Sanctioning Kurikulum KKNI Prodi IPA

Sesi Foto Bersama

Selasa, 01 September 2015 — Bertempat di ruang rapim, Fakultas MIPA, workshop sanctioning Kurikulum Prodi Pendidikan IPA berlangsung, dengan turut mengundang Prof. Dr. Sudarmin, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai tenaga ahli (technical assistance).  Workshop dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan IPA, Dr. Wahono Widodo, M.Si., dengan menekankan pada pentingnya tiga hal pokok, yaitu nama mata kuliah, deskripsi mata kuliah, dan penciri utama prodi.

PembukaanSetelah pembukaan, Prof. Dr. Sudarmin, M.Si., mengawali sesi materi dengan terlebih dahulu memaparkan kurikulum terkait silabus dan RPS yang berlaku di UNNES dan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai pembanding. Ini penting dilakukan untuk menelaah sisi positif dari prodi IPA di kampus lain. Terkait dengan penamaan mata kuliah, beliau menjelaskan bahwa pada intinya nama mata kuliah tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik prodi IPA itu sendiri sehingga tidak tumpang tindih dengan nama mata kuliah di jurusan lain, tentunya dengan penyesuaian deskripsinya.

Pemaparan

Untuk memperkuat basis tentang  ke-IPA-an, Prodi IPA  setidaknya harus mempertimbangkan dua aspek. Pertama, Prodi IPA disarankan untuk memiliki mata kuliah yang bersumber dari IPA, yakni Dasar-Dasar IPA. Mata Kuliah ini memuat materi-materi esensial yang perlu dikuasai sebagai ilmu dasar bagi calon pendidik IPA. Kedua, arah tujuan Prodi IPA harus jelas dalam arti fungsi keberadaan Prodi IPA mampu membimbing mahasiswanya menuju karakteristik yang diusung oleh Prodi IPA. Untuk itu, Prodi IPA telah menetapkan penciri utama, yakni Science Edupreneurship.

Diskusi

Dengan mengadopsi Science Edupreneurship, pendidikan di Prodi IPA berkewajiban untuk menumbuhkan jiwa wirausaha tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi seluruh civitas akademika prodi harus terlibat. Oleh karena itu, Prodi IPA akan menyiapkan produk-produk unggulan, terutama di bidang pendidikan, yang berdaya jual dan berkualitas. Pelatihan-pelatihan bagi para dosen akan diprogramkan untuk menunjang semangat tersebut.

Leave a Comment