PPP Internasional di Singapura

PPP Internasional di Singapura

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Surabaya memiliki program khusus yang dinamakan dengan kelas unggulan. Setiap program studi pendidikan yang ada di FMIPA memiliki kelas unggulan. Sebelumnya kelas khusus ini memiliki nama kelas +, kelas internasional, hingga sekarang yaitu kelas unggulan. FMIPA membuat kelas khusus dengan tujuan agar mahasiswa FMIPA juga mampu bersaing di kancah internasional, terutama setelah diberlakukannya MEA.

Dalam mewujudkan kualitas Internasional, FMIPA memiliki program untuk mewujudkan calon guru yang berkualitas Internasional melalui Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) Internasional. Dalam menjalankan program PPP Internasional, pada kesempatan kali ini FMIPA, FIK, dan FIP Unesa menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga, termasuk salah satunya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd.

Gambar 1 Sekolah Indonesia Singapura

Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. merupakan sekolah Indonesia yang berada di Singapura, yang didirikan untuk memberikan fasilitas pendidikan kepada warga Indonesia yang ada di Singapura. Sekolah yang berdiri pada tahun 1969 ini merupakan sekolah yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan rasa nasionalisme Indonesia dan memperkokoh rasa persatuan dan kepribadian Indonesia. Pada kesempatan ini, FMIPA dan FIP sudah kedua kalinya sedangkan FIK pertama kalinya mengirimkan mahasiswa untuk melakukan PPP Internasional di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. Mahasiswa yang berkesempatan mengikuti PPP Internasional pada tahun ajaran 2016/2017 adalah Ajeng Hayuningtyas Permatasari dari FMIPA dengan Program Studi Pendidikan Kimia, Maria Qori’ah  dari FIP dengan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, dan Mochammad Chafid Wahdani dari FIK dengan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Ketiga mahasiswa tersebut diberikan kesempatan untuk melatih kemampuan mengajar di Singapura hampir selama 3 bulan terhitung dari bulan April – hingga bulan Juni 2017. Pada PPP Internasional di SIS periode ini, selain dari Unesa diikuti pula oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

Gambar 2 Ketiga Peserta PPP dari Unesa

Dalam melakukan kegiatan PPP Internasional di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. diperlukan pemahaman mengenai kurikulum yang diterapkan di SIS. Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. menerapkan paduan kurikulum Indonesia dan kurikulum Internasional. Untuk kurikulum Indonesia, SIS menerapkan kurikulum 2013 dan KTSP yang diterapkan pada jenjang-jenjang tertentu, dan kemudian ditambah dengan Matematika Cambridge, English Conversation, dan Bahasa Mandarin. Kurikulum di SIS juga telah didesain agar para guru di SIS bisa sekaligus mengintegrasikan penguatan karakter kebangsaan pada saat belajar di kelas dan melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas. Hal ini dilakukan supaya karakter kebangsaan peserta didik di SIS tetap terjaga dan semakin menguatkan rasa cinta mereka terhadap tanah air Indonesia.

Gambar 3 Situasi Proses Belajar Mengajar di Kelas

Mengikuti kegiatan PPP Internasional tidak hanya mengajar peserta didik di kelas saja, namun peserta kegiatan PPP juga mengikuti kegiatan lain seperti pentas seni budaya, Indonesian Night, upacara peringatan hari besar nasional di sekolah maupun KBRI, Pekan Pancasila, mempersiapkan siswa untuk tampil pada acara kebudayaan, dan lain-lain. Selain itu, tidak lupa juga para mahasiswa peserta PPP mempromosikan Universitas masing-masing. Hal ini biasanya dilakukan melalui kegiatan sharing dengan beberapa peserta didik yang mulai mempersiapkan pilihan-pilihan perguruan tinggi di Indonesia, karena mereka ingin melanjutkan studi mereka ke Indonesia.

Gambar 4 Suasana KBRI saat Pekan Pancasila

Program PPP Internasional memang sangat bermanfaat bagi keberlanjutan program kelas khusus milik FMIPA, dimana Unesa melalui FMIPA dapat meningkatkan mutu prestasi internasionalnya. Kemudian hal ini juga bermanfaat bagi para mahasiswa peserta PPP Internasional dalam mengetahui perbedaan keadaan sekolah dan pembelajaran di Indonesia maupun luar negeri serta mengasah kemampuan mengajar dengan lebih baik, sehingga akan menjadi calon guru yang berkualitas, berkarakter kuat, dan cerdas. Hal ini sesuai dengan visi Unesa yaitu Growing with Character.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *