Laboratorium Pembelajaran

lab-pembelajaran

FMIPA Unesa memiliki unit laboratorium pembelajaran yang bertugas untuk mengembangkan profesionalisme dalam pendidikan.  Melalui wadah ini dilakukan proses peningkatkan keterampilan mengajar, fasilitasi pembuatan media pembelajaran, dan pengembangan sumber referensi bagi dunia pendidikan.

Peningkatan keterampilan mengajar dilatih melalui kegiatan microteaching. Kegiatan ini sangat penting dalam mendukung pengembangan kompetensi pendidik. Microteaching menunjang matakuliah pembelajaran seperti Proses Belajar Mengajar (MKPBM) dan Praktek Pengajaran Lapangan (PPL). Bahkan dari setiap kegiatan microteaching yang rutin diselenggarakan Laboratorium Pembelajaran, dihasilkan video rekaman berbagai model pembelajaran. Media hasil microteaching banyak digunakan sebagai referensi untuk  menyelesaikan tugas akhir mahasiswa S-1 maupun S-2 dan diklat pengembangan kompetensi para guru bidang-bidang MIPA.

Unit Laboratorium Pembelajaran didukung oleh tenaga dosen profesional dalam bidang pembelajaran, pengembangan perangkat dan sumber pembelajaran, dan pengembangan multimedia seperti video pembelajaran. Kompetensi mereka sangat penting dalam membantu pembelajar merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Keterampilan pembuatan video pembelajaran diperlukan untuk mendokumentasikan kegiatan microteaching yang dapat dipakai sebagai sumber referensi. Sarana dan prasarana multimedia yang telah dimiliki oleh Laboratorium Pembelajaran sangat mendukung untuk kegiatan tersebut.