KUNJUNGAN INDUSTRI MAHASISWA KIMIA KE PT. BATARA ELOK SEMESTA TERPADU

untitledPada hari Kamis 24 November 2016, mahasiswa jurusan kimia khususnya kelas Pendidikan Kimia U angkatan 2014 melakukan kunjungan industri ke PT. Batara Elok Semesta Terpadu. Kunjungan industri ini merupakan salah satu kegiatan dari mata kuliah Inorganic Chemistry II. Kunjungan mahasiswa kimia kelas PKU 2014 ke PT. Batara Elok Semesta Terpadu yang berada di Gresik didamping oleh 2 dosen Inorganic Chemistry yaitu ibu Kusumawati DwiningsihS.Pd., M.Pd. dan Ibu Dina Kartika MaharaniS.Si., M.Sc..Kunjungan industri ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengolahan bahan anorganik pada skala industri, sehingga teori-teori yang telah dipelajari dapat diterapkan di lapangan.

Kedatangan mahasiswa jurusan kimia disambut oleh HRD dan manager produksi dari PT. Batara Elok Semesta Terpadu. Pak Aloy yaitu HRD dari perusahan tersebut menjelaskan bahwa produk utama dari PT. Batara Elok Semesta Terpadu adalah minyak goreng dari kelapa sawit. Selain itu juga menghasilkan biodisel yang mulai pada bulan november. Kemudian manager produksi dari perusahaan tersebut menjelaskan bagaimana proses produksi minyak kelapa sawit dari Physical Refining Process hingga Fractination Process (Palm Oil).

Produk yang dihasilkan PT. Batara Elok Semesta Terpadu meliputi RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil) yang dibagi menjadi dua yaitu RBDPStearin (Refined Bleached Deodorized Palm Stearin dan RBDPOlein (Refined Bleached Deodorized Palm Olein), bungkil, PFAD (Palm Fatty Acid Acid Distillate), RBDPKO (Refined Bleached Deodorized Palm Kernel Oil, PKFAD (Palm Kernel Fatty Acid Acid Distillate. Produk yang telah dihasilkan oleh PT. Batara Elok Semesta Terpadu selanjutnya dilakukan pengujian oleh bagian QC (Quality Control) yang meliputi pengujian Free Fatty Acid (FFA), Peroxide Value (PV), warna, moisture content, Cloud Point (CP), dan Iodine Value (IV).

Selama proses pengolahan minyak CPO dihasilkan juga limbah. Limbah yang dihasilkan berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat berupa sisa kemasan, blotong, dan limbah B3. Pengolahan limbah padat disalurkan ke pihak lain yang mempunyai izin. Untuk limbah cair dialirkan ke IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah). Namun, untuk limbah cair sisa pelumas dikirim ke pengolahan limbah B3 berizin. Pengembangan dan pemasaran produk minyak goreng yang dimiliki oleh PT. Batara Elok Semesta Terpadu adalah untuk diekspor dan beberapa pasar lokal. Pasar ekspor telah menjangkau negara-negara di kawasan Afrika, Timur Tengah dan Cina. Umumnya konsumen PT. Batara Elok Semesta Terpadu adalah pabrik-pabrik, perusahaan lain, atau agen-agen di bidang kosmetik, bahan kimia, dan makanan.

Setelah menjelaskan proses produksi minyak goreng kelapa sawit, manager produksi dari perusahaan tersebut mengajak mahasiswa dan dosen untuk melihat secara langsung proses produksi. Mahasiswa hanya diperkenankan mengunjungi bagian produksi, karena pada bagian pengolahan limbah terlalu berbahaya dan harus mengikuti prosedur keamanan yang sangat ketat. Pada pukul 10.30 , tur mengelilingi pabrik pun telah usai.

Banyak ilmu yang didapat setelah melakukan kunjungan industry ini. Diharapkan dengan kunjungan indusri ini mahasiswa tidak hanya mengetahui teori-teori yang didapat saat perkuliahan di kelas, namun bisa paham bagaimana teori tersebut diterapkan di lapangan/skala industri.

Leave a Comment