Great Crystal School and Course Center Internship Program

Gambar 1. Mahasiswa yang berkesempatan mengikuti program internship di Great Crystal School and Course Center

Demi meningkatkan kualitas lulusan progam studi pendidikan, Unesa selalu meningkatkan kerjasama dengan berbagai sekolah negeri maupun swasta untuk menempatkan mahasiswanya dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Salah satunya, Unesa bekerjasama dengan Great Crystal School and Course Center. Dimana  Great Crystal School and Course Center adalah sekolah bertaraf international yang menggabungkan 2 kurikulum yaitu K13 dan Cambridge International Curriculum. Great Crystal School and Course Center terletak di Jl. Raya Darmo Permai III, Puncak Permai, Square, Surabaya, Jawa Timur.

Internship Program 2019 dilaksanakan selama 8 minggu dimulai sejak tanggal 15 Juli sampai 5 September 2019. Mahasiswa yang terpilih untuk bergabung dalam kegiatan Internship di Great Crystal School and Course Center adalah Dinda Ayu Rachmawati, Mahasiswa Jurusan Matematika Unesa Angkatan 2016. Program internship ini merupakan implementasi dari keterampilan mengajar yang sudah dipelajari mahasiswa selama masa perkuliahan. Program ini juga sejalan dengan Program Kelas Unggulan FMIPA. Tidak hanya keterampilan mengajar yang dibutuhkan, tetapi kemampuan dalam berbahasa inggris. Karena siswa di Great Crystal School and Course Center tidak hanya orang lokal tetapi juga orang asing, dan siswa wajib menggunakan Bahasa Mandarin saat tertentu. Selain itu guru di Great Crystal School and Course Center tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga berasal dari Malaysia, China, Amerika, Inggris. Beberapa guru merupakan lulusan universitas di luar negeri seperti Sigapura, Amerika, dll.

Great Crystal School and Course Center memiliki jenjang pendidikan dari paling rendah sampai paling tinggi yaitu Toddler dan Nursery (PAUD), Kindergarten A dan Kindergarten B  (TK), Primary (SD), Secondary (SMP). Great Crystal School and Course Center dipimpin oleh Mr.  Mifta Churrohman, S.Pd. sebagai kepala sekolah. Great Crystal School and Course Center menyediakan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar siswa seperti laboratorium Fisika, Kima, Matematika, Biologi,  perpustakaan, ruang musik, ruang seni, auditorium, ruang komputer, ruang Bahasa Mandarin, ruang olahraga, dll. Selain mengembangkan kemampuan akademik, Great Crystal School and Course Center juga memperhatikan kemampuan non akademik siswa melalui Extra Curricular Activities (ECA) seperti Matematika, IPA, Inggris, Dance, Futsal, dll.

Pada kesempatan ini, Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar Secondary 1, 2, dan 3 untuk mata pelajaran Matematika. Mahasiswa dibantu oleh guru pamong, dimana guru pamong bertugas untuk memberikan arahan dan membimbing mahasiswa selama kegiatan PLP. Untuk guru pamong mahasiswa matematika yaitu bernama Mr. Ahmad Mizan Ghofuri, S. Pd. Diawal mahasiswa membuat dan mengumpulkan lesson plan, kemudian dikoreksi oleh guru pamong. Sebelum praktek mengajar mahasiswa harus berkonsultasi mengenai materi dan model pembelajaran yang digunakan, hal tersebut untuk meminimalisir kesalahan mengajar di depan siswa.

Setiap pagi mahasiswa juga mengikuti briefing dan menyambut siswa yang datang ke sekolah bersama guru lainnya. Pada minggu pertama, mahasiswa membantu mendampingi siswa melaksanakan orientasi diawal tahun pembelajaran. Pada minggu kedua, mahasiswa diberikan kesempatan untk mengamati kelas dan kurikulum yang digunakan karena kurikulum yang digunakan berbeda dengan yang dipelajari mahasiswa selama perkuliahan. Observasi juga membantu mahasiswa untuk memahami karakteristik siswa untuk memutuskan metode dan model pembelajaran yang tepat. Pada minggu ketiga, keempat, dan kelima mahasiswa mulai  praktek mengajar dengan menjelaskan materi ke siswa melalui power point, video, geo gebra application, dan work sheet,  juga membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Siswa cukup antusias selama kegiatan belajar megajar. Mahasiswa juga diminta untuk mengisi kelas apabila guru yang bersangkutan berhalangan hadir. Mahasiswa juga diminta untuk mengajar matematika anak berkebutuhan khusus secara private  dan mendampingi saat jam pembelajaran. Mahasiswa juga mendampingi siswa saat kegiatan ECA, senam, memperingati hari kemerdekaan, dll.

Guru pamong diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam mengajar. Setelah proses pembelajaran selesai, guru pamong memberikan kritik dan saran agar kegiataan pembelajaran berikutnya lebih baik. Selama kegiatan Internship ini banyak sekali pengalaman yang menarik dan berharga.  Dengan adanya program internship ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan meningkatkan baik keterampilan mengajar maupun kemampuan bernahasa inggris. Sehingga mahasiswa menjadi lebih siap untuk mengajar di sekolah internasional.

Gambar 2. Menyambut kedatangan siswa setiap pagi

Gambar 3. Mendampingi kegiatan orientasi siswa

Gambar 4. Observasi kegiatan pembelajaran di kelas

 

Gambar 5. Mahasiswa mengajar di dalam kelas

Gambar 6. Mendampingi kegiatan ECA

Gambar 7. Mendampingi kegiatan senam pagi

Gambar 8. Mendampingi kegiatan peringatan hari kemerdekaan

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »