Kelas Unggulan FMIPA Universitas Negeri Surabaya merupakan satu program oleh FMIPA Unesa yang sengaja dibuat untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa calon guru yang kompeten untuk mengajar di sekolah-sekolah Internasional baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Program Kelas Unggulan sendiri telah mulai dilakukan sejak 2009, dengan menawarkan keunggulan bahwa mahasiswa kelas unggulan mendapatkan pembelajaran bilingual, mampu dalam mengadaptasi, merancang, dan mengaplikasikan pembelajaran berdasarkan kurikulum sekolah internasional, kompeten dalam berbahasa inggris aktif dan pasif, mendapatkan pengalaman diajar oleh dosen dari universitas terkemuka di luar negeri, mempunyai pengalaman praktik mengajar di sekolah internasional baik dalam negeri mapun luar negeri seperti Singapore Internasional School, Sekolah Indonesia di Singapura, Wadi sofia college, Malaysia dan sekolah-sekolah internasional lainnya maupun ex-RSBI. Selain itu mahasiswa kelas unggulan mempunyai kesempatan dan pengalaman untuk belajara di universitas mitra di luar negeri seperti Thailand dan Filipina.

Beberapa program dirumuskan dan dilakukan untuk mencapai keunggulan tersebut. Program yang dimaksud diantaranya: English course, Guest lecturer, Students Exchange, Teacher immersion dan beberapa program lain terkait pembekalan dunia kerja. Program-program ini. Setiap tahunnya, selalu disosialisasikan tidak hanya ke mahasiswa tetapi juga ke wali mahasiswa sehingga wali mahasiswa dapat memberikan dukungan penuh terhadap keterlaksanaan program kelas unggulan.

Minggu, 19 Juli 2020, sosialisasi program kelas unggulan kembali di lakukan untuk mahasiswa dan wali mahasiswa kelas unggulan FMIPA angkatan 2019. Hal yang berbeda dari kegiatan sosialisasi kali ini adalah sosialisasi dilakukan secara daring dengan menggunakan fasilitas zoom meeting dan live streaming youtube: https://www.youtube.com/watch?v=H8A34Zu2y9o. Selain mensosialisasikan program untuk kelas unggulan, kegiatan kali ini juga diisi oleh alumni yang memberikan testimoni terkait program kelas unggulan dan pengalamannya selama mengikuti program kelas unggulan serta keuntungan dari bergabung dengan kelas unggulan FMIPA Unesa.

Menurut Bagus: yang sekarang mengajar di SIS Semarang  “Beberapa teman dan termasuk saya diterima mengajar di sekolah internasional sebelum lulus. Bahkan ada yang mendapatkan tawaran mengajar setelah melakukan teaching practice atau PLP di sekolah internasional padahal PLP sendiri dilakukan saat semester 6-7”. Sedangkan MIllah  alumni kelas unggulan IPA 2016: “Setelah mengikuti kelas unggulan, jejaring saya semakin luas dan kesempatan semakin terbuka lebar untuk mendapatkan informasi maupun tawaran baik bekerja maupun studi lanjut baik dari dalam negeri maupun Filipina tempat saya PLP dulu”

Sosialisasi yang dihadiri secara daring oleh 117 peserta sukses dilaksanakan dan mendapat sambutan positif baik dari mahasiswa maupun wali mahasiswa. Wali mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk bertanya terkait program kelas unggulan yang diikuti oleh anaknya. Sehingga, wali mahasiswa mendapatkan gambaran yang jelas terhadap program yang sedang diikuti anak-anaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »