UPGRADING

Upgrading adalah suatu kegiatan peningkatan kualitas softskill pengurus suatu organisasi. Kualitas softskill inilah yang dapat menjadi tolak ukur dalam kesusksesan suatu organisasi. Kesusksesan suatu organisasi dapat dilihat dari kesolidan dan sinergi antara pengurus inti dengan pengurus harian. Dalam rangka meningkatkan keakraban dan membentuk kesolidan pengurus, himpunan mahasiswa jurusan kimia (HMJ KIMIA) 2017 mengadakan kegiatan Upgrading kimia UNESA pada hari selasa – rabu tanggal 25 – 26 Juli 2017 di Villa Damar Sewu, Pacet Mojokerto. Adapun tema dari Upgrading kali ini adalah “ growth the spirit of organization with the solidarity  againts the limits” dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat dalam berorganisasi serta meningkatkan solidaritas diantara sesama pengurus HMJ KIMIA 2017 baik dalam setiap Departemen maupun secara keseluruhan.

Keberangkatan menuju lokasi yang bertempat di Pacet pada hari selasa, 25 Juli 2017 pukul 07.00 WIB. Semua pengurus berkumpul di sekretariat ormawa kimia ( SO KIMIA). Sebelum keberangkatan semua pengurus HMJ Kimia melakukan doa bersama yang di pimpin oleh Ketua HMJ KIMIA dengan harapan agar diberikan perjalanan yang lancar.

Sesampainya di lokasi, perwakilan sie acara memandu semua pengurus HMJ terkait dengan pembagian kamar, setelah itu semua pengurus HMJ kimia berkumpul di depan Villa Damar Sewu untuk melakukan pembukaan Upgrading. Pembukaan Upgrading di buka dengan sambutan dari ketua HMJ KIMIA Serta ketua pelakasana Upgrading 2017 yang di dampingi sie acara dan demisioner yaitu Praditha Ramadhani dan Atifatur Rahma Fardani. Acara berlanjut dengan pembagian tim yang di sampaikan oleh sie acara kepada peserta Upgrading 2017.

Setelah semua peserta berkumpul dengan tim nya masing – masing acara upgrading dilanjutkan dengan jelajah siang yang di bagi menjadi beberapa pos. Di pos pemberangkatan semua tim di beri tugas untuk mencari 5 bola sesuai dengan warna tim masing – masing.  Pada setiap bola terdapat petunjuk yang dapat di gunakan untuk menggabungkan suatu kalimat yang harus di hafalkan di depan sie acara dan demisioner sebagai syarat untuk menuju pos berikutnya. Selanjutnya di pos satu semua tim di beri tugas untuk  mencari tunas bambu sesuai contoh dari sie acara. Di pos yang kedua semua tim diberi tugas untuk menyusun puzzle. Dan di pos terakhir semua tim di beri tugas untuk mencari kelereng di dalam sungai. Adapun esensi dari jelajah siang ini adalah terdapat 3 hal yaitu untuk menjaga komitmen, komunikasi, dan menejemen waktu yang baik.

Pada sore harinya peserta mendapatkan materi tentang komitmen, komunikasi, dan menejemen waktu dari demisioner, tak hanya materi saja kita juga bisa sharing mengenai kesulitan yang di hadapi dalam menjalankan program kerja di HMJ KIMIA. Pada malam harinya, ada acara malam keakraban yang meliputi: api unggun, penampilan pensi dari setiap kelompok dan ice breaking. Malam tersebut berjalan sangat meriah dan seru sampai waktu tidak berasa sudah sangat malam sehingga malam keakraban tersebut di akhiri, dan semua peserta kembali ke kamarnya masing – masing.

Di hari kedua pukul 08.00 pagi, dilakukan kegiatan outbound yang dipandu oleh demisioner. Permainan pertama yaitu permainan ular seribu, semua tim harus menutup matanya dan ada perwakilan satu orang dari setiap tim yang memandu timnya untuk mencari botol. Setelah botol di dapatkan, botol tersebut dipasangkan diatas kepala untuk memindahkan air dari satu orang ke orang yang lain dan dipindahkan ke botol terakhir sampai bola yang ada di dalmnya keluar. Permainan kedua yaitu melempar bola dengan jarak jauh atau jarak terdekat dengan cara di undi. Tim yang mendapatkan undian jarak jauh harus melempar bola dengan mata tertutup dengan penangkap bola mata terbuka. Sedangakn Tim yang mendapatkan undian jarak terdekat melempar bola dengan mata terbuka dengan penangkap bola mata tertutup. Lalu di lanjutkan dengan mengikat tali di setiap kaki peserta dalam satu tim untuk melewati rintangan tali yang telah disediakan. Adapun esensi dari otbound ini adalah kepercayaan, komunikasi, kejujuran, dan kekompakan.

Acara penutupan dilakukan dengan sharing demisioner. Kita di beri bekal untuk memaksimalkan progja – progja yang akan di hadapi berikutnya. Serta sharing – sharing pengalaman selama di HMJ KIMIA. Tidak terasa waktu begitu cepat, hingga waktu menunjukan pukul 14.00 WIB maka mau tidak mau acara upgrading ini harus di tutup. Sebelum acara upgrading di tutup dilakukan sesi foto bersama semua anggota HMJ KIMIA 2017 dan sesi foto setiap departemen.

Dengan adanya kegiatan upgrading ini di harapkan semoga  dapat menumbuhkan semangat dalam berorganisasi serta meningkatkan solidaritas diantara sesama pengurus HMJ KIMIA 2017 dengan lebih baik dan yang terpenting dapat memajukan dan mengharumkan nama HMJ KIMIA UNESA dan Indonesia tentunya. Sampai jumpa di upgrading 2018 guys,,,,  KIMIA SATU HATI!!!!!!

UPGRADING 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *