Diskusikan Pengembangan Laboratorium, Jurusan Fisika Unnes Berkunjung ke FMIPA Unesa

fmipa.unesa.ac.id, SURABAYA-Sebanyak 160 mahasiswa beserta dosen Jurusan Fisika, Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkunjung ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Rabu (25/1/2023). Rombongan tersebut disambut jajaran pimpinan fakultas di Auditorium D1, FMIPA Unesa Kampus Ketintang.

Ketua Jurusan Fisika Unnes, Dr. Suharto Linuwih, M.Si., mengatakan, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menggali pengalaman Unesa dalam mengembangkan belasan laboratorium. Selain itu juga untuk mendiskusikan banyak hal termasuk metode dan mutu pembelajaran hingga kerja sama.

“Tentunya kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik antara Unnes dan Unesa melalui sharing pengalaman dan informasi. Pasti ada perbedaan antara kedua kampus ini sehingga bisa menjadi referensi bersama ke depan,” terangnya.

Pihaknya akan mengembangkan beberapa laboratorium, satu di antaranya yaitu Laboratorium Termodinamika. “Dengan kunjungan ini kami harap bisa mendapat banyak gambaran dari Unesa sebagai bekal kami dalam mengembangkan Lab Termodinamika,” ucap Suharto.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unesa, Dr. Sifak Indana, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap universitas memiliki ciri khas termasuk keunggulannya sendiri. Sehingga perlu saling belajar dan menggali pengalaman salah satunya lewat program kunjungan seperti ini.

“Selamat datang di kampus satu langkah di depan. Semoga kunjungan ini dapat memberi manfaat bagi Unnes maupun Unesa. Harapannya pertemuan ini kita bisa saling menggali pengalaman, mempererat hubungan serta membahas kerja sama ke depan,” ujarnya.

Ketua Jurusan Fisika Unesa, Prof. Munasir, S.Si, M.Si., dalam sambutannya memaparkan sekilas tentang program studi dan laboratorium yang ada di Fisika Unesa. Ia menjelaskan untuk prodi yang ada di jurusan fisika yakni S-1 Pendidikan Fisika dan S-1 Fisika. Keduanya telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, bahkan untuk Pendidikan Fisika sudah terakreditasi internasional, ASIIN.

“Kami memiliki fasilitas penunjang salah satunya laboratorium yang berjumlah 18. Adapun tiga di antaranya yaitu Laboratorium Eksperimen, Laboratorium Instrumen dan Laboratorium Gelombang Optik. Ada juga laboratorium kimia dasar yang dimiliki Jurusan Fisika dan itu merupakan laboratorium terluas yang kami miliki,” tambahnya.[]

***

berita disadur dari: https://unesa.ac.id/jurusan-fisika-unnes-bertandang-ke-unesa-diskusi-pengembengan-laboratorium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *