FMIPA Unesa menuju Akreditasi Internasional ASIIN

Peningkatan mutu di bidang Pendidikan tinggi terus digalakkan oleh Universitas Negeri Surabaya. Impian untuk menjadi universitas berkelas dunia juga terus direalisasikan dalam beragam bentuk peningkatan mutu dan prestasi, khususnya komitmen mutu dalam proses pembelajaran, academic mobility, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, Unesa berupaya meraih akreditasi internasional agar memenuhi standar global dalam penyediaan knowledge workers unggul di masa datang. Salah satunya adalah dengan mendapatkan akreditasi ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik atau Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics). Akreditasi ASIIN sendiri mencakup bidang Mechanical Engineering/Process Engineering, Electrical Engineering/Information Technology, Civil Engineering, Geodesy and Architecture, Informatics/Computer Science, Physical Technologies, Materials and Processes, Engineering and Management, Economics, Business Informatics/Information Systems, Agriculture, Nutritional Sciences and Landscape Architecture, Chemistry, Life Sciences, Geosciences, Mathematics, & Physics.

Berdasarkan Pengumuman Nomor 1167/E2/TU/2020 tanggal 2 Juni 2020, lima Program Studi di FMIPA Unesa mendapatkan hibah fasilitasi akreditasi Internasional ASIIN dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kelima Program Studi tersebut, yaitu: (1) S1 Pendidikan Biologi; (2) S1 Pendidikan Fisika; (3) S1 Pendidikan Kimia; (4) S1 Pendidikan Matematika; dan (5) S1 Pendidikan Sains. Kemudian kelima Program Studi tersebut menyusun Self-Assessment Report (SAR) untuk memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi yang berkedudukan di Düsseldorf, Jerman ini.

Selanjutnya pada hari Jumat tanggal 23 Oktober 2020 bertempat di Gedung Rektorat Lantai 9 Kampus Lidah Wetan diadakan acara pengiriman dokumen akreditasi secara resmi oleh Rektor Unesa ke ASIIN untuk lima Program Studi selingkung FMIPA. Acara ini dipimpin langsung oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. yang didampingi oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, S.Pd., M.T., Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. dan Wakil Dekan bidang Akademik FMIPA, Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh para Pimpinan dari lima Jurusan/Program Studi, tim Pusat Penjaminan Mutu Unesa, dan Gugus Penjaminan Mutu FMIPA.

Jika tidak ada aral yang melintang, maka pada bulan Desember 2020 akan dilakukan visitasi secara daring oleh tim ASIIN dan visitasi luring akan dijadwalkan pada tahun 2021. Mari kita doakan yang terbaik untuk lima Program Studi di FMIPA, semoga dilancarkan prosesnya hingga memeroleh ASIIN Seal untuk mewujudkan FMIPA Jaya dan Unesa satu langkah di depan (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *