Kurikulum

kurikulum1

FMIPA Unesa memiliki kurikulum yang relevan dengan perkembangan ipteks dan pasar kerja. Re levansi struktur kurikulum dapat dilihat dari produktivitas perkuliahan yang ditunjukkan dengan AEE (angka efisiensi edukasi) yang mendekati harga ideal. Ini berarti mahasiswa dominan lulus tepat waktu. Kesesuaian kurikulum dengan dunia kerja ditunjukkan dengan waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang kurang dari 6 bulan.

Struktur Kurikulum di FMIPA Unesa telah sesuai dengan keputusan Mendiknas RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan keputusan Mendiknas RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Kurikulum tersebut mempunyai lima kelompok matakuliah, yaitu Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Matakuliah Berkarya (MKB), Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Jenis Mata Kuliah

Jumlah SKS

MPK

12

MKK

90 -110

MKB

30-41

MPB

4

MBB

2

Total SKS wajib

144

Kurikulum di FMIPA Unesa bercirikan common ground, sejumlah matakuliah merupakan matakuliah bersama antara prodi pendidikan bidang-bidang MIPA dan prodi bidang-bidang MIPA. Penguasaan mahasiswa seluruh prodi pada matakuliah tersebut menjadi setara. Kurikulum ini juga bersifat fleksibel yang memungkinkan lulusan prodi pendidikan memperoleh gelar Sarjana Sains melalui program double degree dengan menempuh sejumlah matakuliah yang diatur oleh setiap jurusan, dan sebaliknya.

Kurikulum masing-masing prodi dievaluasi pertahun. Hasil evaluasi tersebut digunakan untuk pemutakhiran kurikulum yang dilakukan maksimum dalam 5 tahun sekali. Hal ini diperlukan agar kurikulum sesuai dengan orientasi pasar kerja. Pemutakhiran kurikulum biasanya dilakukan melalui lokakarya perbaikan kurikulum di fakultas yang berlanjut pada tingkat jurusan dengan mendatangkan para konsultan kurikulum.

Translate »