OLIMPIADE KIMIA UNESA 2017

Olimpiade Kimia Unesa 2017 merupakan program kerja terbesar dari HMJ Kimia Unesa. Program kerja ini dinaungi oleh Departemen Penalaran Ilmiah. Olimpiade Kimia Unesa 2017 merupakan Olimpiade Kimia tingkat SMA/MA/Sederajat se-Jawa Bali dan Terbuka, yang bertema “Explore Your Ability To Be A Great Chemist”. Pendaftaran kegiatan ini sudah dibuka tanggal 1 Mei – 24 September 2017 dengan 2 cara pendaftaran yaitu melalui online maupun offline. Babak penyisihan Olimpiade Kimia Unesa 2017 dilaksanakan pada tanggal 24 September 2017 di 13 rayon secara serentak. 13 rayon tersebut adalah Bali, Banyuwangi, Jember, Pasuruan, Madura, Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Kediri, Madiun, Solo, D.I.Y Yogyakarta dan Bandung. Babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2017, pada babak semifinal ini diambil 25 tim yang pengambilannya berdasarkan pada setiap rayon. 25 tim tersebut akan melaksanakan babak final dan diambil 5 tim untuk masuk ke babak final. Kegiatan Olimpiade Kimia Unesa ini berjalan dengan lancar dan sukses, dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti yaitu sebanyak 1.510 tim yang tersebar di 13 rayon. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari perjuangan panitia dan semangat dalam menjemput bola dalam mencari peserta. Pada saat babak penyisihan peserta diharap melakukan registrasi terlebih dahulu, karena peserta yang berada di rayon pusat yaitu Surabaya lebih banyak maka panitia membuat system registrasi ular-ularan dan menyediakan lebih dari 1 lokasi registrasi hal ini bertujun supaya antrian tertata rapid an mempercepat dalam proses registrasi.

Kemudian 25 peserta yang melakukan registrasi pertama diajak ke gedung D1 FMIPA Unesa sebagai perwakilan dalan pembukaan acara Olimpiade Kimia Unesa 2017. Pada acara pembukaan Olimpiade Kimia Unesa 2017 mengundang Rusly Hidayah, S.Si, M.Si sebagai dosen Pembina HMJ  Kimia Unesa yang membuka kegiatan Olimpiade Kimia Unesa 2017, kemudian sambutan selanjutnya dari Ketua Pelaksana Olimpiade Kimia Unesa 2017 yaitu Anggi Putra Dharmawan.

Selesai acara pembukaan peserta diminta kembali dan masuk keruangan masing – masing yang telah disediakan menurut nomer peserta. Gedung yang digunakan dalam Olimpiade Kimia Unesa semua gedung FMIPA dan gedung FT yaitu A1. Banyak sekali keuntungan yang didapat dari mengikuti kegiatan Olimpiade Kimia Unesa 2017 ini selain medapatkan pengalaman mengikuti olimpiade, semua peserta main yang lolos maupun tidak lolos tetap mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut juga sudah setara dengan olimpiade kimia nasional. Selain itu banyak fasilitas yang didapatkan  antara lain sticker, map, blocknote, key holder, goodie bag, makan siang, minum dan snack. Pada saat pengerjaan soal babak penyisihan peserta bisa langsung menggambil sertifikat di lokasi registrasi. Pengumuman kelolosan dan hasil nilai di umumkan 5 hari setelah pelaksaan olimpiade kimia Unesa yaitu tanggal 29 September 2017 melalui web olimpiade kimia Unesa.

Babak Semifinal dan final dilaksanakan 2 minggu setelah pelaksanaan babak penyisihan. Babak Penyisihan juga berlangsung dengan lancar, mengundang Prof. Dr. Suyatno, M.Si. sebagai Dekan FMIPA Unesa yang memberikan sambutan dalam pembukaan acara semifinal dan final.

Pada babak semifinal peserta harus mengerjakan soal untuk mementukan dalam memilih 5 tim yang masuk ke babak selanjutnya yaitu final.

Pengerjaan soal selesai peserta diajak memainkan game sambil menunggu pengumuman. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung D1 FMIPA Unesa. Kegiatan ini menarik dan membuat peserta merasa terhibur terlihat mereka antusias sekali untuk ikut dalam game ini.

Ketika peserta yang lolos final diumumkan kembali raut wajah para peserta menjadi panik dan tegang, mereka terlihat berdoa berharap tim mereka yang bisa masuk final. Kemudian 5 tim tersebut dipanggil dan maju kedepan, untuk yang belum lolos bisa tetap tinggal untuk melihat acara final sambil menunggu pembagian sertifikat semifinalis. Peserta yang lolos final diberikan waktu terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal-soal final. Ada beberapa tahap babak yang harus dilewati peserta final, babak yang pertama adalah babak praktikum. Pada setiap meja telah disediakan seperangkat alat-alat praktikum yang berbeda-beda, ada laju reaksi, kesadahan air dll. Setelah peserta melaksanakan percobaan praktikum dan mengamati kemudian juri memberikan pertanyaan setiap tim terhadap apa yang telah mereka kerjakan pada praktikum tersebut. Babak kedua adalah Tebak konsep, pada layar LCD telah disediakan beberapa konsep, tim yang bisa menjawab konsep tersebut mendapatkan poin.

Babak ketiga adalah babak Estafet, dimana setiap anggota tim bergantian dalam menjawab soal-soal yang ada pada layar LCD dengan waktu yang telah ditentukan. Kemudian menekan bel apabila sudah menemukan jawaban yang mereka yakini benar. Yang empat adalah tebak adu cepat bertingkat, pada babak ini mengutamakan kecepatan setiap tim dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Kelima adalah babak Pertaruhan yaitu setiap tim mempertaruhkan nilai yang diperolehnya, bisa mempertaruhkan setengah nilainya atau bahkan lebih. Setelah kelima babak ini dilewati oleh peserta final akhirnya pun ditemukan pemenangnya berdasarkan perolehan poin terbanyak yang telah mereka kumpulkan.

Juara 1 yaitu Immanuel Giustino Prasetio dan Wielly Halim dari SMAK PETRA 1 SURABAYA.

Juara 2 peserta dari SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO yaitu Dimas Setyanto dan Muhammad Salman Al Kahfi.

Juara 3 yaitu Andrew Ivan S dan Handy Budiman S dari SMAK ST LOUIS 1 SURABAYA.

Juara harapan 1 berasal dari SMAK SANTO PAULUS JEMBER yaitu Felicia Angela Handoko dan Cynthia Shella Saphira.

Juara harapan 2 dimenangkan oleh peserta dari SMA DARUL ULUM UNGGULAN BPP-T JOMBANG yang bernama Fatimatus Zahra dan Nidatul Syarifah.

Para pemenang Olimpiade Kimia Unesa tersebut diundang dalam acara Gala Dinner bersama Pemerintah Kota Surabaya di Rumah Dinas Walikota Surabaya. Acara tersebut merupakan undangan dari Walikota Surabaya, meski pada saat acara berlangsung Walikota Surabaya tidak dapat hadir karena ada acara diluar negeri namun, acara tetap berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.  Penyambutan pada acara tersebut sangat meriah dengan penampilan para penari dan penyanyi yang menghibur para tamu. Setelah acara Dinner selesai karena adanya kerbatasan waktu maka acara harus diakhiri dengan sesi foto bersama 5 besar Olimpiade Kimia Unesa 2017.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *