Lab Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

DESKRIPSI LABORATORIUM… 2

DESKRIPSI LABORATORIUM MATEMATIKA.. 2

Laboratorium Analisis. 2

Laboratorium Aljabar. 2

Laboratorium Pemodelan dan Simulasi 2

DESKRIPSI LABORATORIUM KOMPUTASI 2

Laboratorium Komputasi 2

Laboratorium Aljabar. 2

Laboratorium Pemodelan dan Simulasi 3

DESKRIPSI LABORATORIUM PENDIDIKAN MIPA.. 3

Laboratorium Filsafat dan Kurikulum.. 3

Laboratorium Asesmen Pembelajaran. 3

Laboratorium Media Pembelajaran. 3

Laboratorium Inovasi dan Praktik Pembelajaran. 4

Laboratorium Penciri Prodi 4

KEBIJAKAN DAN PEDOMAN LABORATORIUM… 5

KEBIJAKAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA.. 5

Kebijakan Umum.. 5

Kebijakan Khusus. 5

PEDOMAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA.. 6

URAIAN JABATAN LABORATORIUM… 7

KEPALA LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, dan PENDIDIKAN MIPA.. 7

KEPALA SUB LABORATORIUM… 8

LABORAN.. 8

TATA KELOLA ADMINISTRASI LABORATORIUM… 10

ADMINISTRASI BARANG.. 10

ADMINISTRASI PEMINJAMAN.. 10

ADMINISTRASI PEMELIHARAAN.. 11

ADMINISTRASI KUNJUNGAN.. 12

FLOWCHAT PENGGUNAAN LABORATORIUM… 13

FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM… 13

FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PENELITIAN.. 14

DAFTAR NAMA KASUBLAB. 15

DESKRIPSI LABORATORIUM

DESKRIPSI LABORATORIUM MATEMATIKA

Laboratorium Analisis

Pendidikan:   penguatan mata kuliah dalam rumpun Analisis yaitu Kalkulus Diferensial, Kalkulus Integral, Analisis Real, dan lainnya.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan teori baru dalam rumpun analisis, terapan teori dalam rumpun analisis, penguatan kemampuan profesional guru matematika dalam materi rumpun analisis.

Laboratorium Aljabar

Pendidikan:   penguatan mata kuliah dalam rumpun Aljabar yaitu Aljabar Linear Elementer, Alajbar Linear Lanjut, dan lainnya.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan teori baru dalam rumpun aljabar, terapan teori dalam rumpun aljabar, penguatan kemampuan profesional guru matematika dalam materi rumpun aljabar.

Laboratorium Pemodelan dan Simulasi

Pendidikan:   penguatan mata kuliah Matematika Terapan yaitu Pemodelan Matematika, Sistem Dinamik, Teori Sistem dan Kontrol, Statistika Multivariat, dan lainnya.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan model baru dalam ekologi dan epidemiologi menggunakan model deterministik maupun stokastik beserta simulasinya.

DESKRIPSI LABORATORIUM KOMPUTASI

Laboratorium Komputasi

Pendidikan:   penguatan mata kuliah filsafat pendidikan, telaah kurikulum sekolah, materi mipa sekolah, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  filsafat kemipaan, sejarah kemipaan, pengembangan kurikulum, argumentasi ilmiah, kearifan lokal kemipaan, technological pedagogical content knowledge (TPACK); dan komunikasi sains.

Laboratorium Rekayasa Data

Pendidikan:   penguatan mata kuliah dalam rumpun Rekayasa Data.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengolahan data dalam skala besar, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang telah diproses.

Laboratorium Data Analitik

Pendidikan:   penguatan mata kuliah dalam rumpun Data Analitik.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan metode dalam image/video processing,

DESKRIPSI LABORATORIUM PENDIDIKAN MIPA

Laboratorium Filsafat dan Kurikulum

Pendidikan:   penguatan mata kuliah filsafat pendidikan, telaah kurikulum sekolah, materi mipa sekolah, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  filsafat kemipaan, sejarah kemipaan, pengembangan kurikulum, argumentasi ilmiah, kearifan lokal kemipaan, technological pedagogical content knowledge (TPACK); dan komunikasi sains.

Laboratorium Asesmen Pembelajaran

Pendidikan:   penguatan mata kuliah Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran, Metode Penelitian Pendidikan, Statistika untuk Riset Pendidikan, dan mata kuliah penunjang di bidang keahlian, studi tentang penilaian (AKM, TIMSS, dan PISA), Literasi kemipaan, Item Response Theory, Penilaian Berbasis Komputer.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan penilaian keterampilan abad ke-21, pengembangan instrumen tes diagnostik tiga tingkat, pengembangan instrumen tes diagnostik empat tingkat, profil miskonsepsi, profil kemampuan berpikir kritis, profil kemampuan pemecahan masalah, profil HOTS, penilaian kreativitas siswa dalam mempelajari kurikulum mipa berbasis ESD, identifikasi keterampilan konsepsi dan multirepresentasi, pengembangan dan identifikasi profil kemampuan literasi kemipaan, penilaian berbasis web.

Laboratorium Media Pembelajaran

Pendidikan:   penguatan mata kuliah media pembelajaran, telaah media konvensional dan digital, peningkatan kualitas media pembelajaran.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan media dan perangkat pembelajaran berbasis offline maupun online yang mengacu pada tuntutan pembelajaran di era digital, penguatan keterampilan komunikasi sains yang mengarah pada perbaikan literasi kemipaan dan teknologi.

Laboratorium Inovasi dan Praktik Pembelajaran

Pendidikan:   penguatan mata kuliah teori belajar, pembelajaran inovatif I, pembelajaran inovatif II, microteaching, PLP, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian, pembuatan video pembalajaran.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan teori belajar, pembelajran inovatif, kemampuan berpikir, pengembangan pebelajar, Education for Sustainable Development (ESD), kemampuan abad 21, pengembangan instrument pembelajaran, dan pengembangan video pembelajaran.

Laboratorium Penciri Prodi

Pendidikan:   penguatan muatan penciri prodi dalam mata kuliah keprodian.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat:  pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan penciri prodi, pengambangan desain instruksional bermuatan penciri prodi, pengembangan perangkat penilaian bermuatan penciri prodi, pengembangan media pembelajaran bermuatan

KEBIJAKAN DAN PEDOMAN LABORATORIUM

KEBIJAKAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA

Kebijakan Umum

  1. Peralatan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus selalu dilakukan pemeliharaan dan kalibrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    1. Pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus selalu berorientasi kepada mutu dan keselamatan pengguna.
    1. Pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA dilaksanakan sesuai jam kerja.
    1. Dalam melaksanakan tugasnya setiap petugas wajib mematuhi ketentuan dalam Prosedur Mutu yang sudah ditetapkan.
    1. Untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi wajib dilaksanakan rapat rutin tiga bulanan.
    1. Setiap semester wajib membuat laporan.
    1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi, setiap petugas wajib mengikuti pelatihan.
    1. Melakukan PMI (Pemantapan Mutu Internal) dan PME (Pemantapan Mutu External) secara rutin dan berkelanjutan.

Kebijakan Khusus

  1. Setiap petugas harus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan deskripsi yang sudah ditentukan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
  2. Pengguna, mahasiswa maupun dosen, yang akan menggunakan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus dengan persetujuan petugas.
  3. Memberikan layanan berupa kelas dan modul praktikum kepada mahasiswa untuk mata kuliah tertentu yang ditentukan oleh Program Studi tanpa dipungut biaya tambahan.
  4. Menyelenggarakan workshop tiap semester dengan topik yang didasarkan pada kebutuhan mahasiswa Program Studi.

PEDOMAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA

Dalam pengelolaan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, hingga evaluasi, didasarkan pada Prosedur Operasional Standar (POS) yang telah ditetapkan oleh Dekan FMIPA. POS  yang digunakan adalah sebagai berikut.

POS Pengadaan Bahan Habis Pakai dan Peralatan LaboratoriumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 01
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PraktikumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02  
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PenelitianNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03  
POS Rekrutmen dan Pelatihan Asisten PraktikumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 04
POS Bebas LaboratoriumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 05
POS Pengadaan Barang/Jasa                                        No. POS-FMIPA-UNESA-LK 01
POS Penyedia Barang/JasaNo. POS-FMIPA-UNESA- LK 02
POS Pengelolaan Barang Milik NegaraNo. POS-FMIPA-UNESA- LK 03
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan LingkunganNo. POS-FMIPA-UNESA-RT 02

URAIAN JABATAN LABORATORIUM

KEPALA LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, dan PENDIDIKAN MIPA

Nama jabatan      :    Kepala Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

Pengertian           :    Seorang dosen yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Tanggungjawab   :    1.  Bertanggung jawab kepada Dekan FMIPA atas kelancaran pengelolaan dan pengembangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 2.  Bertanggung jawab kepada Wakil Dekan II FMIPA atas pemasukan dan pengeluaran keuangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

Uraian Tugas       :    1.  Membuat program kerja Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 2.  Merencanakan pengembangan SDU dan SDM Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 3.  Mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 4. Merumuskan dan menetapkan tugas Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 5.  Merumuskan prosedur yang digunakan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 6.  Berkoordinasi dengan Wakil Dekan II dalam rekruitmen, seleksi, pelatihan dan pengembagan  SDM Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

                                 7.  Melakukan evaluasi terhadap pelayanan kebutuhan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA

KEPALA SUB LABORATORIUM

Nama jabatan      :    Kepala Sub Laboratorium

Pengertian           :    Seorang dosen yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Sub Laboratorium di bawah naungan Laboraotium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Tanggungjawab   :    Bertanggung jawab kepada Kepala Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA atas kelancaran pengelolaan, pengembangan, serta pemasukan dan pengeluaran keuangan Sub Laboratorium

Uraian Tugas       :    1.  Membuat program kerja Sub Laboratorium

                                 2.  Merencanakan pengembangan SDU dan SDM Sub Laboratorium

                                 3.  Mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan Sub Laboratorium

                                 4. Merumuskan dan menetapkan tugas Sub Laboratorium

                                 5.  Merumuskan prosedur yang digunakan di Sub Laboratorium

                                 6.  Membuat daftar inventaris alat dan bahan Sub Laboratorium

                                 7.  Membuat usulan kebutuhan Sub Laboratorium

                                 8.  Melakukan evaluasi terhadap pelayanan kebutuhan Sub Laboratorium

LABORAN

Nama jabatan      :    Laboran

Pengertian           :    Seorang tenaga kependidikan dengan kualifikasi tertentu yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam membatu Kepala Sub Laboratorium untuk melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Sub Laboratorium di bawah naungan Laboraotium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Tanggungjawab   :    Bertanggung jawab kepada Kepala Sub Laboratorium tas kelancaran pengelolaan, pengembangan, serta pemasukan dan pengeluaran keuangan Sub Laboratorium

Uraian Tugas       :    1.  Membuat daftar inventaris alat dan bahan Sub Laboraotium

                                 2.  Mambuat usulan kebutuhan alat dan bahan Sub Laboratorium

                                 3.  Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan oleh praktikan

                                 4. Mengatur jadwal penggunaan Sub LAboratorium

                                 5.  Mengikuti kegiatan pengambangan kompetensi yang ditugaskan oleh Wakil Dekan II

                                 6.  Melakukan pemeliharaan terhadap alat dan bahan Sub Laboratorium secara berkala

TATA KELOLA ADMINISTRASI LABORATORIUM

ADMINISTRASI BARANG

Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada

POS Pengadaan Bahan Habis Pakai dan Peralatan LaboratoriumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 01
POS Pengadaan Barang/Jasa                                        No. POS-FMIPA-UNESA-LK 01
POS Penyedia Barang/JasaNo. POS-FMIPA-UNESA- LK 02
POS Pengelolaan Barang Milik NegaraNo. POS-FMIPA-UNESA- LK 03
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan LingkunganNo. POS-FMIPA-UNESA-RT 02

Hal-hal yang dilakukan oleh Kalab di bantu Kasublab Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:

  • Melakukan analisa kebutuhan dengan mendata alat/bahan yang perlu di ganti karena rusak, diganti karena sudah uptodate, di tambah kuantitasnya, atau penambahan alat baru yang belum dimiliki Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.

Data mengenai alat rusak dapat dilihat pada form pemeliharaan.

Kegiatan pemeliharaan alat/bahan dapat dilihat pada deskripsi tugas Kasublab.

  • Melakukan usulan kepada Ketua Jurusan Matematika dengan meminta memasukkan pengadaan alat/bahan yang dibutuhkan ke dalam RAB FMIPA.

Data mengenai usulan pengadaan alat atau barang dapat dilihat pada form usulan alat/bahan.

Kegiatan usulan pengadaan alat/bahan dapat dilihat pada deskripsi tugas Kasublab.

ADMINISTRASI PEMINJAMAN

Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA tidak hanya digunakan sebagai tempat perkuliahan dan praktikum yang melekat pada mata kuliah, namun juga digunakan untuk mendukung kegiatan penelitian. Penelitian yang dimaksud meliputi penelitian dalam skripsi mahasiswa, penelitian mahasiswa dalam kegiatan PKM (program kreativirtas mahasiswa), peneltian mahasiswa yang diselenggarakan oleh LPPM Unesa, penelitian mahasiswa dalam kegiatan lainnya, dan penelitian dosen yang memerlukan peralatan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA. Setiap penggunaan laboratorium, baik oleh mahasiswa maupun dosen, di luar perkuliahan  harus seizin Kasublab dengan mengetahui Kalab Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.

Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada

POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PraktikumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02  
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PenelitianNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03  

Hal-hal yang harus dilakukan terkait peminjaman alat/bahan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:

  • Pengguna menghubungi laboran di masing-masing sub-laboratorium untuk menginformasikan peminjaman yang akan dilakukan.
  • Laboran meminta pengguna untuk mengisi form peminjaman.
  • Laboran menyampaikan form peminjaman kepada Kasublab dan Kalab untuk meminta persetujuan peminjaman.
  • Jika disetujui maka laboran akan menghubungi pengguna untuk bisa menggunakan alat/bahan yang dibutuhkan.
  • Pengguna mengisi form penggunaan yang ada pada masing-masing alat/bahan.
  • Jika pengguna sudah selesai menggunakan alat/bahan yang dipinjam, selanjutnya pengguna melaporkan kepada laboran.

ADMINISTRASI PEMELIHARAAN

Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada

POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PraktikumNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02  
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk PenelitianNo. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03  
POS Pengelolaan Barang Milik NegaraNo. POS-FMIPA-UNESA- LK 03
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan LingkunganNo. POS-FMIPA-UNESA-RT 02

Hal-hal yang dilakukan oleh Kalab di bantu Kasublab Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:

  • Melakukan pemeriksaan terhadap alat/bahan secara berkala dalam durasi waktu sesuai deskripsi tugas yang telah ditetapkan masing-masing. Kondisi setiap alat/bahan di tuliskan dalam form pemeliharaan.
  • Jika ada alat/bahan yang rusak, selanjutnya dilakukan usulan perbaikan (jika bisa diperbaiki) atau usulan penggantian (jika kerusakan tidak bisa diperbaiki). 
  • Jika barang yang rusak (tidak bisa diperbaiki) sudah ada penggantinya, selanjutnya dimasukkan ke dalam form penghapusan barang inventaris.

ADMINISTRASI KUNJUNGAN

Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA melayani pihak luar yang ingin berkunjung dan melihat maupun melakukan studi perbandingan terkait dengan yang di miliki oleh Laboratoriun Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.

Hal-hal yang harus dilakukan adalah:

  • Pihak luar mengirimkan surat permohonan kunjungan kepada Dekan FMIPA.
  • Dekan mendisposisikan surat tersebut kepada Kalab Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
  • Kalab akan melihat kunjungan seperti apa yang diinginkan oleh pihak luar, selanjutnya berkoordinasi dengan Kasublab terkait untuk keterlaksanaan kunjungan.
  • Jika tidak ada kendala, maka Kalab menginformasikan kepada Ketua Jurusan bahwa kunjungan bisa dilaksanakan.
  • Dekan FMIPA memberikan balasan kepada pihak luar bahwa kunjungan bisa dilaksanakan.
  • Jika ada kendala, maka kunjungan tidak bisa dilaksanakan.

FLOWCHAT PENGGUNAAN LABORATORIUM

FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM

FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PENELITIAN

DAFTAR NAMA KASUBLAB

Berdasarkan Keputusan Dekan FMIPA NOMOR: B/13786/UN38.3/HK.01.02/2023, berikut adalah susunan tim pengelola Sub Laboratorium di abwah naungan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya tahun 2023.

NoKepala Sub LaboratoriumSub Laboratorium
 Dr. Budi Rahajeng, M.SiKomputasi Matematika
 Dr. Dian Savitri, M.SiPemodelan dan Simulasi
 Dwi Nur Yunianti, M.SiAljabar
 Muhammad Jakfar, S.Si., M.Si.Analisis
 Dr. Susanah, M.PdMedia Pembelajaran Matematika
 Dini Kinati Fardah, M.PdInovasi dan Praktik Pembelajaran
 Evangelista L. W., M.PdMatematika Realistik
 Dr. Siti Khabibah, M.Pd.Filsafat dan Kurikulum Matematika
 Abdul Haris Rosyidi, S.Pd., M.Pd.Asesmen Pembelajaran Matematika
 Hasanuddin Al-Habib,M.Si.Analisis Data
 Dr. Elly Matul Imah, S.Si., M.KomRekayasa Data
 Nugrahany Primary Puteri, S.Si., M.Si.Fisika Dasar
 Utama Alan Deta, S.Pd., M.Pd., M.Si.Filsafat dan Kurikulum Fisika
 Dr. Dwikoranto, M.Pd.Komputasi
 Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd.Asesmen Pembelajaran Fisika
 Drs. Imam Sucahyo, M.Si.Media Pembelajaran dan Workshop Fisika
 Abd. Kholiq, S.Pd., M.TInovasi dan Praktek Pembelajaran Fisika
 Nur Hayati, S.Si., M.Si.Kimia Fisika dan Komputasi
 Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si.Kimia Dasar dan Kimia Sekolah
 Dr. Kusumawati Dwiningsih, M.PdMedia Pembelajaran Kimia
 Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd.Assesmen Pembelajaran Kimia
 Dian Novita, S.T., M.Pd.Filsafat dan Kurikulum Kimia
 Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.PdInovasi dan Praktek Pembelajaran Kimia
 Dr. Muji Sri Prastiwi, M.Pd.Asesmen Pembelajaran Biologi
 Dr. Raharjo, M.Pd.Media Pembelajaran Biologi
 Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.PdInovasi dan Praktik Pembelajaran Biologi
 Dr. Wisanti, M.S.Pembelajaran Berbasis Alam
 Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd.Filsafat dan Kurikulum IPA
 Aris Rudi Purnomo, S.Pd., M.Pd. M.Sc.Asesmen Pembelajaran IPA
 Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.Media Pembelajaran IPA
 Dr. Dyah Astriani, M.Pd.Inovasi dan Praktek Pembelajaran IPA
 Fasih Bintang, S.Kep., M.Si, Ph.D.IPA Terpadu dan Interdisiplinaru
 Dr. Ismail, M.PdMultimedia dan Komputasi MIPA