat mahasiswa semakin fokus dalam mempersiapkan  ajang yang akan diikuti pada tanggal 26 hingga 27 maret 2019 tersebut. Semua peserta setelah mendapat pembagian kamar langsung menjalani prosedur karantina untuk persiapan seleksi ON MIPA – PT tingkat Regional.

Peserta yang telah dikarantina, kemudian mengikuti seleksi ON MIPA -PT tahap II di Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bakti Wiyata Kediri  selama 2 hari (26-27 Maret 2019). Pada hari tersebut mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai Perguruan tinggi se-Jawa Timur baik Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri untuk dapat lolos menuju ON MIPA – PT tingkat nasional. Dari ajang ini diharapkan terdapat banyak mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang mampu lolos hingga tingkat Nasional, bahkan hingga tingkat Internasional.

Gambar 3. Foto bersama rombongan FMIPA bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA setelah mengikuti kegiatan seleksi ON MIPA –PT.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »