KUNJUNGAN ORMAWA 2016

Sabtu, 15 Oktober 2016 jajaran pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melakukan kunjungan ke Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika Universitas Brawijaya, salah satu universitas ternama di Indonesia. Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika atau yang biasa disebut dengan HIMAMASTA ini merupakan salah satu organisasi mahasiswa (ormawa) di Universitas Brawijaya. Di Universitas Brawijaya sendiri, khususnya di Jurusan Matematika dan Statistika terdapat 3 lembaga ormawa, HIMAMASTA yang merupakan ormawa selingkup jurusan, Lismatika (Lingkaran Mahasiswa Matematika) yang merupakan ormawa yang menaungi program studi matematika dan terdapat juga ormawa yang menaungi program studi statistika.
Selain kunjugan ke HIMAMASTA Universitas Brawijaya, HMJ Matematika UNESA juga melakukan kunjungan ke HMJ Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional (ITN), Malang. HMJ Teknik Informatika ITN merupakan salah satu ormawa selingkup jurusan di kampus berbasis teknologi tersebut.
Terdapat beberapa perbedaan antara HMJ Matematika UNESA dengan HIMAMASTA maupun dengan HMJ Teknik Informatika ITN, terutama pada pembagian divisi masing-masing himpunan. Jika di HMJ Matematika terbagi menjadi BPH (Badan Pengurus Harian) dan 7 divisi, yaitu divisi PSDM, Humas, Keilmuan, Kewirausahaan, Seni dan Olahraga, Kerohanian, dan Advokasi dan HAM, maka di HIMAMASTA hanya terdapat BPH dan 5 divisi, yaitu divisi Pembinaan Anggota, Media dan Kerjasama, Minat dan Bakat, Dana dan Fasilitas, dan Penelitian dan Pengembangan. Sedangkan di HMJ Teknik Informatika ITN terdapat BPH dan 4 divisi, yaitu divisi Riset dan Teknologi, Minat dan bakat, Kesejahteraan Masyarakat, dan Humas.
Meskipun pembagian divisi berbeda-beda, tugas pokok dan fungsi yang didapat hampir sama. Sehingga selama kegiatan kunjungan berlangsung, HMJ Matematika UNESA masih dapat melakukan diskusi dan sharing mengenai tugas pokok dan fungsinya maupun program kerja masing-masing. Kegiatan diskusi yang dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam ini dilakukan perdivisi menyesuaikan dengan divisi yang ada di HIMAMASTA atau HMJ Teknik Informatika ITN.
Banyak sekali manfaat dan masukan yang didapat oleh masing-masing ormawa terutama HMJ Matematika UNESA dari kegiatan diskusi atau sharing di kunjungan ormawa ini. Masukan-masukan yang didapat dapat diterapkan pada kinerja HMJ Matematika UNESA kedepannya. Melihat banyaknya manfaat yang didapat selain adanya masukan-masukan maupun saran, masing-masing ormawa juga dapat menjalin hubungan lebih baik agar kedepannya dapat bekerjasama lebih baik lagi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kegiatan kunjungan ormawa ini perlu ada untuk dapat meningkatkan kualitas kerja pengurus HMJ Matematika UNESA.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *