International Credit Transfer Di Tarlac Agriculture University oleh Mochammad Danu Devasyah Angkatan 2019 IPA

  1. Deskripsi Mata Kuliah yang diambil di TAU

Mata kuliah     : Global and Digital Citizenship Education

Jumlah SKS    : 3

Nama dosen    : Dr. Christine N. Ferrer

Jadwal kelas    : Selasa dan Kamis, 10.00-11.30 PST atau 09.00-10.30 WIB

Mode kelas      : Online

Media              : Google Clasroom dan Google Meet

Penyampaian materi    : Ceramah dan presentasi

Mode ujian      : Proyek dan Laporan Tugas akhir

Penjelasan       :

            Mata Kuliah Global and Digital Citizenship Education mengajarkan kesiapan kita sebagai “Global Citizen” dan juga mengenai “Sustainable Development Goals”. Pada mata kuliah ini, diajarkan mengenai peran kita sebagai mahasiswa dan juga pendidik di masa depan sebagai warga global dan peran kita untuk mengatasi masalah bersama. Pada mata kuliah ini, kelas kebanyakan dilakukan melalui Google Classroom dan Google Meet. Akan tetapi, terdapat tugas praktik yang diberikan pada awal semester dan dikumpulkan laporannya pada akhir semester. Tugas praktik itu mengenai “Community-Based Project”, yaitu sebuah kegiatan atau acara bertemakan lingkungan yang dilakukan tidak hanya oleh diri kita sendiri, akan tetapi juga mengikutsertakan orang-orang disekitar kita. Dimana pada hal ini, kita diharapkan menjadi pelopor untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu banyak orang dimasa yang akan datang, tidak peduli hal tersebut merupakan hal yang kecil atau besar. Pada tugas itu, saya membuat sebuah proyek kecil mengenai pembuatan lapangan bermain dan taman mini, di daerah sekitar rumah saya sebagai tempat baik anak-anak hingga orang dewasa untuk dapat berkumpul.

            Untuk pembelajaran melalui Google Meet, pembelajaran dilakukan dengan dinamis, mahasiswa dapat aktif bertanya jika ada yang kurang dipahami. Sering terdapat dosen tamu yang merupakan ahli dalam hal “Sustainable Development Goals” dan juga pelestarian lingkungan. Selain kedua cara pembelajaran tersebut, Mrs. Christine juga sering mengirimkan informasi mengenai seminar mengenai Global Citizen” dan  “Sustainable Development Goals”.

  1. Kesan Selama Mengikuti Program

Selama mengikuti program ini, saya disambut dengan ramah oleh pihak Tarlac Agricultural University, baik dari pihak administrasi, dosen maupun teman saya dikelas. Cara pembelajaran yang saya kira cukup berbeda dengan yang terdapat di sini pada awalnya membuat saya cuup bingung, akan tetapi mereka selalu membantu saya ketika saya memiliki hal yang perlu ditanyakan, mereka selalu menjawab pertanyaan saya.

Terdapat grup di Massanger, sehingga saya tidak terlalu ketinggalan informasi mengenai kelas dan pembelajaran, meskipun kebanyakan informasi yang diberikan masih dalam bahasa Tagalog. Akan tetapi, Dosen pengampu mata kuliah saya selalu mengatakan jika saya dapat menghubungi beliau secara langsung melalui Massanger maupun melalui Whatsapp. Kesempatan ini merupakan hal yang berharga, pembelajaran yang saya alami cukup menyenangkan dan meskipun terkadang tidak mudah tetapi pembelajaran tersebut sangat membantu saya.

  1. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih pertama saya tujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kegiatan yang telah saya lakukan dapat terlaksana dengan lancar dan tanpa adanya kendala yang berarti. Kemudian, terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada pihak Bapak/Ibu Dosen Jurusan IPA Universitas Negeri Surabaya, karena sudah memberi informasi dan membantu saya sehingga saya dapat mengikuti program ini. Ucapan terima kasih juga saya tunjukkan kepada pihak Tarlac Agricultural University yang telah menyelenggarakan program dan mau membagikan ilmunya kepada saya. Yang terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada orang tua dan teman-teman kelas saya yang sudah mendukung dan membantu saya dalam berjalannya kegiatan ini. Tanpa dukungan dari semua pihak yang ada, saya tidak akan dapat merasakan pengalaman yang berharga ini.

LAMPIRAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *