RAPAT KERJA JURUSAN FISIKA SEMESTER GASAL 2017/2018

Rapat kerja Jurusan Fisika FMIPA UNESA yang dilaksanakan dari tanggal 29 hingga 30 September 2017 bertempat di Hotel Sun Sidoarjo ini mengabil tema “Reviiew Internal Kinerja Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai Penguatan Mutu, Operasionalisasi ISO, dan Peningkatan Akreditasi Program Studi”. Pada rapat ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan dan dosen Jurusan Fisika, dimana dalam agenda kegiatanya terbagi menjadi empat bagian yaitu: (1) pembukaan kegiatan beserta arahan kegiatan dari perwakilan pimpinan fakultas dan pimpinan jurusan, (2) pemberian materi dari nara sumber, (3) workshop program kerja terbagi dalam tiga bidang, (4) Pemaparan hasil workshop pada masing-masing bidang sekaligus memperoleh masukan dari seluruh peserta rapat. dan diakhiri penutupan.

IMG-20170929-WA0013

Kegiatan rapat kerja jurusan fisika ini dibuka oleh Wakil Dekan 1 FMIPA UNESA (Prof. Dr. Madlazim, M.Si) dengan menyampaikan arahan, dimana penyempurnaan kurikulum yang ditujukan untuk memperoleh lulusan yang kompeten seyogyanya pada perencanaan, pelaksaanaan dan evaluasi dalam kegiatan perkuliahan tidak hanya fokus pada ranah pengetahuan tetapi juga harus memperhatikan ranah sikap dan keterampilan secara berimbang. Sementara itu arahan dari Ketua Jurusan Fisika (Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.) dalam kegiatan workshop ini harus diarahkan pada peningkatan kegitan tridarma perguruan tinggi dimana semua kegiatan harus tersingkronisasi. Bapak Ketua Jurusan mengarahkan pembahasan workshop bisa dilakukan pada masing-masing tiga bidang tri darma perguruan tinggi sebagai berikut:
(1) Kegiatan bidang I: mengevaluasi proses implementasi Kurikulum 2015, sinkronisasi kegiatan ISO dan AMI dengan kegiatan Akreditasi BAN PT, setra formulasi uji kompetensi mahasiswa yang berkelanjutan pada setiap jenjang semester.
(2) Kegiatan bidang II: perlu dibentuknya rumpun keilmuan, Rood Map Penelitian / Focus Group Research (FGR) yang mendorong dosen untuk melakukan penelitian pada bidang keahlian dan melakukan pulikasi pada seminar dan jurnal bereputasi (terindek scopus)
(3) Kegiatan bidang III: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat harus mengacu pada hasil penelitian yang telah dilakukan dan sejalan dengan kebutuhan akreditasi Prodi. Evaluasi terhadap semua kegiatan kemahasiswaan agar terjadi singkronisasi antara kegiatan HMJ dan kegiatan Jurusan.

2. Rapat Jurusan Meja 2
Pada saat kegiatan workshop semua peserta dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan kompetensi yang dimiliki yaitu: Kelompok Bidang I (Kurikulum dan Pengajaran), Kelompok Bidang II (Penelitian dan Pengembangaan keilmuan) dan Kelompok Bidang III (Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kemahasiswaan). Para peserta pada masing-masing kelompok dengan intens berdiskusi bertukar pendapat untuk mendapakan rumusan yang tepat terkait pada bidang masing-masing. Setelah diperoleh hasil rumusan pembahasan setiap bidang perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya dalam forum pleno dan pada forum ini diperoleh masukan-masukan dari kelompok lain sehinggga diperoleh rencana kegiatan masing-masing bidang yang lebih sempurna. Sebagai hasil akhir dari kegiatan workshop masing-masing kelompok bidang mengumpulkan draf dokumen rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada pimpinan jurusan.

4. Rapat Jurusan Narasumber
Kegiatan rapat kerja dilanjutkan pada Minggu pagi dengan acara mendengarkan paparan narasumber dan diskusi dalam pengembangan kurikulum dan akreditasi yang disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Arief Hidayat, M.Si. dari Universitas Negeri Malang. Dalam pemaparanya Prof. Arief lebih cenderung menyampaikan menyampaikan pengalamannya dalam menembangkan Kurikulum yang ada di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang dan mempersilahkan adanya pertanyaan pada saat pemaparan, hal ini membuat suasana sangat komunikatif antara pembicara dan peserta workshop. Diskusi yang terjadi cenderung bersifat shearing best practice yang telah dilakukan oleh pembicara (Jurusan Fisika UM) dan peserta (Jurusan Fisika UNESA). Pada sesi paparan narasumber ini juga disampaikan proses pengembangan kurikulum yang ada di UM dan beberapa contoh dokumenya sehingga sangat bermanfaat sebagai studi komparasi.

3. Rapat Jurusan Bersama P Arif
Kegiatan ini selanjutnya diakhiri dengan evaluasi pelakasanaan kegiatan dan rencana tindak lanjut terhadap hasil workshop yang telah dicapai. Sebagai kegiatan penutup kegiatan ini ditutup dengan doa yang dipimpin Ketua Jurusan Fisika dengan harapan semogga hasil Rapat Kerja Jurusan Fisika ini dapat diimplementasikan dan memberikan dampak kemajuan yang signifikan bagi Jurusan. Amin.

Leave a Comment