SELEKSI PESERTA DEBAT BAHASA INGGRIS TINGKAT JURUSAN KIMIA 2017

Lomba Debat Bahasa Inggris Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNESA merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di lingkungan FMIPA UNESA. Kegiatan ini diikuti oleh peserta perwakilan masing-masing jurusan di lingkungan FMIPA UNESA, yakni jurusan Matematika, Biologi, Kimia, Fisika dan Prodi Pendidikan IPA. Lomba debat bahasa Inggris tingkat fakultas ini, sedianya pada tahun 2017 akan dilaksanakan tanggal 3 Maret 2017.

Dalam mempersipakan diri pada lomba debat tersebut, jurusan kimia membentuk tim khusus dalam mempersiapkan diri menuju lomba tersebut. Pembentukan tim khusus bertujuan untuk memantapkan dan memberikan pembinaan pada mahasiswa yang menjadi perwakilan jurusan kimia dalam lomba debat bahasa inggris tingkat fakultas tersebut. Berdasarkan diskusi antara kajur, sekjur, dan dosen pendamping mahasiswa, maka dibentuk tim seleksi peserta debat bahasa inggris yang terdiri dari dosen pendamping mahasiswa (Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd dan Mirwa Adiprahara Anggarani S.Si., M.Si) dan dosen pembina debat bahasa inggris (Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd dan Dina Kartika Maharani S.Si., M.Sc). Tim ini akan bekerjasama dalam mempersiapkan mahasiswa perwakilan jurusan kimia dalam lomba debat bahasa inggris tingkat fakultas.

Berdasarkan kesepakatan tim, maka dilakukan penjadwalan rangkaian kegiatan seleksi tingkat jurusan yakni sebagai berikut:

  1. Pendaftaran peserta seleksi lomba debat bahasa inggris: 9-14 Februari 2017
  2. Seleksi tingkat jurusan: 15 Februari 2017
  3. Pengumuman lolos seleksi: 16 Februari 2017
  4. Pembinaan: 17-24 Februari 2017
  5. Pengumuman perwakilan mahasiswa jurusan kimia dalam lomba debat bahasa inggris tingkat fakultas: 27 Februari 2017

Seleksi tingkat jurusan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Februari 2017 dilaksanakan di gedung Kimia ruang C50108. Kegiatan seleksi peserta lomba debat bahasa inngris ini diikuti oleh mahasiswa program studi kimia dan pendidikan kimia angkatan 2014 dan 2015. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi ini adalah 11 mahasiswa. Kegiatan seleksi peserta lomba debat bahasa inggris ini bertujuan untuk memilih mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik dan kemampuan mengemukakan serta mempertahankan pendapat untuk mengikuti lomba debat bahasa inggris di tingkat FMIPA tahun 2017.

1

Kegiatan seleksi debat bahasa Inggris tingkat jurusan

DariĀ  kegiatan seleksi tingkat jurusan, maka diperoleh 4 orang mahasiswa yang selanjutnya akan mengikuti pembinaan bersama dosen pembina debat bahasa Inggris. Selama masa pembinaan keempat orang mahasiswa tersebut akan dilatih dan digembleng dalam hal kemampuan berbahasa Inggris, berpendapat, dan mempertahankan pendapat.

2

Kegiatan pembinaan debat bahasa Inggris

Dari hasil kegiatan pembinaan ini, diharapkan dapat memunculkan calon-calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang lebih dalam berbahasa Inggris, serta dapat mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris dengan baik dan mempertahankannya. Untuk selanjutnya mahasiswa yang terpilih dapat mewakili jurusan kimia dalam lomba debat bahasa Inggris di Fakultas MIPA UNESA dan keluar sebagai pemenang.

Leave a Comment