PENDAMPINGAN OSN SMPN 1 LAMONGAN TAHUN 2018

Upaya mempersiapkan siswa untuk menghadapi olimpiade sains nasional (OSN) perlu adanya program yang dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa. Siswa yang disiapkan oleh sekolah perlu mendapatkan bimbingan materi OSN agar terbiasa dalam menghadapi soal-soal OSN. Kegiatan pendampingan OSN merupakan program SMPN 1 Lamongan untuk menyiapkan siswanya dalam ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional tingkat kota/kabupaten oleh karenanya dilakukan kerjasama antara Fakultas MIPA Unesa dan SMPN 1 Lamongan. Fakultas MIPA memberikan bantuan dalam hal menyiapkan narasumber untuk pelaksanaan program pendampingan. Bidang yang dilakukan pembinaan adalah bidang Matematika, IPA, dan IPS. Sebagai nara sumber adalah dosen-dosen dari Unesa.

Kegiatan pendampingan OSN dilakukan untuk siswa-siswa di SMPN 1 Lamongan. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan. Tempat kegiatan pendampingan OSN adalah di SMPN 1 Lamongan. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan latihan soal-soal OSN dan memberikan materi penunjang yang disesuaikan dengan silabus OSN tahun 2018. Narasumber memberikan soal-soal latihan dan membahas soal tersebut untuk menyiapkan siswa agar mudah memahami soal-soal OSN dan cara mengerjakannya.

Bidang OSN yang dibimbing adalah bidang Matematika, IPA, dan IPS. Fasilitas terkait pelaksanaan pendampingan OSN berupa ruang, LCD proyektor, dan lain-lain, disediakan dan disiapkan oleh pihak sekolah. Secara umum kegiatan pendampingan OSN yang dilakukan di SMPN 1 Lamongan berjalan dengan baik dan lancar. Narasumber yang mengisi kegiatan juga memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Adapun dosen sebagai narasumber yang mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut:

IPA

MATEMATIKA

IPS

Erlix R. Purnama, S.Si., M.Si.

Dwi Nur Yunianti, S.Si., M.Si.

Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.

Drs. Supardiono, M.Pd.

Shofan Fiangga, S.Pd., M.Si.

Dhiah Fitrayati, S.Pd., M.E.

Budi Priyo Prawoto, S.Pd., M.Si.

Ali Imron, S,Sos., M.A.

 

Dosen-dosen yang mengikuti kegiatan sebagai narasumber telah menjalankan tugasnya dengan baik. Narasumber juga menyiapkan materi yang akan diberikan saat pelaksanaan pendampingan OSN. Sekolah juga merespon dengan baik kegiatan yang telah dilakukan.

Seleksi OSN tingkat kabupaten/kota dilaksanakan serentak secara nasional pada tanggal 24 Maret 2018. Hasil yang didapat SMPN 1 Lamongan adalah Juara 1 bidang Matematika, Juara 1 bidang IPA, dan Juara 2 bidang IPS. SMPN 1 Lamongan mengirimkan wakil untuk semua bidang pada OSN tingkat provinsi pada tanggal 21 April 2018

Terima kasih Kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan dalam membantu pelaksanaan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *