SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN

SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN

Seminar Nasional Lingkungan yang di selenggarakan oleh Eco Campus FMIPA Unesa pada Minggu, 5 November 2017 di gedung K10 Pasca Sarjana Unesa berjalan dengan lancar. Seminar ini merupakan serangkaian acara Pekan Eco Campus FMIPA 2017 yang  diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional serta Dies Natalis Unesa ke-53. Peringatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap perlindungan dan pelestarian puspa dan satwa. Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pertama kali dimulai pada tahun 1993 berdasarkan Kepres Nomor 4 tahun 1993 yang diandatangani langsung oleh Presiden Soeharto. Hari cinta puspa dan satwa nasional secara nyata hanya diperingati oleh kalangan  aktifis lingkungan saja. Banyak di kalangan pelajar serta mahasiswa yang belum mengetahui hari cinta puspa dan satwa nasional, sehingga menyebabkan  kurangnya kesadaran dan sikap kurang peduli pada keberadaan puspa dan satwa. peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional seringkali tidak ditunjukkan dengan kegiatan nyata. Pada umumnya kegiatan peduli lingkungan ketika peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional tidak dilakuan secara berkala atau tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu masih banyak pemikiran bahwa sebuah aksi untuk cinta puspa dan satwa harus ikut terjun langsung di lapangan, namun sebenarnya kita dapat melakukan hal-hal kecil yang berarti sebagai aksi kepedulian akan keberadaan puspa dan satwa.

Dalam seminar nasional lingkungan Eco Campus FMIPA Unesa berkerjasama dengan KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Jawa Timur) dan terdapat 3 pemateri, diantaranya yaitu :

  1. Dyan Prasetyaningtyas, St. selaku kepala seksi pembinaan dan peningkatan kapasitas Lingkungan Hidup-Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya.
  2. Arieh Mountara selaku Founder and Leader of Plant Biodiversity Club Biologi ITB, Komunitas Tambora Muda dan Komunitas Pemerhati Flora
  3. Mohammad Ansori selaku Wildlife Videografer, Mountaian Dive Guide and Underwater dan Manager Unit Production Alam Liar,
  4. Mohammad

Dalam Seminar ini terdapat 180 peserta dan 70 undangan dari guru SMA seSurabaya serta berbagai organisasi dan komunitas pemerhati lingkungan. Seminar ini di buka Langsung oleh Wakil Dekan III FMIPA Unesa bapak Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd.dan dihadiri oleh pembinan Eco Campus FMIPA ibu Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si. Dalam Seminar ini juga terdapat persentasi dari Finalis Lomba Mural dan Penyerahan Tropy serta hadiah kepada Finalis Lomba Mural.