SELEKSI TIM OLIMPIADE JURUSAN KIMIA 2017

Pada hari Jumat, tanggal 17 Februari 2017 dilaksanakan seleksi peserta tim olimpiade kimia 2017. Seleksi ini dilaksanakan di gedung Kimia ruang C50108. Kegiatan seleksi tim olimpiade kimia 2017 ini diikuti oleh mahasiswa program studi kimia dan pendidikan kimia angkatan 2015 dan 2016. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi ini adalah 29 mahasiswa. Kegiatan seleksi peserta tim olimpiade kimia 2017 ini bertujuan untuk memilih mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik untuk mengikuti ajang olimpiade, seperti ONMIPA atau olimpiade yang lain.

Suasana saat seleksi sedang berlangsung

 Suasana saat seleksi sedang berlangsung

Kegiatan seleksi ini dibuka oleh pembina tim olimpiade kimia jurusan kimia, Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd. Selanjutnya dilakukan pembagian soal kepada seluruh peserta seleksi. Pengerjaan soal dimulai dari pukul 15.30 sampai 17.00.  Adapun dalam seleksi ini terdapat 5 soal yang diujikan. Pada saat pengerjaan soal, terlihat bahwa peserta mengerjakan soal-soal yang diujikan dengan sungguh-sungguh.

Hasil dari seleksi ini akan dipilih 5 mahasiswa yang memperoleh nilai tertinggi. Mahasiswa yang terpilih tersebut akan tergabung dengan tim olimpiade kimia Jurusan Kimia bersama dengan mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 yang terpilih pada seleksi di tahun sebelumnya. Selanjutnya tim olimpiade kimia ini akan melaksanakan bimbingan bersama dengan dosen-dosen yang mengampu bidang Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Organik, dan Kimia Anorganik. Dalam jangka waktu terdekat, akan diadakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT)  2017 oleh Kemristekdikti. Sebelum pelaksanaan seleksi wilayah ONMIPA-PT, Universitas Negeri Surabaya melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan mengadakan seleksi untuk memilih 3 mahasiswa terbaik yang akan mewakili Unesa pada seleksi tingkat wilayah. Oleh karena itu, peserta yang lolos dari seleksi tim olimpiade kimia 2017 akan dibimbing untuk mempersiapkan seleksi tingkat universitas tersebut. Melalui kegiatan seleksi ini, diharapkan dapat memunculkan calon-calon mahasiswa berprestasi yang dapat mengharumkan nama Universitas Negeri Surabaya, khususnya di bidang kimia.

Leave a Comment