KUNJUNGAN INDUSTRI Ke PT YAKULT INDONESIA

Pada tanggal 15 Mei 2017 dilakukan kunjungan industri pada pukul 09.00 WIB bertempat di PT Yakult Indonesia Persada yang berada di Ngoro Industri Persada Blok CC.1 Mojokerto. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa kelas PKA 2014 yang didampingi oleh BapakAchmad Lutfi, M.Pd sebagai dosen pengampu mata kuliah Kimia Anorganik. Kegiatan ini dilakukan dengan persiapan oleh panitia pada pukul 07.00 WIB dengan agenda registrasi dan persiapan. Titik kumpul sebelum berangkat menuju industri berada di depan gedung jurusan IPA (Gedung C12). Perjalanan dilakukan dengan menggunakan bus selama kurang lebih dua jam. Sesampainya di depan industri ternyata masih ada kunjungan dari instansi yang lainnya, sehingga rundown acara ditukar yaitu dengan makan siang terlebih dahulu kemudian perjalanan dilanjutkan kembali ke industri.

Sesampainya di tempaat tujuan, mahasiswa dan dosen pengampu diarahkan menuju aula yang telah disediakan oleh pihak PT Yakult Indonesia Persada. Di dalam aula tersebut, mahasiswa mendapatkan materi dan penjelasan mengenai proses produksi, pengemasan, distribusi, serta keuntungan mengonsumsi produk yakult bagi kesehatan. Yang bertugas memberikan materi adalah dua orang dari PT Yakult Indonesia Persada. Pemberian materi dilakukan dengan metode yang sangat menyenangkan sehingga seluruh peserta fokus mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pemateri. Kemudian setelah pemberian materi, mahasiswa dipersilahkan untuk meminum produk yakult yang diberikan saat memasuki aula. Seusai pemberian materi, mahasiswa diarahkan untuk melihat proses produksi mulai dari proses penumbuhan bakteri, uji kandungan gizi, proses pembuatan botol, proses pengolahan minuman yakult, proses pengemasan, pengecekan, dan pendistribusian. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan oleh mesin yang sangat steril. Selama melihat-lihat proses produksi minuman yakult, mahasiswa dibimbing oleh seorang tour guide dari PT Yakult Indonesia Persada.

Sambutan Bapak Ahmad Lutfi

               Sambutan Bapak Ahmad Lutfi

Produk yang dihasilkan oleh PT Yakult Indonesia Persada berupa minuman susu fermentasi yang merupakan minuman prebiotic dengan memanfaatkan bakteri Lactobacilus Casei Shirota Strain. Produk yakult merupakan produk yang dihasilkan oleh industri Jepang. Hingga saat ini pemilik industri Yakult masih berasal dari Jepang. Yakult mulai diproduksi di Indonesia pada tahun 1991 di Jakarta yang kemudian dipindahkan ke Sukabumi pada tahun 1997. Kemudian mendirikan pabrik kedua di Indonesia pada tahun 2014 di kompleks Ngoro Industri Persada Mojokerto.

Proses produksi minuman yakult dilakukan dengan menggunakan mesin berteknologi tingi. Tahapan proses produksi Yakult dilakukan dengan 7 tahapan, yaitu: proses pembuatan seed starter, proses pembuatan susu fermentasi, proses pembuatan sirup, proses mixing, proses ssterilisasi air, proses mixing 2, dan proses pengemasan dengan pembuatan botol sendiri yang jug dilakukan dengan mesin. Kemudian baru dilakukan proses pendistribusian. Komposisi yang ada dalam minuman yakult antara lain: susu bubuk skim, glukosa, bakteri lactobacillus casei Sirota strain, dan air. Distribusi yakult dilakukan dengan dua cara yaitu melalui yakult lady dan direct sales. Produk minuman yakult ini hanya dapat bertahan selama 40 hari dan harus disimpan sesuai dengan suhu penyimpanan yang ditetapkan oleh industri. Kemasan yakult didesain kecil agar setelah dibuka minuman segera diminum dan habis, sehingga minuman tetap steril hingga diminum. Dengan menetapkan motto “Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari” diharapkan masyarakat dapat memperoleh minuman sehat dengan harga yang terjangkau.

Dosen, Mahasiswa, Staf Yakult

              Dosen, Mahasiswa, Staf Yakult

Setelah berkeliling pabrik mahasiswa kembali ke aula untuk melanjutkan kegiatan tanya jawab. Pemateri memberikan kesempatan untuk 4 penanya dan 1 orang untuk memberikan kesan dan saran. Kegiatan diakhiri pada pukul 12.00 WIB dengan berfoto bersama dan pemberian kenang-kenangan.

Leave a Comment