SELEKSI KDMI FMIPA UNESA 2020

Lomba debat antar perguruan tinggi menjadi suatu bagian penting di era global seperti ini. Kegiatan debat menuntut mahasiswa untuk menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement dan meyakinkan publik. Sehingga, debat dapat dijadikan media yang tepat untuk melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa. Karena itu, institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang membutuhkan kemampuan dalam komunikasi dan argumentasi.

Pelaksanaan KDMI tahun 2020 mengalami penyesuaian berkaitan dengan situasi pandemik COVID-19. Berkaitan dengan situasi pandemik COVID-19 ini maka pelaksanaan KDMI diselenggarakan dengan daring. Maka untuk menghadapi seleksi KDMI 2020, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya melaksanakan seleksi secara daring dengan tujuan untuk memilih mahasiswa sebagai delegasi KDMI tingkat universitas. Seleksi ditingkat fakultas ini dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juli 2020 secara daring menggunakan platform Google Meet.

Seleksi diikuti 5 jurusan yakni jurusan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika dan IPA yang masing-masing mengirimkan 1 tim terdiri dari 3 anggota. Dewan juri pada KDMI FMIPA 2020 adalah sebagai berikut :

1.Prima Vidya Asteria, S. Pd., M.Pd. dari FBS
2. Hezron Sabar Rotua Tinambunan, S.H., M.H. dari FISH
3. Hujjatullah Fazlurrahman S.E.,M.B.A. dari FE

Yang menilai masing-masing tim mengenai isi argumen, gaya berbicara dan strategi dalam berargumentasi.

KDMI tingkat fakultas kali ini dilaksanakan dengan mekanisme pengiriman video pidato dari tiap-tiap peserta sesuai dengan mosi dan posisi yang ditentukan, dan juga peserta diwajibkan untuk mengisi tabel portofolio sebagai salah satu syarat mengikuti KDMI 2020. Dari seleksi tersebut kmudian dipilih 3 orang pemenang yakni juara 1 diraih oleh Rama Dina (Matematika), Juara 2 diraih oleh Gayatri Rajadewi (Kimia) dan juara 3 diraih oleh Thoiffatul Khusnun (Matematika). Ketiga pemenang ini nantinya yang akan mewakili Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di KDMI tingkat universitas.

Delegasi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan mendapatkan pembinaan dari Bapak Rusly Hidayah dan Bapak Aris Rudi Purnomo sebelum melaksanakan seleksi di tingkat Universitas. Pembinaan ini bertujuan untuk mempersiapkan mental kompetisi, penguasaan materi dan strategi dalam berargumentasi sehingga dapat berkompetisi secara maksimal di seleksi KDMI Universitas Negeri Surabaya. Semoga pada tahun ini Mahasiswa FMIPA mampu mengeluarkan kemampuan maksimal dan memperoleh prestasi demi mengharumkan nama FMIPA Unesa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *