Student Exchange Mahasiswa UNESA di Khon Kaen University, Thailand

Student Exchange Mahasiswa UNESA di Khon Kaen University, Thailand

Sebanyak 5 mahasiswa FMIPA UNESA terpilih untuk bergabung mengikuti Program Student Exchange di Khon Kaen University (KKU), Thailand. Mereka adalah Nisrina Nur Ramadhani (S1 Pendidikan Fisika), M. Izhar Mahendra S. Nugraha (S1 Pendidikan Biologi), Kuny Abidatul Mahmudah (S1 Pendidikan Kimia), Dyah Ayu Karindra (S1 Pendidikan Matematika) dan Annisa Nurul Hidayati (S1 Pendidikan Matematika). Program Student Exchange (SE) ini berlangsung selama 14 hari yaitu mulai tanggal 22 Oktober 2019 hingga 4 November 2019 yang bertujuan untuk menambah bekal serta memperkaya ilmu pengetahuan bagi mahasiswa khususnya dalam berkomunikasi secara ilmiah menggunakan bahasa Inggris. Selama kegiatan tersebut, para mahasiswa telah mendapatkan banyak hal yaitu mulai dari belajar bahasa dan budaya Thailand, serta fasilitas dan sistem perkuliahan yang diterapkan oleh Khon Kaen University.

Program Students Exchange ke Khon Kaen University diikuti oleh 15 mahasiswa yang berasal dari dua fakultas di UNESA yaitu FMIPA dan FIP. FMIPA bekerjasama dengan FIP dalam mendelegasikan mahasiswanya untuk belajar mengenai manajemen akademik, fasilitas, sarana, serta sistem pembelajaran yang diterapkan di luar negeri, khususnya di Khon Kaen University, Thailand. Mereke dibagi menjadi dua kelompok kecil dengan tugas belajar di dua fakultas yang berbeda di Khon Kaen University yaitu Fakultas Pendidikan (Faculty of Education) dan Fakultas Ilmu Administrasi (College of Local Administration) atau biasa dikenal dengan COLA.

Sebanyak tiga mahasiswa FMIPA yaitu Nisrina, Izhar dan Annisa mendapat tugas belajar di Fakultas Pendidikan (Faculty of Education) Khon Kaen University. Sedangkan dua mahasiswa lainnya yaitu Ayu dan Kuny mendapat tugas belajar di College of Local Administration (COLA) Khon Kaen University. Pada kegiatan ini, mahasiswa yang mendapat tugas belajar di Faculty of Education disambut oleh Dekan Faculty of Education yaitu Assoc. Prof. Dr. Sumalee Chaicharoen, dan Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Studi Kreatif yaitu Asst. Prof. Dr. Niwat Srisawadee.

Faculty of Education-KKU memiliki 10 jurusan untuk program Sarjana, 10 jurusan  Magister dan 6 program Doctor of Philosophy. Jurusan untuk tingkat sarjana antara lain Science Education, Mathematics Education, Social Studies, Physical Education, Computer Education, Art Education, Teaching Japanese Language, Teaching Thai, Teaching English to Speakers of Other Language (TESOL), Teaching Chinese as a Foreign Language.

Pada kegiatan ini, mahasiswa yang mendapat tugas belajar di Faculty of Education memperoleh kesempatan untuk mengikuti perkuliahan bersama Wakil Dekan Faculty of Education Bidang Penelitian dan Studi Kreatif yaitu Asst. Prof. Dr. Niwat Srisawadee dengan tema “Technology-enabled Active Learning for Gen Z Learners in School Education”. Perkuliahan tersebut juga membahas mengenai pendidikan untuk generasi masa depan dan disampaikan dalam bahasa Inggris dengan judul “Thinking about Education for The Next Generation”, dimana yang dimaksud dengan next generation adalah generasi Z (generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 dan melek internet sejak kecil).

Inti dari perkuliahan ini adalah guru tidak bisa menggunakan cara-cara yang kuno lagi dalam mendidik siswa khususnya untuk mendidik generasi Z, melainkan perlu sebuah inovasi dalam menyampaikan materi agar siswa dapat memahaminya dan tidak merasa bosan. Untuk itu, Asst. Prof. Dr. Niwat Srisawadee bersama beberapa rekannya mengembangkan proyek KKU Smart Learning. KKU Smart Learning adalah proyek yang diprakarsai oleh Khon Kaen University sejak 2016 dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman bagi siswa dalam tiga mata pelajaran dasar yaitu Matematika, Sains dan Bahasa Inggris. Proyek KKU Smart Learning ini telah bekerjasama dengan 203 sekolah, 1618 guru dan 36000 siswa di Thailand..

Sedangkan COLA (College of Local Administration) KKU, banyak mempelajari tentang keilmuan sosial. COLA sendiri mempunyai 5 jurusan yaitu, Bachelor of Public Administration in Local Government, Bachelor of Public Administration in Fiscal Management, Bachelor of Technology in Construction and Urban Management,  Master of Public Administration, dan Doctor of Public Administration. Pada hari pertama, terdapat mata kuliah Analysis of Development and Planning, yang intinya adalah bagaimana kebijakan pemerintahan Thailand berubah ubah seiring kebutuhan masyarakatnya dan dalam rangka meningkatkan pendapatan negara, juga membahas tentang sejarah Thailand, politik dan ekonominya juga. Mata kuliah ini diampu oleh Dr. Charles. Lalu dilanjut dengan mata kuliah English for Communication and Cultural Exchange yang bertempat di Library COLA oleh dosen pengampu Dr. Pennee. Di mata kuliah kedua ini, kami (Ayu dan Kuny) belajar cara memperkenalkan diri dengan baik menggunakan bahasa inggris, selain itu kami juga belajar tarian dari Thailand. Mata kuliah kedua ini sangat seru sekali karena kami bertemu teman teman dari COLA yang akan exchange di Universitas Muhammadiyah Malang, November mendatang.

Acara Student Exchange ini ditutup dengan closing party, mahasiswa Student Exchange UNESA, berkesempatan untuk menampilkan performance berupa tarian yaitu, tarian tradisional “Cunduk Menur”, modern dance “Kill This Love” , dan flashmob “Rek Ayo Rek”. Acara closing party disaksikan oleh beberapa dosen, termasuk Dekan COLA, Assoc. Prof. Supawatanakorn Wongthanavasu, Ph.D , dan perwakilan mahasiswa KKU.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »