Workshop Pembuatan Media Pembelajaran IPA dan Evaluasi Berbasis IT bagi Guru-Guru IPA SMP di Bojonegoro

Pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2017 telah dilaksanakan workshop pembuatan media pembelajaran IPA dan evaluasi berbasis IT oleh tim PKM Jurusan Fisika, yaitu Ibu Endah Rahmawati, Bapak Imam Sucahyo, Bapak Z.A Imam Supardi, dan Ibu Nurita A. Lestari, bagi guru-guru IPA di Bojonegoro. Kegiatan workshop seharusnya dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu IN-1, ON, dan IN-2. Tahapan pertama, IN-1 telah dilaksanakan di Jurusan Fisika FMIPA UNESA dengan mengundang guru-guru dari tim MGMP IPA Bojonegoro sebanyak 80 orang. Materi yang diberikan pada tahap ini diantaranya adalah Bedah Kisi-kisi Soal UAS IPA dan Instalasi software iSPRING serta Penyusunan Soal Latihan UAS IPA SMP.

Antusiasme peserta workshop sangat bagus, bahkan masing-masing individu berusaha untuk dapat menggunakan software iSPRING dalam penyusunan soal. Meskipun sebelumnya direncanakan penyusunan soal dilakukan secara berkelompok. Kegiatan workshop juga dihadiri oleh Bapak Alimufi Arief sebagai undangan untuk memberikan sambutan kepada para peserta dari Bojonegoro.

1

2

Agenda selanjutnya adalah tahapan ON yang dilaksanakan di Bojonegoro dimana guru-guru berlatih secara mandiri untuk membuat paket soal evaluasi berbasis IT yang nantinya akan dipresentasikan saat tahapan IN-2. Tahapan IN-2 dilaksanakan pada tanggal 11 November 2017 dimana tim PKM Jurusan Fisika bertandang ke Bojonegoro untuk melakukan evaluasi hasil pembuatan soal menggunakan software iSPRING. Acara dilaksanakan di State Integrated Model School, Jl Raya Sukowati, Kapas, Bojonegoro. Materi yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah terkait dengan penerapan Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2017, pembahasan paket soal IPA yang telah dibuat oleh guru-guru, dan pemantapan pelatihan penyusunan soal menggunakan software iSPRING. Berdasarkan hasil pengamatan pada kegiatan tersebut, guru-guru terlihat antusias dalam mengikuti keseluruhan materi, khususnya pada tahapan pelatihan penyusunan soal menggunakan iSPRING.

3

4

Diharapkan melalui kegiatan workshop seperti ini dapat meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam menyusun soal menggunakan media evaluasi berbasis IT serta membangun jejaring kerjasama yang lebih luas antara Jurusan Fisika Unesa dengan stakeholder. (nal)

5

Leave a Comment