Trik Lulus dengan Masa Studi Tercepat dan IPK Terbaik

Setiap mahasiswa pasti ingin lulus, apalagi lulus dengan masa studi tercepat, hanya 3,5 tahun dengan IPK terbaik. Betul? Betul 3x. Keinginan tersebut hanya akan menjadi impian jika tidak mempunyai trik untuk mencapainya. Oleh karena itu, ada baiknya kita belajar bagaimana lulusan terbaik FMIPA UNESA mewujudkan impiannya untuk lulus dengan IPK terbaik dan waktu tercepat.

Lulusan (yudisiawan) terbaik yang diyudisium pada tanggal 20 Januari 2017 adalah Ruth Ellen. Semoga pelajaran berharga darinya (seperti triknya) dalam mewujudkan impiannya, bisa diterapkan oleh mahasiswa lain. Sebelum membahas lebih jauh tentang trik suksesnya, mari kita kenal lebih dekat profil putri Bapak Achmad Cholili (almarhum) dan Ibu Nurhawaty ini.

Nama Ruth Ellen mungkin terasa asing bagi sebagian orang, karena jarang digunakan oleh orang jawa maupun madura. Ini wajar karena Ellen merupakan keturunan ayah Indonesia dan ibu Amerika. Nama Ruth diambil dari nama nenek nabi Daud, sedangkan Ellen artinya yang ditolong oleh Allah. Mahasiswi santun kelahiran tahun 1994 ini diterima di UNESA jurusan Kimia Kelas PKU angkatan 2013. Alhamdulillah, dengan kerja keras dan cerdasnya, akhirnya ia lulus dengan masa studi tercepat (7 semester) dengan IPK terbaik (3,80). Gak sabar ingin tahu triknya kan..? Yuk langsung aja kita bahas, trik mahasiswi yang berasal dari lawang ini untuk meraih impiannya.

  1. Belajar sesuai dengan gaya belajar yang disenangi. Ia senang membaca dan jadwal hariannya penuh dengan aktivitas membaca, seperti jam 4-5 membaca buku pelajaran, jam 6-7 membaca Al Qur’an, dan jam 7-10 malam mengerjakan tugas kampus. Bahkan ia bangun jam 3 pagi untuk solat malam dan subuh lalu membaca lagi sampai mau berangkat ke kampus. Ketika jam belajar, matikan Internet (supaya tidak terganggu dengan sosmed). Ketika sudah selesai baru baca sosmed.
  2. Kerjakan tugas dan ujian dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin agar dapat nilai yang maksimal.
  3. Aktif di kelas dengan bertanya dan menjawab pertanyaan. Tentunya supaya bisa bertanya dan menjawab harus sudah disiapkan sebelum perkuliahan.
  4. Jika ada masalah dengan teman bersabarlah dan tetap baik dengan mereka. Jika ada teman yang bertanya maka jawablah sebisa mungkin.

Selain sukses sebagai lulusan terbaik, Ellen juga sukses lolos seleksi Mentee LPDP. Ia mengikuti mentoring dari Awardee LPDP supaya bisa melanjutkan kuliah ke University of Cambridge atau The University of Manchester. Awalnya ia ingin kuliah ke Amerika, tapi karena suasana politik USA tidak menentu, apalagi sekarang dipimpin oleh presiden yang anti Islam sehingga ia tidak jadi melanjutkan ke USA, diganti ke Inggris.

Gadis yang mempunyai motto “Kesuksesan tidak dilihat dari seberapa besar mimpimu, tapi dilihat dari seberapa besar dirimu dalam meraih mimpimu”  memberi pesan untuk mahasiswa lainnya untuk belajar, berkarya dan aktif dalam kehidupan masyarakat. Ia aktif memberi les gratis di lingkungan sekitar kosnya.

Berbagai trik tersebut hanya akan menjadi trik di angan-angan kita, jika kita tidak berusaha melaksankannya. Oleh karena itu, menurut lulusan terbaik FMIPA UNESA tahun 2007 yang saat ini jadi dosen UNESA (Pak Samik, S.Si. M.Si.), lengkapi trik tersebut dengan DUIT (Kepanjangan dari Doa, Usaha, Islam (Agama) dan Tawakkal). Berdoalah kepada Allah, Berusahalah secara optimal, Laksanakan aturan agama dengan benar dan ikhlas, serta bertawakkallah kepada yang Maha Kuasa.

Semoga kita semua sukses mulia dunia akherat. Aamiin.

yudisiawan terbaik

Leave a Comment