Unit Pengelolaan Lingkungan

pengelolaan lingkungan

FMIPA UNESA memiliki UPL (Unit Pengelolaan Lingkungan) yang bertugas mengembangkan teknik pengelolaan lingkungan serta deteksi dan analisis bahan pencemar dari berbagai macam sampel seperti air, tanah, bahan makanan, dan lain-lain. Unit ini juga melayani diklat (pendidikan dan pelatihan) bagi mahasiswa, guru, siswa sekolah dasar dan menengah, serta masayarakat tentang tata lingkungan dan pengelolaan sampah. Bahkan unit ini memiliki daerah binaan di lingkungan Kota Surabaya.

          pengelolaan lingkungan1                  pengelolaan lingkungan2

                Pengkomposan dari sampah organik                                     Metode gali-tutup tanah

UPL FMIPA Unesa didukung oleh beberapa ahli pengelolaan lingkungan yang telah mendapat bimbingan dari Jepang dan Jerman serta mendapat dukungan kepercayaan dari Pemkot Surabaya. Unit ini memiliki Ruang Terbuka Hijau yang memenuhi standar peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun2007 tentang Penataan RTH (Ruang Terbuka Hijau) yaitu 20%  berupa RTH dari wilayah FMIPA, 23 buah  Komposter untuk mengolah sampah organik yang menjadi kompos selain dengan metode open wind-draw, rumah sampah kering yaitu tempat sementara untuk melakukan pengolahan sampah kertas danplastik yang di Re-Use, dan biopori yang dibangun bersama mahasiswa Fisika pada praktikum mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan.

         pengelolaan lingkungan3                   pengelolaan lingkungan4

                            Pembuatan biopori                                                       Pengelolaan lahan tidur

UPL FMIPA Unesa mengembangkan layanan produktif dengan cara mengolah limbah menjadi barang-barang yang memiliki nilai ekonomi seperti sampah plastik diubah menjadi berbagai macam hiasan, sedotan dari minuman kemasan gelas menjadi taplak meja, dan lain sebagainya.