LULUSKAN 139 ORANG, YUDISIAWAN/YUDISIAWATI FMIPA UNESA SIAP WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

LULUSKAN 139 ORANG, YUDISIAWAN/YUDISIAWATI FMIPA UNESA SIAP WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

Ditulis oleh: Muhamad Arif Mahdiannur
27 Februari 2020

Pada Yudisium ke-97 Periode I kali ini, FMIPA Unesa melepas 139 orang lulusan yang digelar di Auditorium Prof. Slamet Dajono, Gedung D1 pada tanggal 27 Februari 2020. Ini merupakan yudisium FMIPA Unesa yang pertama di tahun 2020 yang dimulai pukul 09:00 WIB. Acara yudisium berlangsung khidmat, dan diikuti antusias oleh seluruh yudisiawan/yudisiawati dan para tamu undangan yang hadir.

Acara ini dibuka oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. dan dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan fakultas dan jurusan selingkung FMIPA Unesa. Yudisium Periode I kali ini diikuti oleh mahasiswa dari lima jurusan yang ada di FMIPA Unesa, dengan rincian sebagai berikut: 7 orang lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika. 9 orang dari Program Studi S1 Matematika. 21 orang lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Fisika dan 9 orang lulusan dari Program Studi S1 Fisika. 16 orang lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Kimia dan 33 orang lulusan dari Program Studi S1 Kimia. 21 orang lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi dan 3 orang lulusan dari Program Studi S1 Biologi, serta 20 orang lulusan dari Program S1 Pendidikan Sains.

Lulusan Pamuncak (terbaik) Program Studi Kependidikan diraih oleh Della Shinta Bestiantono, S.Pd. dengan IPK 3,82 (predikat Pujian) dari Program Studi S1 Pendidikan Fisika, sedangkan lulusan Pamuncak Program Studi Non-kependidikan diraih oleh Elly Yana Mastura, S.Si. dengan IPK 3,73 (predikat Pujian) dari Program Studi S1 Biologi. Program Studi S1 Biologi pada Yudisium kali ini meraih peringkat I, II, dan III lulusan terbaik untuk kategori Program Studi Non-kependidikan.

Yudisium sebagai Momentum Perubahan

Yudisium sebagai bentuk rekognisi atas capaian prestasi dan perjuangan yang ditempuh selama perkuliahan. Perwakilan para yudisiawan/yudisiawati, Ahmad Singgih Sugiarto, S.Pd. dari Program Studi S1 Pendidikan Sains menyampaikan pidatonya.
“Yudisium adalah tanda kita masuk kembali ke masyarakat. Seluruh proses yang perkuliahan selama kurang lebih 4 tahun yang tidak mudah ini akhirnya berakhir dan hari ini,” katanya.
Menutup pidatonya, Singgih juga mengungkapkan pesan dan kesannya atas nama seluruh yudisiawan/yudisiawati.
“… semua itu akan menjadi kenangan manis. Semoga kelak kita akan disatukan kembali untuk menceritakan kesuksesan diri kita masing-masing,” kata lulusan yang gemar berpantun ini.

Kembangkan Karakter, Kejujuran, dan Kedisiplinan

Setelah rangkaian acara, terakhir giliran Prof. Dr. Madlazim, M.Si. menuju podium untuk menyampaikan sambutan.  Beliau menyampaikan harapan untuk lulusan FMIPA Unesa.
“… jangan berhenti belajar, harus jadi pembelajar yang sejati,” ungkapnya.
Pada kesempatan ini juga beliau bangga bahwa mayoritas lulus 3,5 tahun (7 semester). Beliau juga berpesan pada para yudisiawan/yudisiawati  agar selalu berusaha untuk memaksimalkan kompetensi agar mampu bersaing di masyarakat.
“Harus adaptif dengan perkembangan teknologi dan fokus pada pengembangan karakter. Kejujuran dan kedisiplinan merupakan karakter yang berada di urutan I dan II yang harus dimiliki oleh setiap individu,” tambahnya. (MAM)

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »