Profil Biologi

Jurusan Biologi mempunyai fungsi untuk menghasilkan lulusan bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dan kompeten dalam bidang biologi dan teknologi, berbasis penelitian, adaptif, dan memiliki daya saing global dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Jurusan ini menaungi 2 program studi, Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Biologi yang telah terakreditasi dengan nilai A dan B.

profil biologi

Untuk mendukung aktifitas perkuliahan dan penelitian, jurusan Biologi memiliki 8 laboratorium, yaitu: Lab taksonomi, lab.ekologi, lab pembelajaran, lab.mikrobiologi,  lab. kultur jaringan, lab. struktur perkembangan, lab. fisiologi, dan lab. mikroteknik. Jurusan Biologi juga memiliki 2 unit green house dan kebun biologi dengan total luas 841 m2 untuk menerapkan berbagai konsep ilmu yang diperoleh, penelitian skripsi mahasiswa dan penelitian dosen.

profil biologi 1

Pengembangan kegiatan Mahasiswa di laboratorium ataupun di green house cukup intensif, terutama terkait dengan kewirausahaan seperti budidaya jamur, anggrek, dan budidaya tanaman hias. Selain itu Laboratorium mikrobiologi melayani stake holder dalam hal penjualan starter nata de coco, yoghurt, biakan murni E-coli dll. Dengan sarana dan peralatan yang dimiliki, Laboratorium jurusan Biologi juga dimanfaatkan oleh dosen untuk melakukan berbagai penelitian, misalnya di laboratorium mikrobiologi dilakukan pengembangan virus, di laboratorium ekologi dikembangkan mini reaktor untuk bioremediasi, dan di laboratorium fisiologi dikembangkan bioherbisida hayati.

Translate »