Eco Campus

Syarat Dan Ketentuan Lomba Mural

     Masalah lingkungan adalah masalah bersama yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya adalah civitas akademik. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik.

     Civitas akademika adalah potensi besar dalam membangun pengelolaan lingkungan yang integrated, comprehensive dan sustainable. Karena itu perlu dikembangkan sebuah konsep yang bisa menyatukan semua elemen dalam sebuah sistem pengelolaan lingkungan, dari sistem ini diharapkan bisa membangun kesadaran tentang pentingnya sebuah pengelolaan lingkungan hidup.

     “Prinsip dasar etika lingkungan yang perlu didorong adalah membangun persepsi dan spirit bahwa sumberdaya alam dan lingkungan mempunyai keterbatasan dalam menyediakan sumber kehidupan, sedangkan manusia merupakan bagian dari alam dan bukanlah penguasa alam karenanya manusia tidak mempunyai hak sewenang-wenang terhadap alam (Arne Naess, Filosof Lingkungan).

     Berdasarkan Uraian tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yaitu salah satu fakultas yang berbasis lingkungan harus menjadi pelopor dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup. Maka didalam FMIPA Unesa yang mengusung tema “Kampus Konservasi” harus memiliki suatu organisasi yang bisa menjadi pelopor mahasiswa dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup.

Eco Campus pada dasarnya ada karena dilatarbelakangi oleh:

  1. lingkungan kampus harus merupakan tempat yang nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat dalam menimba ilmu pengetahuan;
  2. Kemudian lingkungan kampus sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ekosistem perkotaan tidak sedikit peranan dan sumbangannya bagi meningkatkan maupun dalam menurunkan pemanasan global
  3. Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana masyarakat kampus dapat mengimplementasikan IPTEK Bidang Lingkungan Hidup secara Nyata.

Oleh karena itu program Eco Campus adalah progam yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat kampus sebagai kumpulan masyarakat ilmiah untuk turut serta berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mengurangi Pemanasan Global dan kerusakan lingkungan.

Eco Campus FMIPA Unesa sendiri sudah ada sejak tahun 2010, yang dimana saat itu Eco Campus masih berupa komunitas pencinta lingkungan. tetapi sejak tahun 2014 Eco Campus yang dipelopori oleh mahasiswa Fisika M. Maftuhin Hilmi (Ketua Eco Campus 2014) mendapat sebuah pengakuan dari pimpinan fakultas dan sejak saat itu Eco Campus FMIPA menjadi organisasi Fakultas dibawah bimbingan  Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. (Wakil Dekan III FMIPA Unesa).  Kemudian organisasi ini terus berjalan dengan dipelopori oleh Gilang Noval Abdillah (Ketua Eco Campus 2015) dan Agil Pradana (Ketua Eco Campus 2016-2017). Eco Campus FMIPA sudah dua kali mendapat Juara 1 dalam kejuaraan Eco Campus perguruan tinggi seSurabaya, yaitu pada tahun 2015 dan 2016.

Syarat Dan Ketentuan Lomba Mural