International Credit Transfer Di Tarlac Agriculture University oleh Nadia Ulfa Angkatan 2019 Biologi

Mengikuti program student exchange adalah impian saya sejak SMP, namun karena terhalang dana jadi saya urungkan impian tersebut. Kemudian, pada bulan Februari 2021 kesempatan mengikuti student exchange datang lagi dengan bentuk International Credit Transfer. Awalnya saya ragu untuk mengikuti program ini. Saya takut tidak bisa membagi waktu antara kuliah di UNESA, kuliah di TAU, tugas-tugas kuliah, dan tugas organisasi. Setelah dipikirkan baik-baik, saya mengambil kesempatan ini. Mumpung gratis dan tidak perlu berangkat ke sana, pikir saya.

            Pada tanggal 21 Februari 2021, saya menghubungi Bu Lisa untuk berkonsultasi mengenai mata kuliah apa yang akan saya ambil. Sempat ingin mundur karena jadwal pembelajaran di TAU ternyata bertabrakan dengan jadwal pembelajaran di UNESA. Namun Bu Lisa tetap menyemangati saya untuk tetap ikut program ini dan membantu mencarikan jadwal yang pas. Akhirnya, pilihan saya jatuh pada mata kuliah Environmental Scince.

            Mahasiswa yang mengikuti program ini disambut dengan acara Opening Ceremony yang dilakukan pada tanggal 3 Maret 2021 melalui Zoom. Acara dilakukan mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Setelah acara selesai, kami diberikan alamat email untuk mengakses Google Classroom sebagai salah satu media pembelajaran.

            Diawal perkuliahan, kami diberi modul yang berisi materi perkuliahan satu semester. Penjelasan pada modul singkat, namun mudah dipahami jadi saya tidak mengalami kendala dalam mengerti materi. Tugas yang diberikan berbentuk kelompok dan dikumpulkan pada stream di Google Classroom. Saya senang sekali berdiskusi dengan mereka. Selain untuk melatih kemampuan berbahasa, juga sekaligus bisa mendapat pandangan baru dari mereka.

            Ulangan Tengah Semester dilakukan pada 30 Maret 2021 melalui Google Form. Waktu pengerjaan hanya 1 jam 15 menit saja. Materi yang diujikan tidak terlalu susah karena ada dalam modul dan sudah dijelaskan. Alhamdulillah saya mendapat nilai 61/80 dan menjadi peringkat 2 teratas. Selanjutnya yaitu Final Exam yang diadakan pada 19 Mei 2021. Pengerjaan tetap sama, yaitu melalui Google Form. Pada final exam, alhamdulillah saya mendapat nilai 89/100.

            Pengalaman saya mengikuti program International Credit Transfer ini sangat menyenangkan. Bertemu teman baru, mendapat pengetahuan baru, mengetahui perbedaan cara mengajar dosen luar dengan dosen UNESA, dan lain-lain. Saya pribadi ‘ketagihan’ mengikuti program seperti ini. Saya berharap bisa mengikuti program-program serupa.

Dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *