Prestasi Membanggakan Tim PKM Biologi dalam PIMNAS 30 Makasar

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 30 telah diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia, Makassar pada 23-28 Agustus 2017. Pada ajang bergengsi ini, hadir 420 Tim PKM yang terdiri atas 20 PKM-GT, 120 PKM-PE, 40 PKM-PSH, 60 PKM-M, 20 PKM-T, 60 PKM-K, dan 100 PKM-KC. Semua tim mengikuti kompetisi poster dan juga presentasi terkait dengan judul PKM masing-masing. Tahun ini, dari 51 judul PKM terdanai dari Universitas Negeri Surabaya, enam tim PKM lolos menuju PIMNAS 30. Jurusan Biologi termasuk dari salah satu dari tiga di antara enam tim PKM yang berasal dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya dengan skim PKM Penelitian Eksakta.

   Tim Jurusan Biologi

Tim Biologi meneliti tentang potensi tumbuhan buta-buta sebagai biopestisida. Mereka menemukan bahwa filtrat daun tumbuhan buta-buta mengandung beberapa metabolit sekunder yang dapat menyebabkan mortalitas ulat grayak sehingga berpotensi sebagai biopestisida.Penelitian ini menghasilkan luaran berupa publikasi ilmiah dan telah mendaftarkan paten berdasarkan hasil temuan tersebut. Tim PKM-PE ini diketuai Rahmawati (Pendidikan Biologi 2014), serta beranggotakan Fajar Septyana (Pendidikan Biologi 2014), Mahesa Ahmad (Pendidikan Biologi 2014), dan Lilis Suryandari (Biologi, 2015). Penelitian mahasiswa yang dibimbing oleh Reni Ambarwati, S.Si, M.Sc. ini.

Bu Reni Ambarwati dan Pak Tatag mendampingi mahasiswa

Penutupan Pimnas 30 dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2017. Pada acara penutupan juga digelar penganugerahan medali bagi para tim. Tentu, acara ini ditunggu-tunggu oleh 420 tim yang telah bekerja keras sejak pengajuan proposal PKM tahun 2016 lalu. Untuk PIMNAS 30 kali ini terdapat 21 kelas, yang disetiap kelas akan ditentukan tiga pemenang untuk setiap kategori, yaitu kategori poster dan kategori presentasi. Juara pertama memperoleh medali emas, juara kedua medali perak, dan juara ketiga medali perunggu.

Tim PKM-PE Jurusan Biologi FMIPA Unesa, berhasil memperoleh Medali Perak untuk kategori poster. Namun, tidak hanya itu Tim PKM-PE yang mengangkat judul Buta-buta (Excoecaria agallocha) sebagai Biopestisida ini juga berhasil membawa pulang Medali Emas untuk kategori presentasi.

Prestasi yang membanggakan

Selamat kepada para pejuang PKM, seluruh delegasi FMIPA, atas semua kerja kerasnya. Alhamdulillah, civitas akademik di Jurusan Biologi memanjatkan segala puji syukur atas karunia Allah SWT yang luar biasa ini. Semoga menginspirasi semua mahasiswa dan dosen pembimbing yang lain, untuk giat berkarya bagi almamater tercinta.

Meningkatkan prestasi unesa di tingkat nasional

Leave a Comment