International Credit Transfer Di Tarlac Agriculture University oleh Sefrina Putri Trisnanti Angkatan 2019 Fisika

Assalamualaikum wr.wb. Hallo semuanya, perkenalkan saya Sefrina Putri Trisnanti dari kelas FRE 2019, Prodi Fisika, Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Sebelum saya membagikan pengalaman yang sangat luar bisa, saya akan menceritakan motivasi saya dalam mengikuti program TAU Philiphines. Saya selalu percaya bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Selalu gunakan waktu sebaik mungkin dengan hal-hal yang bermanfaat. Saya selalu tetap berani dan percaya diri dalam mengambil setiap keputusan dalam diri saya. Saya memiliki mimpi besar untuk menjadi orang hebat dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Untuk mewujudkan impian saya, saya mencoba banyak belajar dan menambah ilmu dari berbagai tempat. Tidak hanya itu, relasi yang saya dapatkan juga semakin meluas dan berkembang. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dari mendalami fisika. Untuk dapat berinteraksi satu sama lain, saya membutuhkan pengetahuan untuk menjadi lawan bicara yang baik dan melatih kemampuan komunikasi saya dalam bahasa internasional.

Ketika saya mendapat informasi tentang program pertukaran pelajar di TAU, saya yakin kesempatan ini dapat meningkatkan kemampuan saya untuk mendalami ilmu yang berhubungan dengan fisika bumi, karena saya harus belajar dengan orang-orang dari negara lain yang memiliki budaya hidup yang beragam. Pada program International Credit Transfer di Tarlac Agricultural University Philiphines, saya mengambil mata kuliah “Principles of Geology” yang diajarkan oleh Mr. John Leonard Constantino dengan 3 SKS yang dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu pukul 13.00 – 14.30 pm waktu bagian Philipines atau sekitar pukul 12.00 – 13.30 pm WIB. Jika mendengar kata Principles of Geology, pastinya mata kuliah ini sudah tidak asing lagi dalam membahas berbagai hal terkait kebumian. Dalam ilmu geologi, hukum-hukum geologi sangatlah penting dan merupakan dasar dalam mempelajari ilmu geologi. Adapun hukum geologi yang menjadi acuan dalam geologi antara lain adalah konsep tentang susunan, aturan dan hubungan antar batuan dalam ruang dan waktu. Berikut ini adalah rangkuman materi dan kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program International Credit Transfer di Tarlac Agricultural University Philiphines.

Perkuliahan di mulai pada hari senin tepatnya tanggal 1 maret 2021, dimana pada hari tersebut masih masa perkenalan, pemberitahuan syllabus, dan kontrak belajar. Peda perkuliahan menggunakan beberapa media seperti google meet, google classroom, dan email. Namun, pada pertemuan pertama itu menggunakan google meet. Terdapat 6 materi sebelum UTS yang terdiri dari Introduction to Geology, Mineral, Igneous Rocks, Sendimentary Rocks and Structures, Metamorpic Rocks, Weathering Rocks and Soils. Lalu setelah UTS terdiri dari 4 materi yaitu : Mass Wasting, Plate Tectonics, Mountain Building and The Evolution of Continents, Volcanoes. Walaupun ini kali pertama saya dalam ikut program secara internasional, saya tetap optimis dengan mengerahkan segenap usaha yang saya bisa. Karena saya yakin jika kita mau berusaha dan membulatkan tekad semua akan berjalan dengan baik serta bermanfaat.

Pada beberapa pertemuan dosen memberikan tugas yang diupload pada google classroom dengan deadline yang telah ditentukan. Hal tersebut mungkin sudah biasa dilakukan saat saya menjadi mahasiswa di Indonesia, namun yang membedakan adalah bagaimana kita memahami materi yang diberikan menggunakan Bahasa Inggris yang mungkin belum sepenuhnya dapat dimengerti sebaik Bahasa Indonesia.

Selanjutnya dipertemuan berikutnya perkuliahan dilakukan secara tatap muka menggunakan google meet. Seperti biasa pada awalnya dosen menjelaskan materinya menggunakan PPT, lalu memberikan pertanyaan, dan berdiskusi. Tidak lupa pada beberapa materi saya juga menampilkan presentasi saya dalam bentuk PPT. sungguh pengalaman yang luar biasa bisa melakukan hal tersebut. Tidak hanya menambah ilmu saya, namun juga melatih saya dalkam hal berbahasa inggris.

Lalu setelah 6 materi selesai pada tanggal 29 April 2021 diadakan UTS. Namun, seminggu sebelumnya dosen telah memberitahu terkait jadwal dan materi yang akan menjadi soal UTS. UTS yang dilakukan cukup seru dan menarik menurut saya, karena UTS dilakukan secara tatap muka dengan mekanisme seperti kuis. Jadi mahasiswa harus oncam dan onmic lalu menyediakan kertas kosong dan alat tulis. Saat dosen menampilkan soal mahasiswa akan secara langsung menjawab pada kertas tersebut, seperti itu sampai soal terakhir. UTS berjalan cukup baik, karena sebelumnya saya sudah mempelajari materi yang akan dikeluarkan.

Setelah UTS berlangsung pembelajaran dilakukan seperti biasanya. Yaitu presentasi PPT oleh mahasiswa dan diskusi. Waktu itu tepatnya pada materi Plate Tectonics, saya diberikan kesempatan untuk presentasi. Dan pembelajaran seperti ini terus dilakukan dan ada beberapa kali asynchronous dan digantikan dengan tugas.

Dan setelah 4 materi selesai, akhirnya sudah mulai menhcapai akhir dari perkuliahan. Dosen membuat jadwal yang disepakati untuk dilakukannya UAS. Karena waktu itu berdekatan dengan liburan hari raya idul fitri, maka saya memilih hari Senin, 24 Mei 2021. UAS dilakukan dengan mengisi google form, di dalam google form tersebut terdapat soal dengan point tertentu yang harus diselesaikan.

Kesan dan Pesan :

Halo, saya Sefrina Putri Trisnanti dari Universitas Negeri Surabaya. Saya sangat senang bisa mengikuti program TAU Filipina. Ini suatu kehormatan bagi saya, karena ini adalah program yang luar biasa. Banyak ilmu dan pengalaman yang didapat serta teman-teman baru yang menyenangkan. Jangan takut untuk berkembang, selalu berusaha, mencari hal baru, dan selalu berusaha. Tidak ada yang tidak mungkin jika semua dilakukan dengan tekad yang bulat.

Terima kasih TAU Filipina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *