1.         Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru

Salah satunya adalah Math Academy Motivation (MAM) yang merupakan kegiatan motivasi khusus mahasiswa baru matematika dengan tujuan untuk membantu mengawali adaptasi di kampus.

Dokumentasi:

K1

2.         DUGEM (Diskusi Islami untuk Generasi Matematika)

Sebuah kajian Islam yang membahas sebuah topic tertentu yang sedang hangat dibicarakan. Kajian rutin ini dilaksanakan satu minggu sekali yaitu setiap hari kamis dan bertempat di serambi masjid Baitul Makmur Universitas Negeri Surabaya. Adapun sasaran dalam kegiatan kajian rutin ini adalah mahasiswa Matematika FMIPA Unesa. Kajian dimulai pukul 06.00 WIB oleh pemateri.

K2K3

 

 

 

 

 

3.         MaDe  In English (Mathematician Debate In English)

MaDe in English merupakan Lomba berupa debate bahasa Inggris. Sebelum perlombaan dilaksanakan diadakan TM (Technical Meeting) terlebih dahulu, TM diadakan satu bulan sebelumnya. Sasaran dalam kegiatan ini adalah warga matrika, min. 1 tim per kelas (1 tim terdiri dari 3 orang)

 

4.         Mamatoya (Mahasiswa Tentor Sebaya)

Mamatoya merupakan kegiatan belajar bersama kakak angkatan maupun dengan teman sendiri dengan catatan tentor tersebut telah menempuh mata kuliah yang dimaksud. Kegiatan ini dapat membantu matrika untuk meningkatkan dan menjaga indeks prestasi (IP). Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa matematika 2 angkatan termuda. Waktu pelaksanaan kegiatan ini yaitu satu bulan sebelum UAS.

 

5.         PPKTI (Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah)

Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah diadakan untuk menggerakkan mahasiswa matematika menjadi penulis yang aktif sehingga bisa mengharumkan nama Unesa ditingkat nasional hingga kancah internasional. Waktu pelaksanaan: bulan awal tahun pelajaran baru. Sasaran kegiatan ini adalah matrika khususnya untuk mahasiswa baru. Kegiatan ini berupa pengarahan kepada peserta tentang pembuatan PKM. Peserta akan dibimbing dan diarahkan untuk membuat kelompok 3-5 orang (minimal ada 3 angkatan yang berbeda), berikutnya akan dipantau perkembangan mereka dalam membuat PKM selama waktu pengerjaan ± 2 hari sekali, dan terakhir akan ada bimbingan tentang cara penguploadan PKM ke DIKTI.

 

6.         Dialog Terbuka

Dialog terbuka merupakan suatu Forum yang mempertemukan matrika dengan pihak birokrasi jurusan matematika. Dalam forum ini, mahasiswa matematika memilki kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada pihak birokrasi jurusan matematika.

 

7.         MMJ (Musyawarah Mahasiswa jurusan)

Musyawarah Mahasiswa Jurusan merupakan suatu kegiatan yang berisi Pelaporan Hasil dari seluruh program kerja HMJ Matematika dan pembahasan undang-undang ormawa yang akan diterapkan pada kepengurusan selanjutnya.

 

8.         PEMIRA (Pemilu Raya)

Pemilu raya merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memilih Ketua dan Wakil Ketua HMJ Matematika. Kegiatan ini berisi mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemilihan ketua dan wakil ketua HMJ Matematika yang meliputi pendaftaran calon ketua dan wakil ketua HMJ Matemaika, penyampaian visi dan misi dari calon ketua dan wakil ketua HMJ Matemaika, proses pemilihan secara langsung ketua dan wakil ketua HMJ Matemaika, sampai penetapan ketua dan wakil ketua HMJ Matematika.

 

9.         Rapat Evaluasi

Rapat evaluasi merupakan sebuah Rapat yang dilakukan dua kali selama satu periode kepengurusan (Rapat pertama mengevaluasi program kerja selama bulan Februari sampai Mei kemudian rapat kedua mengevaluasi program kerja bulan Juni sampai September kepengurusan HMJ Matematika). Kegiatan ini akan diisi dengan pemaparandan pelaporan LPJ dari kegiatan yang telah dilaksanakan selama 3 bulan terakhir oleh BPH HMJ Matematika FMIPA Unesa. Setelah pemaparan LPJ, terdapat sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, undangan dipersilakan memberikan komentar, saran, dan pertanyaan untuk LPJ yang telah disampaikan.

 

10.     Rapat Rutin Ormawa

Rapat yang berisi pengefloran seluruh program kerja dari pengurus HMJ Matematika untuk disepakati bersama matrika. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan matrika, perwakilan DPM FMIPA, dan seluruh pengurus HMJ Matematika FMIPA Unesa. Kegiatan ini diisi dengan presentasi tentang program kerja yang diusulkan baik oleh Badan Pengurus Harian (BPH) maupun dari masing-masing divisi. Presentasi dimulai dari BPH dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing divisi. Ketika presentasi dilakukan, peserta rapat berhak mengomentari maupun menolak program kerja yang telah diusulkan dengan alasan yang jelas. Anggota HMJ Matematika yang melakukan presentasi berhak membela dan mempertahankan program kerja yang telah mereka usulkan. Moderator akan mengatur seluruh jalannya kegiatan dalam rapat ini agar rapat berjalan dengan baik sehingga tercapailah mufakat yang terbaik. Ketika terjadi perbedaan pendapat yang begitu kuat antar peserta rapat sehingga sulit untuk mencapai mufakat maka jalan terakhir yang diambil adalah dengan melakukan voting.

 

11.     Retrovokasi

Retrovokasi merupakan suatu kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk seluruh pengurus HMJ Matematika FMIPA Unesa. Kegiatan ini bertujuan melatih seni berbicara baik di dalam forum maupun individu. Setelah materi selesai disampaikan, peserta diminta untuk melakukan praktek sesuai dengan materi yang telah disampaikan.

K4

12.     Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa matematika kepada masyarakat. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk bakti sosial dan mengajar di panti asuhan.

K5 K6

13.     Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Matematika

Suatu pelatihan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, memberikan bekal kemampuan dan keterampilan dalam berorganisasi, menumbuhkan semangat berorganisasi, dan mencetak kader-kader tangguh yang mampu bekerjasama dalam tim. Materi-materi pelatihan disampaikan oleh pemandu. Diakhir setiap materi, peserta diminta untuk melakukan simulasi, kemudian di akhir kegiatan ini peserta diberi tugas untuk untuk merancang suatu kegiatan.

 K7

14.     Mc. Laurin (Mathematics Leadership Upgrading and Training)

Kegiatan MC LAURIN dilaksanakan selama satu semester (semester gasal) yang diikuti oleh Seluruh Mahasiswa Baru Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan ini diisi dengan beberapa subkegiatan. Pertama, “Pengenalan Lingkungan Kampus untuk Mahasiswa Baru” dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan loyalitas pada diri mahasiswa baru terhadap jurusan Matematika. Kedua, “MAM” dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mahasiswa baru kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ketiga, “Kemah bakti” dengan  tujuan untuk membentuk sikap disiplin dan bertanggung jawab serta meningkatkan mental mahasiswa baru. Keempat, “Tupoksi Ormawa” dengan tujuan agar mahasiswa memahami tugas pokok dan fungsi ormawa jurusan matematika. Kelima, “Pelatihan Dasar Penulisan” yang bertujuan untuk melatih mahasiwa untuk memahami pentingnya budaya menulis, melatih mahasiswa menulis karya ilmiah, serta melatih mahasiswa untuk kritis.

Dokumentasi:

 K8

15.     Mathematics Competition Revolution (MCR) dan Lomba Rumah Perkalian (LRP)

    1. MCR (Mathematics Competition Revolution)

Mathematics Competition Revolution merupakan suatu kompetisi yang ditujukan untuk siswa tingkat SD, SMP, dan SMA. Kompetisi ini dilaksanakan di  14 kota berbeda yang tersebar di  seluruh Indonesia, antara lain Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Pamekasan, Lamongan, Gresik, Kediri, Jogjakarta, Semarang, Jakarta, Bandung, Bali, dan Lampung. Tujuan umum dari kegiatan ini adalah memotivasi para siswa agar tertarik dengan pelajaran  matematika sehingga dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dan mengenal Matematika.

Dalam kompetisi ini terdapat tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final.

    Babak Penyisihan

Pada babak ini, peserta mengerjakan 30 soal dengan jawaban singkat. Peserta yang lolos ke Babak SEMIFINAL adalah

(*) Peserta dengan peringkat 3% dari jumlah peserta tiap rayon pada setiap jenjang

Ket : hasil dari Peserta semifinal (*) berlaku pembulatan ke atas.

 

 

Peserta semifinal (Rangking nasional) = sisa peserta akan diurutkan nilainya dan diambil sesuai dengan Jumlah peserta pada Kategori I di setiap jenjang se-Indonesia.

 

 

 

 

 

Peserta yang lolos ke babak semifinal adalah peserta yang lolos dari babak penyisihan dengan perhitungan banyaknya peserta yaitu Kategori I + Kategori II

    Babak Semifinal

Semifinalis mengerjakan soal yang terdiri dari 20 soal jawaban singkat dan 2 soal essay untuk SD, 25 soal jawaban singkat dan 2 soal essay untuk SMP dan SMA. 5 peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke babak final.

    Babak Final

Pada babak final, 5 orang dengan nilai tertinggi akan bersaing untuk menentukan  juara I, II, III, Harapan I dan Harapan II. Peserta akan adu cepat dalam menjawab 10 soal essay untuk tingkat SD, SMP dan SMA

 

    LRP (Lomba Rumah Perkalian)

LRP merupakan sebuah lomba rumah perkalian yang ditujukan kepada siswa-siswa SD.

Dokumentasi:

K9K10

 

16.     Kunjungan Industri dan Study Banding

a. Kunjungan Industri

Kegiatan karyawisata yang bertujuan mengasah jiwa kewirausahaan matrika FMIPA Unesa dengan mengunjungi sentra industry menengah hingga pusat-pusat penyuluhan dan penangkaran.

    b. Study Banding

Kegiatan study banding merupakan kegiatan outdoor berkunjung ke ormawa (organisasi mahasiswa) jurusan matematika di universitas lain. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kinerja Ormawa Jurusan Matematika Unesa.

 K11

17.     Math Cup, Porsejur (Pekan Olahraga dan Seni Jurusan) dan Porfak

Math Cup merupakan pertandingan futsal se-Unesa yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan sesame mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

Porsejur merupakan suatu kegiatan yang bertujuan menyalurkan bakat yang ada di matrika FMIPA Unesa dalam bidang seni dan olahraga serta mempererat tali persaudaraan antar matrika FMIPA Unesa. Kegiatan ini berisi berberapa perlombaan yang meliputi perlombaan volly, futsal, basket, tenis meja, tarik tambang, tumpeng, dan pensi.

K12 K11

 

18.     SCAC Math (Sport Club and Art Community Mathemathics)

Scacmath merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memberikan wadah kepada mahasiswa matematika guna mengembangkan kemampuan dalam bidang seni dan olahraga dan untuk mempersiapkan mahasiswa terjun ke event seni dan olahraga yang ada. Kegiatan ini adalah sebuah latihan yang dilakukan secara rutin selama satu periode kepengurusan HMJ Matematika. Kegiatan ini terdiri dari 6 cabang, 4 cabang seni dan 2 cabang olahraga, yaitu: futsal, badminton, bola voli, bola basket, banjari, dan musik. Club-club yang terbentuk di masing-masing cabang akan didaftarkan di event-event seni dan olah raga yang ada.

 

 K14

19.     Mading Matematika

Mading matematika merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memberikan berbagai informasi akademik maupun umum kepada seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan matematika.

Dokumentasi:

 K15

 

20.     Seminar dan Bazar Kewirausahaan

Seminar Kewirausahaan adalah kegiatan yang memberikan pengetahuan mengenai wirausaha yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seminar Kewirausahaan ini mengundang pemateri yang ahli dalam bidangnya. Pemateri yang akan diusung pun adalah alumni mahasiswa Matematika Unesa, sehingga dapat memotivasi pendengar bahwa lulusan Matematika tidak sepenuhnya harus menjadi guru. Kegiatan ini berupa seminar dan pelatihan yang mengundang matrika untuk berpartisipasi di dalamnya.

 K16

 

21.     Kantin Matematika

Kantin matrika dibuka setiap hari aktif perkuliahan pada pukul 06.30 – 16.00 yang bertempat di Gedung C8 lantai 2. Kantin Matrika tergolong kantin kejujuran, sehingga pembeli secara langsung membayar di tempat yang disediakan kemudian langsung mengambil barang yang dibelinya. Warga matrika yang ingin menitipkan dagangannya juga diperbolehkan, tetapi ada kontribusi untuk HMJ matematika sebagai penyedia tempat.

 K17

 

22.     Pembuatan Media Pembelajaran

Di mata kuliah media pembelajaran, mahasiswa diberi kebebasan untuk berkreasi dalam menciptakan media pembelajaran yang kreatif serta inovatif. Media yang dihasilkan bisa berupa media pakai (hands on activity) dan/atau media berbasis ICT. Menggunakan segala sumber daya yang disediakan, diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk terus berkreasi terutama di bidang pendidikan.

K18

 

23.     Matematika Expo

Matematika expo adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan jurusan Matematika Unesa kepada masyarakat umum. Kegiatan ini berupa pameran media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa Jurusan Matematika Unesa, pentas seni yang ditampilkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika, serta terdapat beberapa stand yang berisi informasi-informasi tentang pendidikan. Kegiatan ini memfasilitasi instansi pendidikan atau perorangan yang tertarik dengan media pembelajaran yang dipamerkan. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa, guru, dosen, orang tua, serta terbuka untuk masyarakat umum. Read more>>

 

DSC00434 DSC00430
Pembukaan Matematika Expo
Oleh Katua Jurusan Matematika
Dr. Abadi, M.Sc
DSC00592DSC00557 

DSC00545DSC00596
DSC00598 DSC00614
 DSC00602
Talk Show Kurikulum 2013
Oleh Dr. Tatag Yuli Eko S.,S.Pd, M.Pd.
yang ramai dan penuh antusias dari kalangan pelajar SMA, Mahasiswa dan Umum.

DSC00507 DSC00577
DSC00554 DSC00518 

DSC00487 DSC00494
 DSC00581 DSC00458 

DSC00454 DSC00474 

DSC00478 DSC00565 

DSC00584DSC00528 

DSC00678
Pameran Media Pembelajaran dan Konsultasi Bersama Para Dosen Matematika
Turut memeriahkan Matematika Expo 2014

 

24.     Dies Natalis Himatika

Dies Natalis Himatika merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperingati ulang tahun himpunan mahasiswa matematika. Kegiatan ini berisi jalan sehat, turnamen futsal untuk seluruh mahasiswa Unesa, dan Festival Sholawat Albanjari se-Jatim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *