Pembelajaran

Perkuliahan di FMIPA berlangsung dengan sistem kelas maupun online dalam pengembangan konsep dan teori. Dalam sisi praktis, pembelajaran dilakukan di laboratorium atau green house. Sistem penyelenggaraan kuliah berpraktek dilakukan secara terpadu dengan pengkodean jumlah sks 3/1 sebagai misal, menunjukkan perkuliah tersebut terdiri dari 2 sks perkuliahan teori dan 1 sks eksperimen.

Untuk program studi pendidikan bidang-bidang MIPA, sistem pembelajaran diterapkan secara terpadu (konkuren). struktur program pendidikan guru berlangsung secara terpadu antara bidang studi, metode pembelajaran, dan pengenalan karakteristik anak didik. Sejak awal mahasiswa calon guru bidang-bidang MIPA sudah diberikan matakuliah pendidikan. Hal ini dimaksudkan agar karakteristik pribadi seorang pendidik dibentuk sejak awal.

Berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang studi maupun pendidikan telah dilakukan untuk pengembangan perkuliahan. Hasil keilmuan dari hibah-hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan pengayaan terhadap materi bidang-bidang MIPA. Adapun pengembangan pedagogik dilakukan melalui hibah-hibah pengabdian kepada masyarakat maupun penelitian pendidikan seperti hibah lesson study, RSBI, RII dan PTK.

Disamping sebagai landasan pengembangan keilmuan baik bidang pendidikan maupun bidang-bidang MIPA, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat juga menjadi dasar pengembangan kompetensi lulusan. Hal ini terjadi karena setiap aktifitas peneitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan staf dosen selalu melibatkan mahasiswa. Bahkan sebagian dari paying-payung penelitian dan pengabdian masyarakat yang diperoleh para dosen menjadi tema bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir perkuliahan.

Translate »