DESKRIPSI LABORATORIUM MATEMATIKA.. 2
Laboratorium Pemodelan dan Simulasi 2
DESKRIPSI LABORATORIUM KOMPUTASI 2
Laboratorium Pemodelan dan Simulasi 3
DESKRIPSI LABORATORIUM PENDIDIKAN MIPA.. 3
Laboratorium Filsafat dan Kurikulum.. 3
Laboratorium Asesmen Pembelajaran. 3
Laboratorium Media Pembelajaran. 3
Laboratorium Inovasi dan Praktik Pembelajaran. 4
KEBIJAKAN DAN PEDOMAN LABORATORIUM… 5
KEBIJAKAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA.. 5
PEDOMAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA.. 6
URAIAN JABATAN LABORATORIUM… 7
KEPALA LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, dan PENDIDIKAN MIPA.. 7
TATA KELOLA ADMINISTRASI LABORATORIUM… 10
ADMINISTRASI PEMELIHARAAN.. 11
FLOWCHAT PENGGUNAAN LABORATORIUM… 13
FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM… 13
FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PENELITIAN.. 14
DESKRIPSI LABORATORIUM
DESKRIPSI LABORATORIUM MATEMATIKA
Laboratorium Analisis
Pendidikan: penguatan mata kuliah dalam rumpun Analisis yaitu Kalkulus Diferensial, Kalkulus Integral, Analisis Real, dan lainnya.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan teori baru dalam rumpun analisis, terapan teori dalam rumpun analisis, penguatan kemampuan profesional guru matematika dalam materi rumpun analisis.
Laboratorium Aljabar
Pendidikan: penguatan mata kuliah dalam rumpun Aljabar yaitu Aljabar Linear Elementer, Alajbar Linear Lanjut, dan lainnya.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan teori baru dalam rumpun aljabar, terapan teori dalam rumpun aljabar, penguatan kemampuan profesional guru matematika dalam materi rumpun aljabar.
Laboratorium Pemodelan dan Simulasi
Pendidikan: penguatan mata kuliah Matematika Terapan yaitu Pemodelan Matematika, Sistem Dinamik, Teori Sistem dan Kontrol, Statistika Multivariat, dan lainnya.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan model baru dalam ekologi dan epidemiologi menggunakan model deterministik maupun stokastik beserta simulasinya.
DESKRIPSI LABORATORIUM KOMPUTASI
Laboratorium Komputasi
Pendidikan: penguatan mata kuliah filsafat pendidikan, telaah kurikulum sekolah, materi mipa sekolah, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: filsafat kemipaan, sejarah kemipaan, pengembangan kurikulum, argumentasi ilmiah, kearifan lokal kemipaan, technological pedagogical content knowledge (TPACK); dan komunikasi sains.
Laboratorium Rekayasa Data
Pendidikan: penguatan mata kuliah dalam rumpun Rekayasa Data.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengolahan data dalam skala besar, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang telah diproses.
Laboratorium Data Analitik
Pendidikan: penguatan mata kuliah dalam rumpun Data Analitik.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan metode dalam image/video processing,
DESKRIPSI LABORATORIUM PENDIDIKAN MIPA
Laboratorium Filsafat dan Kurikulum
Pendidikan: penguatan mata kuliah filsafat pendidikan, telaah kurikulum sekolah, materi mipa sekolah, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: filsafat kemipaan, sejarah kemipaan, pengembangan kurikulum, argumentasi ilmiah, kearifan lokal kemipaan, technological pedagogical content knowledge (TPACK); dan komunikasi sains.
Laboratorium Asesmen Pembelajaran
Pendidikan: penguatan mata kuliah Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran, Metode Penelitian Pendidikan, Statistika untuk Riset Pendidikan, dan mata kuliah penunjang di bidang keahlian, studi tentang penilaian (AKM, TIMSS, dan PISA), Literasi kemipaan, Item Response Theory, Penilaian Berbasis Komputer.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan penilaian keterampilan abad ke-21, pengembangan instrumen tes diagnostik tiga tingkat, pengembangan instrumen tes diagnostik empat tingkat, profil miskonsepsi, profil kemampuan berpikir kritis, profil kemampuan pemecahan masalah, profil HOTS, penilaian kreativitas siswa dalam mempelajari kurikulum mipa berbasis ESD, identifikasi keterampilan konsepsi dan multirepresentasi, pengembangan dan identifikasi profil kemampuan literasi kemipaan, penilaian berbasis web.
Laboratorium Media Pembelajaran
Pendidikan: penguatan mata kuliah media pembelajaran, telaah media konvensional dan digital, peningkatan kualitas media pembelajaran.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan media dan perangkat pembelajaran berbasis offline maupun online yang mengacu pada tuntutan pembelajaran di era digital, penguatan keterampilan komunikasi sains yang mengarah pada perbaikan literasi kemipaan dan teknologi.
Laboratorium Inovasi dan Praktik Pembelajaran
Pendidikan: penguatan mata kuliah teori belajar, pembelajaran inovatif I, pembelajaran inovatif II, microteaching, PLP, dan mata kuliah penunjang rumpun bidang keahlian, pembuatan video pembalajaran.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan teori belajar, pembelajran inovatif, kemampuan berpikir, pengembangan pebelajar, Education for Sustainable Development (ESD), kemampuan abad 21, pengembangan instrument pembelajaran, dan pengembangan video pembelajaran.
Laboratorium Penciri Prodi
Pendidikan: penguatan muatan penciri prodi dalam mata kuliah keprodian.
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan penciri prodi, pengambangan desain instruksional bermuatan penciri prodi, pengembangan perangkat penilaian bermuatan penciri prodi, pengembangan media pembelajaran bermuatan
KEBIJAKAN DAN PEDOMAN LABORATORIUM
KEBIJAKAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA
Kebijakan Umum
- Peralatan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus selalu dilakukan pemeliharaan dan kalibrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus selalu berorientasi kepada mutu dan keselamatan pengguna.
- Pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA dilaksanakan sesuai jam kerja.
- Dalam melaksanakan tugasnya setiap petugas wajib mematuhi ketentuan dalam Prosedur Mutu yang sudah ditetapkan.
- Untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi wajib dilaksanakan rapat rutin tiga bulanan.
- Setiap semester wajib membuat laporan.
- Untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi, setiap petugas wajib mengikuti pelatihan.
- Melakukan PMI (Pemantapan Mutu Internal) dan PME (Pemantapan Mutu External) secara rutin dan berkelanjutan.
Kebijakan Khusus
- Setiap petugas harus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan deskripsi yang sudah ditentukan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
- Pengguna, mahasiswa maupun dosen, yang akan menggunakan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA harus dengan persetujuan petugas.
- Memberikan layanan berupa kelas dan modul praktikum kepada mahasiswa untuk mata kuliah tertentu yang ditentukan oleh Program Studi tanpa dipungut biaya tambahan.
- Menyelenggarakan workshop tiap semester dengan topik yang didasarkan pada kebutuhan mahasiswa Program Studi.
PEDOMAN LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, DAN PENDIDIKAN MIPA
Dalam pengelolaan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, hingga evaluasi, didasarkan pada Prosedur Operasional Standar (POS) yang telah ditetapkan oleh Dekan FMIPA. POS yang digunakan adalah sebagai berikut.
POS Pengadaan Bahan Habis Pakai dan Peralatan Laboratorium | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 01 |
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Praktikum | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02 |
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Penelitian | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03 |
POS Rekrutmen dan Pelatihan Asisten Praktikum | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 04 |
POS Bebas Laboratorium | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 05 |
POS Pengadaan Barang/Jasa | No. POS-FMIPA-UNESA-LK 01 |
POS Penyedia Barang/Jasa | No. POS-FMIPA-UNESA- LK 02 |
POS Pengelolaan Barang Milik Negara | No. POS-FMIPA-UNESA- LK 03 |
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Lingkungan | No. POS-FMIPA-UNESA-RT 02 |
URAIAN JABATAN LABORATORIUM
KEPALA LABORATORIUM MATEMATIKA, KOMPUTASI, dan PENDIDIKAN MIPA
Nama jabatan : Kepala Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
Pengertian : Seorang dosen yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Tanggungjawab : 1. Bertanggung jawab kepada Dekan FMIPA atas kelancaran pengelolaan dan pengembangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
2. Bertanggung jawab kepada Wakil Dekan II FMIPA atas pemasukan dan pengeluaran keuangan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
Uraian Tugas : 1. Membuat program kerja Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
2. Merencanakan pengembangan SDU dan SDM Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
3. Mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
4. Merumuskan dan menetapkan tugas Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
5. Merumuskan prosedur yang digunakan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
6. Berkoordinasi dengan Wakil Dekan II dalam rekruitmen, seleksi, pelatihan dan pengembagan SDM Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
7. Melakukan evaluasi terhadap pelayanan kebutuhan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA
KEPALA SUB LABORATORIUM
Nama jabatan : Kepala Sub Laboratorium
Pengertian : Seorang dosen yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Sub Laboratorium di bawah naungan Laboraotium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Tanggungjawab : Bertanggung jawab kepada Kepala Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA atas kelancaran pengelolaan, pengembangan, serta pemasukan dan pengeluaran keuangan Sub Laboratorium
Uraian Tugas : 1. Membuat program kerja Sub Laboratorium
2. Merencanakan pengembangan SDU dan SDM Sub Laboratorium
3. Mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan Sub Laboratorium
4. Merumuskan dan menetapkan tugas Sub Laboratorium
5. Merumuskan prosedur yang digunakan di Sub Laboratorium
6. Membuat daftar inventaris alat dan bahan Sub Laboratorium
7. Membuat usulan kebutuhan Sub Laboratorium
8. Melakukan evaluasi terhadap pelayanan kebutuhan Sub Laboratorium
LABORAN
Nama jabatan : Laboran
Pengertian : Seorang tenaga kependidikan dengan kualifikasi tertentu yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam membatu Kepala Sub Laboratorium untuk melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Sub Laboratorium di bawah naungan Laboraotium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Tanggungjawab : Bertanggung jawab kepada Kepala Sub Laboratorium tas kelancaran pengelolaan, pengembangan, serta pemasukan dan pengeluaran keuangan Sub Laboratorium
Uraian Tugas : 1. Membuat daftar inventaris alat dan bahan Sub Laboraotium
2. Mambuat usulan kebutuhan alat dan bahan Sub Laboratorium
3. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan oleh praktikan
4. Mengatur jadwal penggunaan Sub LAboratorium
5. Mengikuti kegiatan pengambangan kompetensi yang ditugaskan oleh Wakil Dekan II
6. Melakukan pemeliharaan terhadap alat dan bahan Sub Laboratorium secara berkala
TATA KELOLA ADMINISTRASI LABORATORIUM
ADMINISTRASI BARANG
Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada
POS Pengadaan Bahan Habis Pakai dan Peralatan Laboratorium | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 01 |
POS Pengadaan Barang/Jasa | No. POS-FMIPA-UNESA-LK 01 |
POS Penyedia Barang/Jasa | No. POS-FMIPA-UNESA- LK 02 |
POS Pengelolaan Barang Milik Negara | No. POS-FMIPA-UNESA- LK 03 |
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Lingkungan | No. POS-FMIPA-UNESA-RT 02 |
Hal-hal yang dilakukan oleh Kalab di bantu Kasublab Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:
- Melakukan analisa kebutuhan dengan mendata alat/bahan yang perlu di ganti karena rusak, diganti karena sudah uptodate, di tambah kuantitasnya, atau penambahan alat baru yang belum dimiliki Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
Data mengenai alat rusak dapat dilihat pada form pemeliharaan.
Kegiatan pemeliharaan alat/bahan dapat dilihat pada deskripsi tugas Kasublab.
- Melakukan usulan kepada Ketua Jurusan Matematika dengan meminta memasukkan pengadaan alat/bahan yang dibutuhkan ke dalam RAB FMIPA.
Data mengenai usulan pengadaan alat atau barang dapat dilihat pada form usulan alat/bahan.
Kegiatan usulan pengadaan alat/bahan dapat dilihat pada deskripsi tugas Kasublab.
ADMINISTRASI PEMINJAMAN
Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA tidak hanya digunakan sebagai tempat perkuliahan dan praktikum yang melekat pada mata kuliah, namun juga digunakan untuk mendukung kegiatan penelitian. Penelitian yang dimaksud meliputi penelitian dalam skripsi mahasiswa, penelitian mahasiswa dalam kegiatan PKM (program kreativirtas mahasiswa), peneltian mahasiswa yang diselenggarakan oleh LPPM Unesa, penelitian mahasiswa dalam kegiatan lainnya, dan penelitian dosen yang memerlukan peralatan di Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA. Setiap penggunaan laboratorium, baik oleh mahasiswa maupun dosen, di luar perkuliahan harus seizin Kasublab dengan mengetahui Kalab Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Praktikum | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02 |
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Penelitian | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03 |
Hal-hal yang harus dilakukan terkait peminjaman alat/bahan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:
- Pengguna menghubungi laboran di masing-masing sub-laboratorium untuk menginformasikan peminjaman yang akan dilakukan.
- Laboran meminta pengguna untuk mengisi form peminjaman.
- Laboran menyampaikan form peminjaman kepada Kasublab dan Kalab untuk meminta persetujuan peminjaman.
- Jika disetujui maka laboran akan menghubungi pengguna untuk bisa menggunakan alat/bahan yang dibutuhkan.
- Pengguna mengisi form penggunaan yang ada pada masing-masing alat/bahan.
- Jika pengguna sudah selesai menggunakan alat/bahan yang dipinjam, selanjutnya pengguna melaporkan kepada laboran.
ADMINISTRASI PEMELIHARAAN
Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA mengacu pada
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Praktikum | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 02 |
POS Penggunaan dan Pelayananan Fasilitas Laboratorium Untuk Penelitian | No. POS-FMIPA-UNESA-LAB 03 |
POS Pengelolaan Barang Milik Negara | No. POS-FMIPA-UNESA- LK 03 |
POS Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Lingkungan | No. POS-FMIPA-UNESA-RT 02 |
Hal-hal yang dilakukan oleh Kalab di bantu Kasublab Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA adalah:
- Melakukan pemeriksaan terhadap alat/bahan secara berkala dalam durasi waktu sesuai deskripsi tugas yang telah ditetapkan masing-masing. Kondisi setiap alat/bahan di tuliskan dalam form pemeliharaan.
- Jika ada alat/bahan yang rusak, selanjutnya dilakukan usulan perbaikan (jika bisa diperbaiki) atau usulan penggantian (jika kerusakan tidak bisa diperbaiki).
- Jika barang yang rusak (tidak bisa diperbaiki) sudah ada penggantinya, selanjutnya dimasukkan ke dalam form penghapusan barang inventaris.
ADMINISTRASI KUNJUNGAN
Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA melayani pihak luar yang ingin berkunjung dan melihat maupun melakukan studi perbandingan terkait dengan yang di miliki oleh Laboratoriun Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
Hal-hal yang harus dilakukan adalah:
- Pihak luar mengirimkan surat permohonan kunjungan kepada Dekan FMIPA.
- Dekan mendisposisikan surat tersebut kepada Kalab Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA.
- Kalab akan melihat kunjungan seperti apa yang diinginkan oleh pihak luar, selanjutnya berkoordinasi dengan Kasublab terkait untuk keterlaksanaan kunjungan.
- Jika tidak ada kendala, maka Kalab menginformasikan kepada Ketua Jurusan bahwa kunjungan bisa dilaksanakan.
- Dekan FMIPA memberikan balasan kepada pihak luar bahwa kunjungan bisa dilaksanakan.
- Jika ada kendala, maka kunjungan tidak bisa dilaksanakan.
FLOWCHAT PENGGUNAAN LABORATORIUM
FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM
FLOWCHART PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK PENELITIAN
DAFTAR NAMA KASUBLAB
Berdasarkan Keputusan Dekan FMIPA NOMOR: B/13786/UN38.3/HK.01.02/2023, berikut adalah susunan tim pengelola Sub Laboratorium di abwah naungan Laboratorium Matematika, Komputasi, dan Pendidikan MIPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya tahun 2023.
No | Kepala Sub Laboratorium | Sub Laboratorium |
Dr. Budi Rahajeng, M.Si | Komputasi Matematika | |
Dr. Dian Savitri, M.Si | Pemodelan dan Simulasi | |
Dwi Nur Yunianti, M.Si | Aljabar | |
Muhammad Jakfar, S.Si., M.Si. | Analisis | |
Dr. Susanah, M.Pd | Media Pembelajaran Matematika | |
Dini Kinati Fardah, M.Pd | Inovasi dan Praktik Pembelajaran | |
Evangelista L. W., M.Pd | Matematika Realistik | |
Dr. Siti Khabibah, M.Pd. | Filsafat dan Kurikulum Matematika | |
Abdul Haris Rosyidi, S.Pd., M.Pd. | Asesmen Pembelajaran Matematika | |
Hasanuddin Al-Habib,M.Si. | Analisis Data | |
Dr. Elly Matul Imah, S.Si., M.Kom | Rekayasa Data | |
Nugrahany Primary Puteri, S.Si., M.Si. | Fisika Dasar | |
Utama Alan Deta, S.Pd., M.Pd., M.Si. | Filsafat dan Kurikulum Fisika | |
Dr. Dwikoranto, M.Pd. | Komputasi | |
Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd. | Asesmen Pembelajaran Fisika | |
Drs. Imam Sucahyo, M.Si. | Media Pembelajaran dan Workshop Fisika | |
Abd. Kholiq, S.Pd., M.T | Inovasi dan Praktek Pembelajaran Fisika | |
Nur Hayati, S.Si., M.Si. | Kimia Fisika dan Komputasi | |
Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si. | Kimia Dasar dan Kimia Sekolah | |
Dr. Kusumawati Dwiningsih, M.Pd | Media Pembelajaran Kimia | |
Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd. | Assesmen Pembelajaran Kimia | |
Dian Novita, S.T., M.Pd. | Filsafat dan Kurikulum Kimia | |
Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd | Inovasi dan Praktek Pembelajaran Kimia | |
Dr. Muji Sri Prastiwi, M.Pd. | Asesmen Pembelajaran Biologi | |
Dr. Raharjo, M.Pd. | Media Pembelajaran Biologi | |
Dr. Pramita Yakub, S.Pd., M.Pd | Inovasi dan Praktik Pembelajaran Biologi | |
Dr. Wisanti, M.S. | Pembelajaran Berbasis Alam | |
Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd. | Filsafat dan Kurikulum IPA | |
Aris Rudi Purnomo, S.Pd., M.Pd. M.Sc. | Asesmen Pembelajaran IPA | |
Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd. | Media Pembelajaran IPA | |
Dr. Dyah Astriani, M.Pd. | Inovasi dan Praktek Pembelajaran IPA | |
Fasih Bintang, S.Kep., M.Si, Ph.D. | IPA Terpadu dan Interdisiplinaru | |
Dr. Ismail, M.Pd | Multimedia dan Komputasi MIPA |