Kunjungan Mahasiswa ke SMAN 3 Surabaya dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

sman-3-surabaya

SMAN 3 Surabaya

Pada hari Jum`at tanggal 21 Oktober 2016 dan 28 Oktober 2016, mahasiswa jurusan kimia program studi pendidikan kimia angkatan 2013 melakukan kunjungan ke SMAN 3 Surabaya dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam rangkaian mata kuliah manajemen sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui terkait tugas-tugas kepala sekolah sebagai pemimpin yang menjalankan manajemen di sekolah. Kepala sekolah di SMA Negeri 3 Surabaya yang saat ini menjabat adalah Ibu Dra. Nuri Maria Ulfa, M.Pd dan Kepala sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang saat ini menjabat adalah Bapak Astajab, S.Pd., M.M yang merupakan alumni dari jurusan kimia Universitas Negeri Surabaya.

Sebelum menjadi kepala sekolah Ibu Nuri ini menjabat sebagai guru kimia, namun pada akhirnya terpilih menjadi Kepala Sekolah di SMA Negeri 3 Surabaya karena memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh LP2KS. Menurut beliau, proses menjadi kepala sekolah cukup panjang yaitu harus melewati berbagai tes yaitu tes online, tes psikologi, tes kehindupan sosial dan beliau memenuhi indikator-indikator penilaian yang diharapkan, sehingga mendapatkan jabatan sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 3 Surabaya. Beliau menyebutkan untuk tes kehidupan sosial sangat tiak bisa diprediksi. Hal tersebut dikarenakan pihak selektor menilai tidak hanya tindak tanduk di sekolah saat menjadi pengajar, melainkan dilakukan pengamatan hingga kehidupan bermasyarakat di lingkungan beliau tinggal.

Bapak Astajab juga melalui proses yang panjang untuk menjadi kepala sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Ada beberapa tes untuk menjadi kepala sekolah. Tes pertama adalah tes administrasi. Kemudian psikologi, wawancara, Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Untuk tes wawancara, semua calon akan diuji tentang pengetahuan umum, dan juga tentang manajemen sekolah. SMAMDA adalah sebuah sekolah Islam, tentu saja semua calon harus memahami tentang islam dan Muhammadiyah.Mahasiswa juga mendapatkan gambaran tentang cara memimpin sekolah dan bagaimana kepala sekolah dapat melakukan analisis SWOT untuk memajukan sekolah dan mengambil nilai positif dari karakter yang dimiliki oleh Bu Nuri dan Pak Astajab. Semogakunjungan ini menjadikan mahasiswa lebih bersemangat dalam mengikuti perkuliahan manajemen sekolah dan dapat menjadi pemimpin atau kepala sekolah di masa mendatang.

 

 

Leave a Comment